IMPLEMENTASI DISCOUNTED CASH FLOW (DCF) GUNA MENGHITUNG VALUSI PADA UMKM ROTI EYANG

Authors

  • Putri Nurmala
  • Akhmad Sigit Adiwibowo

Abstract

UMKM produsen roti merupakan salah satu produsen yang produknya dibutuhkan masyarakat terutama sebagai produk subtitusi nasi sebagai sumber karbohidrat sebagian besar masyarakat Indonesia. Tantangan dari memproduksi dan berjualan roti di daerah Jakarta adalah tingkat persaingan, sehingga para produsen dan penjual roti harus membuat roti yang kualitas dan harganya sesuai dengan harapan konsumen. Kombinasi untuk memproduksi roti dengan kualitas dan harga yang diinginkan pasar, menjadi tantangan tersendiri bagi produsen roti. Program ini menerapkan ilmu akuntansi keuangan untuk mengetahui valuasi UMKM Roti Eyang. Tujuan nilai valuasi adalah agar perusahaan dapat melakukan penilaian internal. Penilaian ini dapat dilakukan dengan evaluasi untuk mengetahui bagaimana jalannya bisnis. Nilai valuasi akan memberikan gambaran tentang nilai jual perusahaan dan strategi perencanaan bisnis di masa depan. Oleh karena itu, program ini mencoba menerapkan cara Discounted Cash Flow (DCF) yang dapat dengan sederhana diaplikasikan untuk mengetahui valuasi UMKM Roti Eyang di Jakarta Timur. Setelah saran penelitian ini diterapkan dan dievaluasi satu bulan kemudian, UMKM Roti Eyang dapat mengetahui bagaimana jalannya bisnis usahanya.

 

Kata Kunci: Discounted Cash Flow, Valuasi, UMKM

References

Badan Pusat Statistik (BPS). (2019). Profil Industri Mikro Kecil Provinsi DKI Jakarta. DKI Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Herdiansyah, H. (2010). Metodologi penelitian kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Herman, M. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Kotler, P. (1997). Marketing Management: Analysis, Planning, Implemen-tation, and Control. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Porter, M. E. (1985). Competitive Advantage: Creating and Sustaining. Toronto: Maxwell Macmillan Canada.

Silver, E. A. (1998). Inventory management and production planning and. United States of America: John Wiley & Sons.

Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset

Downloads

Published

2023-02-02