PENERAPAN E-GOVERNMENT DALAM PELAYANAN AKADEMIK DI ERA NORMAL BARU PADA POLITEKNIK ILMU PEMASYARAKATAN (STUDI PADA POLITEKNIK ILMU PEMASYARAKATAN)

Authors

  • Dimas Putra Pratama

Abstract

Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) merupakan bencana wabah virus yang dialami oleh seluruh belahan dunia tidak terkecuali Indonesia yang berdampak pada lumpuhnya seluruh aktivitas sosial, ekonomi dan pemerintahan. Sudah menjadi tugas yang wajib bagi pemerintah untuk dapat memberikan pelayanan publik yang berkualitas bagi para masyarakatnya. Pandemi Covid-19 menguji dan meningkatkan penggunaan teknologi informasi dalam pelaksanaan pelayanan publik atau implementasi E-Government. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) berupaya untuk menerapkan pelayanan akademik di era normal baru dengan pemberian layanan Sistem Informasi Akademik Poltekip (SIAP) dan Sistem Aplikasi Layanan Taruna dan Orangtua (SALTO). Yang memungkin melakukan pelayanan dengan hanya melalui internet tanpa harus datang ke layanan Offline. Berdasarkan hal-hal yang telah diuraikan sebelumnya, diperoleh beberapa rumusan permasalahan yang diteliti dalam tulisan ini, diantaranya adalah Bagaimana Penerapan E-government Dalam Pelayanan Akademik Yang Dilakukan Oleh Politeknik Ilmu Pemasyarakatan Pada Masa Pandemi Covid-19 dan Bagaimana Sistem Layanan Akademik di Era Normal Baru Yang Diterapkan Oleh Politeknik Ilmu Pemasyarakatan Dalam Penerapan E-government Sebagai Upaya Meningkatkan Pelayanan Publik. Jenis penelitian dalam penulisan tesis ini merupakan penelitian hukum empiris. Penelitian Hukum Empiris adalah suatu metode penelitian hukum yang menggunakan fakta-fakta empiris yang diambil dari perilaku manusia, baik perilaku verbal yang didapat dari wawancara maupun perilaku nyata yang dilakukan melalui pengamatan langsung. Penelitian empiris juga digunakan untuk mengamati hasil dari perilaku manusia yang berupa peninggalan fisik maupun arsip. Bentuk layanan E-government yang disediakan oleh Politeknik Ilmu Pemasyarakatan ialah aplikasi yang ditujukan untuk memudahkan taruna, orang tua, serta civitas akademika dalam hal berkoordinasi dan memantau hasil perkembangan pendidikan taruna di Politeknik Ilmu Pemasyarakatan.

 

Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Politeknik Ilmu Pemasyarakatan, Pelayanan Publik, E-Government.

References

A. Buku

Abdulkadir Muhammad, Hukum dan Penelitian Hukum, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung, 2004.

Anggito, A, & Setiawan, J, Metodologi penelitian kualitatif, Jejak, Sukabumi, 2018.

Bachtiar, Metode Penelitian Hukum, Unpam Press, Banten, 2018.

Badudu dan Sutan Mohammad Zain, Efektifitas Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta, 2010.

Kusumadi Pudjosewojo, Pedoman Pelajaran Tata Hukum Indonesia, Aksara Baru, Jakarta, 1976.

Lukman Ali, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Apollo, Surabaya, 2007.

M. Solly Lubis, Filsafat ilmu dan Penelitian, Mandar Maju, Bandung, 1994.

Mintzberg, H., et al., (1998) Strategy Safari: A Guided Tour through the Wilds of Strategic Management. Prentice Hall, Upper Saddle River.

Mukti Fajar dan Yulianto Achmad, Dualisme Penelitian Hukum Empiris & Normatif, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2010.

Noeng Muhadjir, Metodologi Penelitian Kualitatif, Rake Sarasin, Yogyakarta, 1996

Peter Mahmud Marzuki, Penelitian Hukum, Kencana, Jakarta, 2014.

Syafrudin, Hadi. Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di RSUD Jendral Ahmad Yani Kota Metro. Skripsi. Bandar Lampung, FISIP UNILA, 2014.

Sinambela, Lijan P. Rochadi, Sigit. Ghazali, dkk. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, dan Implementasi, Bumi Aksara, Jakarta, 2006.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, CV Alfabeta, 2017. Wahab, Tujuan Penerapan Program, Bulan Bintang, Jakarta, 2008.

B. Jurnal:

Anwar, K, Djumiarti, T, & ... “Analisis Faktor-faktor Keberhasilan Elektronik Government Pada Pemerintah Kabupaten Jepara.†, Jurnal Kebijakan Publik, Volume 2 Nomor 4, April 2013.

Bendini, “ Elemen Sukses Penerapan Electronic Government di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Pada Era Covid-19 di Kota Makassar Tahun 2021â€. Skripsi, Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar 2021.

Boky, Y “Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Sekolah Tinggi Theologiaâ€, Jurnal Jaffray, Volume 14 Nomor 2, Oktober 2016.

Citra Annisa. "Implementasi E-government Melalui Bursa Kerja Online Pada Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi" Skripsi, Program Studi Ilmu Administrasi Negara Universitas Indonesia, Depok, 2011 .

Dian Rachma Aprianti “Penerapan Kebijakan E-government Dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Sambutan Kota Samarindaâ€, Jurnal Ilmu Pemerintahan, Volume 4 Nomor 4, April 2016.

Diki Suherman “Penyelenggaraan E-government di Kabupaten Bandung Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publikâ€, Jurnal Pemikiran Administrasi Negara,Volume 12 Nomor 2, Desember 2020.

Elvira “Dana Alokasi Khusus (DAK) "Bidang Pendidikan: Model Pengelolaan Berdasarkan Sistem Desentralisasi di Indonesiaâ€, Jurnal Surya Kencana Dua: Dinamika Masalah Hukum dan Keadilan, Volume 8 Nomor 2, Desember 2021.

Junior, Oscar Marco Sanny, William A. Areros, and Riane J. Pio, ‘Pengaruh Brand Image Dan Persepsi Harga Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Datsun Nissan Martadinata)’, Jurnal Administrasi Bisnis, 8.2 (2019),

Prawira, Maulana Arief, Irwan Noor, dan Farida Nurani. Inovasi Layanan: Studi Kasus Call Center SPGDT 119 sebagai Layanan Gawat Darurat, Malang, 2014.

Zainal A. Hasibuan, Harry B. Santoso, Standarisasi Aplikasi E-government Untuk Instansi Pemerintah. Prosiding Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia ITB, Bandung, 2005.

C. Peraturan Perundang – Undangan:

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Undang-Undang No 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

Instruksi Presiden No. 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government

Downloads

Published

2023-08-02