Peran Lembaga Pembiayaan Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Di Pasar Modern Intermoda BSD City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19
Abstract
This Community Service in collaboration with PT. Sarana Jakarta Ventura and BSD City Tangerang Modern Market. The purpose of this activity is to motivate UMKM at modern market Intermoda BSD City, South Tangerang during a pandemic. The methods used in this Community Service are motivations, discussions, and financial management and digital marketing strategy for UMKM. The conclusion is that UMKM need help in capital and assistance so they can survive during pandemic. The solution provided is capital assistance for UMKM by PT Sarana Jakarta Ventura with low administrative costs.
Keywords: Financial Management; Marketing Management; UMKM
References
Abidin, A.Z. dan Dharma, M.B. (2017). Strategi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah dinas koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan. Pascasarjana Universitas Pamulang: Prosiding Seminar Ilmiah Nasional “Membangun Paradigma Kehidupan Melalui Multi Disiplin Ilmu.
Badan Pusat Statistik. (2020). Tabel Perkembangan pada periode 1997 sampai 2013. https://www.bps.go.id/statictable/2014/01/30/1322/tabel-perkembangan-umkm-padaperiode-1997--2013.html
Bayu Bagas Hapsoro, Palupiningdyah, Achmad Slamet (2019); Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang,Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, ABDIMAS 23 (2) (2019): 117-120
BPS. (2020). Purwakarta Dalam Angka 2020. Purwakarta: Badan Pusat Statistik Kabupaten Purwakarta.
Husnah Nur Laela Ermaya, Rahmasari Fahria (2019) Pemberdayaan Pelaku Umkm Di Kota Tangerang Selatan Melalui Perhitungan Penetapan Biaya Produk, Keberlanjutan Program Pemberdayaan Masyarakat Era Revolusi Industri 4.0, Desember 2019,Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Kadim, A., Sunardi, N., Lesmana, R., & Sutarman, A. (2019). Revitalisasi Fungsi Masjid Sebagai Pusat Penguatan Manajemen Peternak Sapi Rakyat melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Terpadu (LEMPERMADU).(Studi Kasus di Masjid Ainul Yaqin Kel. Jontlak, Kec. Praya, Kab. Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).
Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian (terjemahan Jaka Wasana). Jakarta: Salemba Empat. Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management (Global Edition). Harlow: Pearson Education Limited.
Lesmana, R., Sunardi, N., Kartono, K., Rudy, R., & Sumiaty, R. Y. (2020). Implementasi Manajemen dalam Meningkatkan Minat Baca Warga Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang, Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).
Sarmili. (2017). Permodalan masih jadi masalah UMKM di Tangerang. https://www.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabeknasional/17/11/22/oztbq4383-permodalan-masih-jadi-masalah-umkm-di-tangerang. Diakses pada 12 Februari 2019
Sarwani, S., Sunardi, N., AM, E. N., Marjohan, M., & Hamsinah, H. (2020). Penerapan Ilmu Manajemen dalam Pengembangan Agroindustri Biogas dari Limbah Kotoran Sapi yang Berdampak pada Kesejahtraan Masyarakat Desa Sindanglaya Kec. Tanjungsiang, Kab. Subang. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).
Suwatno & Koeswandi, T. (2019). Contextual Marketing Communication. Bandung: Cendikia Jurnal Abdi Masyarakat Humanis Vol.2, No.1 , Oktober 2020 27 Jurnal Abdi Masyarakat Jurnal Abdi Masyarakat Humanis ISSN (print) : 2686-5858 & ISSN (online) : 2686-1712
Sunardi, N., Lesmana, R., Tumanggor, M., & Kadim, A. (2019). Implementasi Ilmu Manajemen dalam Mewujudkan Pembangunan Masjid Raya Abdul Kadim, Yayasan Ar-Rohim, Kab. Musi Banyuasin, Propinsi Sumatra Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Pelaksanaan Alokasi Dana Desa Terhadap Manajemen Keuangan Desa dalam Meningkatkan Efektivitas Program Desa Sejahtera Mandiri Di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 3(3), 277-288.
Tika Annisa Lestari Koeswandi, Ery Adam Primasakara (2020) Analisis Saluran Pemasaran Terintegrasi UMKM Badii Farm Purwakarta dalam Meningkatkan Volume Penjualan, Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis - Vol 11 No 1 Maret 2020 Yusri, M., & Sukardi, D. (2017). Faktor-faktor penyebab kegagalan bisnis pada perusahaan mitra jaya abadi. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(1), 124–131. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/445/398