PENGENALAN KONSEP IPA DAN PERWARNAAN GRAF MELALUI PERMAINAN CAKRAM WARNA

Authors

  • Alfi Maulani Universitas Pamulang
  • Alya Audira
  • Ika Siyam Pratiw
  • Salma Rimayanti

Abstract

Penerapan tentang konsep matematika dalam pewarnaan graf pada cakram di dalam lingkungan perumahan Citra Prima Serpong 2 bertujuan untuk membantu bertambahnya ilmu baru untuk masyarakat terutama anak-anak yang baru beranjak dewasa untuk lebih tertarik mengenal ilmu IPA dan matematika. tentunya dengan memberikan pemahaman kepada anak dengan cara yang mudah. Pelaksnaan program Pengabdian kepada masyarakat kami ini adalah dengan menerapkan metode belajar sambil bermain karena fokus utama kami ingin menyampaikan ilmu IPA dan Matematika kepada anak-anak. Kami telah menyiapkan media percontohan, alat peraga dan permainan yang mengedukasi untuk memberikan penyuluhan ilmu secara menyenangkan. Berdasarkan evaluasi yang telah kami lakukan kepada seluruh peserta Pengabdian Kepada Masyarakat dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini memenuhi kriteria, sehingga kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan berhasil. Metode bermain sebagai pembelajaran secara langsung dalam proses pembelajaran terbukti efektif untuk digunakan dalam penyampaian konsep- konsep matematika bahkan mungkin dalam pemaparan materi lainnya dan dapat mengubah pandangan anak anak mengenai pengenalan matematika yang selama ini selalu dianggap membosankan dan sulit.

References

Kamarullah, Kamarullah. 2017. “Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita.†Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika 1(1):21. doi: 10.22373/jppm.v1i1.1729.

Sholihatunnisa, Leili, M. Imam Darmawansyah, Noviani Sa’adah, and Wati Susilawati. 2018. “Problematika Pendidik Dan Peserta Didik Terhadap Pelajaran Matematika.†Prisma 7(2):145. doi: 10.35194/jp.v7i2.249.

Ulfa, Suyadi &. Maulidya. 2017. “Pentingnya Media Pembelajaran.†Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1 No.1:81–96.

Downloads

Published

2023-02-02