SOSIALISAI LITERASI EKONOMI SYARIAH SEJAK DINI PADA SISWA TAHFIDZUL QUR’AN ARRAHMANI

Authors

  • Restia Gustiana Universitas Pamulang
  • Najikha Akhyati
  • Abdulloh Abdulloh

Abstract

Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan memberikan pemahaman literasi ekonomi yariah sejak dini pada siswa Tahfidzul Qur’an Arrahmani. Ekonomi syariah merupakan suatu sistem yang mensyaratkan adanya pengendalian harta kepada masyarat yang sesuai dengan prinsip keadilan. Ini dilakukan untuk menghindari penimbunan harta yang berlebih dan mengendap sehingga tidak mengalir ke perekonomian yang berakibat menurunnya produktivitas sektorior yang berujung tertahanya akselerasi ekonomi. Namun, pada prakteknya masih banyak masyarakat yang belum paham dengan prinsip ekonomi syariah ini. Hal ini dikarenakan minimnya atau terbatasnya pengetahuan masyarakat akan literasi ekonomi syariah saat ini. Untuk itu penting dilakukan sosialisasi guna meningkatkan literasi di kalangan Muslim khususnya milenial. Metode yang dilakukan dalam pengabdian ini dengan melakukan sosialisasi secara face to face kepada siswa Di Yayasan Tahfidzul Qur’an Arrahmani. Tim dari Prodi Ekonomi Syariah UNPAM sukses melakukan sosialisasi ekonomi syariah kepada siswa aliyah Yayasan Tahfidzul Qur’an Arrahmani.

References

Aldi. kawan-kawan. (2020). Pendidikan Sejak Dini untuk Ekonomi Syariah Indonesia. KNKES.

Amalia, E. (2010). Model Peta Potensi SDM Ekonomi Islam pada PTAI dan PTU Analisi Kurikulum: Pembelajaran dan Hubungannya dengan Kebutuhan SDM pada Industri Keuangan Syariah. IPIEF, Fakultas Ekonomi UMY.

Antara. (2021). Kelompok Milenial Dinilai Jadi Pasar Masa Depan Ekonomi Syariah. Antara News. https://www.antaranews.com/berita/2082694/kelompok-milenial-dinilai-jadi-pasar-masa-depan-ekonomi-syariah

BPS. (2020). Jumlah Penduduk Indonesia. BPS. www.bps.go.id

Firdiana, E. D. K. F. (2021). Pengaruh Literasi Ekonomi Syariah Terhadap Minat Mahasiswa Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam., 4 no 1, 90–109.

Hakim, R. (2017). Generasi Millennial Dan Ekonomi Syariah.

I. M. Sayekti. (2021). Bank Syariah di Antara Milenial dan Bank 5.0. Analisis Kontan. https://analisis.kontan.co.id/news/bank-syariah-di-antara-milenial-dan-bank-50

Iswanto, A. (2018). Membaca Kecenderungan Pemikiran Islam Generasi Milenial Indonesia. Jurnal Multikultural & Multireligius, 17 no 1, 177–184.

OJK. (2020). Survei Nasional Liertasi dan Inklusi Keuangan 2019. Ojk. Ojk.go.id.

Rahmawati, Z. D. R. I. (2021). Literasi Ekonomi Syariah Pada Santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Kabupaten Jomban. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4 NO 3, 1–14.

Sekretariat Kabinet R.I. (2021). Presiden Jokowi Luncurkan Gerakan Nasional Wakaf uang dan Resmikan Brand Ekonomi Syariah. Humas. Serkab.go.id

Suminto dan kawan kawan. (2020). Tingkat Literasi Ekonomi Syariah Mahasiswa Dalam Kegiatan Ekonomiâ€. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 4 no 1, 31–44.

Syahputra, A. (2021). Sosialisasi Ekonomi Syariah Bagi Generasi Milenial (Studi Kasus Pada Siswa Dayah Terpadu Al-Muslimun). Jurnal Dima Sejati, 3 no 1, 19–28.

T. Nursyamsiah. (2019). Milenial dan Gerakan Ekonomi Syariah. Syariah News. https://www.sharianews.com/posts/milenial-dan-g erakan-ekonomi-syariah

Downloads

Published

2023-02-02