KONSEP MODEL TUDANG SIPULUNG DALAM PEMBELAJARAN MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali konsep pendidikan kearifan lokal dengan model tudassipulung (duduk bersama). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnopedagogis. Hasil penelitian bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Tudassipulung cukup efektif. Hal dilihat daripenilaian terhadap 5 (lima) aspek yaitu sikap, minat, konsep diri, nilai, dan moral dengan 5 tingkatan yaitu: a) menerima, pada tingkatan menerima atau memperhatikan, diketahui dengan adanya beberapa indikator yaitu kesadaran, keinginan untuk menerima, menguasai dan menyeleksi perhatian pada diri siswa; b) menanggapi, pada tingkat menanggapi diketahui beberapa indikator yaitu perolehan tanggapan, keinginan untuk menanggapi, dan kepuasan dalam menanggapi peserta; c) menilai, tahap ini berkaitan dengan penentuan nilai dan sikap yang menunjukkan komitmen siswa; d) organisasi, pada tingkat mahasiswa mulai menciptakan konseptualisasi nilai dan organisasi sistem nilai yang konsisten; dan e) penokohan, tahap ini merupakan tahap tertinggi dalam penilaian afektif.References
Bayu, Y., & Rahmadina, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Menanamkan Nilai Karakter Kearifan Lokal Pada Masyarakat Pesisir. Edukasi, 14(2), 145–150.
Gay, G. (2010). Bertindak atas keyakinan dalam pendidikan guru untuk keragaman budaya. Jurnal Pendidikan Guru, 61(1–2), 143–152. https://doi.org/10.1177/0022487109347320
Hadi, S., & Bayu, Y. (2021). Membangun Kerukunan Umat Beragama melalui Model Pembelajaran PAI Berbasis Kearifan Lokal pada Penguruan Tinggi. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 23–36. Diambil dari https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/Tarbiyawat/article/view/3111
Tibi, B. (2016). Humanisme Islam vs. Islamisme: Menjembatani Lintas Peradaban. Studi utopis, 27(1), 1–15. https://doi.org/10.1016/j.ymeth.2007.04.001
Yunus. (2021). Membangun Toleransi Beragama Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Budaya Bugis. Hikmatuna: Jurnal Kajian Islam Integratif, 7(1), 91–102.
Yunus, Y. (2018). ISLAM DAN BUDAYA ( NILAI-NILAI ISLAM DALAM PROSES PERNIKAHAN MASYARAKAT BUGIS). Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 2(1), 5–7.