IMPLEMENTASI SAK EMKM DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PELAKU USAHA UMKM PADA TOKO ASIH HIJAB CANTIK AHC

Authors

  • Wardokhi Wardokhi Universitas Pamulang
  • Imar Halimah
  • Ngatimin Ngatimin

Abstract

Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan tentang penerapan SAK EMKM pada usaha UMKM Asih Hijab Cantik (AHC). AHC merupakan pelaku usaha dalam lingkup mikro kecil yang belum melaksanakan pencatatan keuangan sesuai dengan standar. Latar belakang inilah yang menjadikan Usaha AHC menarik untuk dikunjungi guna memberikan pelatihan tentang 1) praktik pencatatan keuangan yang dilakukan UMKM tersebut, dan untuk 2) Mengetahui Faktor-faktor yang menyebabkan tidak terlaksananya pencatatan keuangan berbasis SAK EMKM pada UMKM tersebut.

Pengabdian ini dilakukan dengan mengunjungi langsung ke lokasi dan bertemu dengan pemilik usahanya. Kemudian melakukan wawancara serta mengambil laporan keuangan untuk diolah agar sesuai dengan SAK EMKM. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa; 1) Sistem pencatatan keuangan yang dilakukan secara manual dan masih sangat sederhana, 2) Faktor yang menyebabkan gagalnya SAK EMKM pada Usaha Asih Hijab Cantik (AHC) adalah karena adanya faktor internal berupa kurangnya pemahaman, kedisiplinan dan sumber daya manusia, sedangkan faktor eksternalnya karena kurangnya pengawasan dari stakeholder yang berkepentingan dengan laporan keuangan.

References

Andriani, Lilya, Atmadja, Anantawikrama Tungga, dan Sinarwati, Ni Kadek. 2014. Analisis Penerapan Pencatatan Keuangan Berbasis SAK ETAP pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) (Sebuah Studi Interpretatif pada Peggy Salon), Jurnal Akuntansi Program S1, Vol. 2 (1).

Hetika, H., & Mahmudah, N. (2018). Penerapan Standar Akuntansi Entitas Mikro Kecil Dan Menengah (SAK EMKM) Dalam Menyusun Laporan Keuangan. Jurnal Bisnis Terapan, 2(01), 81-104 .

IAI. 2016. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI). 2009. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK). Jakarta : Salemba Empat.

Rani, Sartika. 2018. “Peran Dan Kontribusi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Bumdes Karya Abadi Di Desa Karya Mulya Sari Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan)â€

Wardokhi, W., & Herlambang, H. (2020, November). ANALISIS PENERAPAN SISTEM ADMINISTRASI PENCATATAN LAPORAN KEUANGAN BERBASIS MS. EXCEL PADA UMKM DI TANGERANG SELATAN. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL AKUNTANSI (Vol. 3, No. 1)

Downloads

Published

2023-02-02