Workshop Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Yayasan Al Hikmah - Depok

Authors

  • Lili Nurlaili Universitas Pamulang
  • Ruli Hardi Universitas Pamulang

Keywords:

Workshop, Implementasi, PProfil Pelajar Pancasila (P5)

Abstract

Pada tanggal 11 Februari 2022. Mentri Pendidikan, kebudayaan, riset dan tekhnologi Nadiem Anwar Makarim mengatakan perubahan kurikulum di Indonesia menjadi “Kurikulum Merdeka” dengan beberapa perubahan salah satunya adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Salah satu tujuan kegiatan ini adalah agar pengetahuan yang kami berikan yaitu Workshop Implementasi Projeck Penguatan Profil Pelajar Pancasila  dapat menjadi pedoman bagi masyarakat terutama di Yayasan Al Hikmah – Depok  untuk memahami dan menjalankan kurikulum Merdeka  dengan baik dan benar. Selain itu juga untuk meningkatkan pengetahuan mengenai pentingnya upaya meningkatkan kualitas pendidikan termasuk dalam upaya pengelolaan bidang kurikulum nya. Metode yang digunakan adalah metode Ceramah, utuk memberikan penjelasan tentang pentingnya penyusunan modul P5  dan seperangkat dokumen yang harus disiapkan sekolah. Metode Tanya Jawab yang memungkinkan para peserta menggali pengetahuan mengenai P5. Metode Simulasi yaitu Praktek Menyusun modul P5 dilakukan pada setiap kelompok mata Pelajaran yang telah ditentukan oleh pihak yayasa. Baik tingkat SD maupun SMP dengan jumlah guru 100 orang. Hasil yang dicapai adalah seluruh peserta ditugaskan (PR) untuk menyusun P5 untuk dikoreksi oleh pemateri. Kesimpulan, Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yang telah kami rencanakan semoga dapat memberikan kontribusi nyata dalam bidang pendidikan sehingga akan menumbuh kembangkan kemampuan guru dan tenaga pendidikan di Yayasan Al Hikmah untuk meningkatkan kapasitas mereka di lapangan. Dengan PKM ini diharapkan akan berkembang pula  keterampilan, kemandirian, guru dalam Menyusun projek penguaran profil pelajar Pancasila. Atas dukungan dan partisipasinya semua pihak, kami ucapkan terima kasih. Semoga Pengabdian kepada Masyarakat ini dapat berguna bagi Pendidikan di Indonesia.

References

Adit, A. (2019). Gebrakan “Merdeka Belajar”, Berikut 4 Penjelasan Mendikbud Nadiem. KOMPAS.Com. https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/12/12591771/gebrakan-merdekabelajar-berikut-4-penjelasan-mendikbud-nadiem?page=all

Agung, Iskandar. (2017). “Peran Fasilitator Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)”. Jurnal. Perspektif Ilmu Pendidikan: 31 (2).

Agung, Iskandar. 2017. “Peran Fasilitator Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)”. Jurnal. Perspektif Ilmu Pendidikan: 31 (2).

Agustina, D., Kaniawati, I., & Suwarma, I. R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Stem (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Untuk Meningkatkan Kemampuan Control of Variable Siswa Smp Pada Hukum Pascal. VI, SNF2017-EER-35-SNF2017-EER-40. https://doi.org/10.21009/03.snf2017.01.eer.06

Agustina, D., Kaniawati, I., Suwarma, I. R., Sari, K., Ahmad Dahlan, Adit, A., Seftia, I., Widiyanti, R., Mizan, S., Arikunto, S., Hadi, S., Prasetyo, I., Sugiyono, Mohammad Yazdi, Mahnun, N., Muhson, A., Sanderson, P., Rosenberg, M., Hamonangan, T., … Sugiyono. (2019). Gebrakan “Merdeka Belajar”, Berikut 4 Penjelasan Mendikbud Nadiem. KOMPAS.Com, 5(1), 27–35. https://doi.org/10.1016/S1096-7516(02)00082-9

Ahmad Dahlan. (2017). Pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM). Eureka Pendidikan. https://www.eurekapendidikan.com/2017/03/pembelajaran-berbasis-scienceTechnology-Engineering-Mathematics-STEM.html

Amri, Sofyan. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta. Prestasi Pustakarya.

Anonim. (2013). Penerapan Penilaian Autentik Dalam Kurikulum 2013. http://pendidikan.probolinggokab.go.id/penerapan-penilaian-autentikdalam-kurikulum-2013/. Diakses pada 12 Agustus 2017.Sudjana. (2011). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Anonim. (2014). Pembelajaran Saintifik Implementasi Kurikulum 2013. https://filekemendikbud.files.wordpress.com/2014/08/1-pembelajaransaintifik.pptx . Diakses pada 18 November 2016.

Anonim. 2013. Penerapan Penilaian Autentik Dalam Kurikulum 2013. http://pendidikan.probolinggokab.go.id/penerapan-penilaian-autentikdalam-kurikulum-2013/ . Diakses pada 12 Agustus 2017.

Anonim. 2014. Pembelajaran Saintifik Implementasi Kurikulum 2013. https://filekemendikbud.files.wordpress.com/2014/08/1-pembelajaransaintifik.pptx . Diakses pada 18 November 2016.

Anshori. 2017. “Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah”. Jurnal. Islamic Education: 1 (2).

Bansu, Ikhlima Yaumil Putri (2017), Efektivitas Penerapan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 2 Wonomulyo Provinsi Sulawesi Barat. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/

Direktorat Sekolah Dasar. (2022). Buku Saku Serba-Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar. Direktur Sekolah Dasar, Kemendikbudristek.

Efendhi, E. S., & Susilowibowo, J. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Buku Berjendela sebagai Pendukung Implementasi Pembelajaran Berbasis Scientific Approach pada Materi Jurnal Khusus. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2), 1–6. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/viewFile/9434/933 0

Kasmawanti (2017), Analisis keefektivan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. https://ojs.unm.ac.id/JEST/indexHuda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kebudayaan, K. P. dan. (2022). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Kemdikbud. (2020). Buku panduan merdeka belajar – kampus merdeka. Direktorat jenderal pendidikan tinggi kementerian pendidikan dan kebudayaan. Diakses dari artikel internet. http://dikti.kemdikbud.go.id/wpcontent/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-KampusMerdeka-2020

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3431

Syamsidah, & Hamidah, S. (2018). Buku Model Problem Based Learning. In Deepublish. Penerbit Deepublish. 38 https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=y bgYAugAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=ybgYAugAAAAJ:hFOr 9nPyWt4C

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, nomor 20 tahun 2003. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003.

Downloads

Published

2023-10-30