SMART PROCESSING AUDIO LEARNING SEBAGAI SALAH SATU UPAYA MEMFASILITASI MAHASISWA TUNARUNGU BELAJAR MELALUI PLATFORM DIGITAL

Authors

  • Ariyawan Sunardi Teknik Elektro-Fakultas Teknik-Universitas Pamulang
  • Ahmad Udin Zailani Universitas Pamulang
  • Weni Gurita Aedi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/epic.v4i2.16231

Keywords:

assistive technology, learning, deaf

Abstract

Mahasiswa tunarungu memiliki keterbatasan dalam pendengaran, namun bukan berarti tidak dapat mengikuti proses pembelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran seperti mahasiswa lain. Universitas Pamulang saat ini mempunyai tiga mahasiswa tunarungu yang tersebar dibeberapa program studi. Dosen tidak boleh menjadikan alasan karena mereka adalah mahasiswa tunarungu, sehingga mereka para mahasiswa tidak mampu menguasai materi dengan baik dan tidak perlu mencapai kompetensi pembelajaran dengan sempurna. Oleh karena itu dilakukan pembuatan sistem smart processing audio learning agar mampu membantu mahasiswa tunarungu dalam melakukan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan alat bantu berupa teknologi asistif yang akan membantu mahasiswa tunarungu dalam proses belajar baik secara tatap muka ataupun secara daring melalui platform digital. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan melakukan konversi voice (suara) to text (teks) menggunakan sistem cerdas dan mikrokontroler raspberry Pi. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan diketahui bahwa tingkat keberhasilan smart processing audio learning mencapai 90%, sehingga dapat dikatakan dapat bekerja dengan baik.

Kata kunci : teknologi asistif; pembelajaran; tunarungu

Author Biography

Ariyawan Sunardi, Teknik Elektro-Fakultas Teknik-Universitas Pamulang

SINTA ID : 6030133

Published

2021-12-30

How to Cite

Sunardi, A., Zailani, A. U., & Aedi, W. G. (2021). SMART PROCESSING AUDIO LEARNING SEBAGAI SALAH SATU UPAYA MEMFASILITASI MAHASISWA TUNARUNGU BELAJAR MELALUI PLATFORM DIGITAL. EPIC Journal of Electrical Power Instrumentation and Control, 4(2), 159–166. https://doi.org/10.32493/epic.v4i2.16231

Issue

Section

ARTICLE