Penguatan Literasi Baca-Tulis Melalui Aktivitas Menulis Karangan Deskripsi Pada Siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ash-Shidiq, Kabupaten Bandung

Authors

  • Eti Hayati Universitas Pamulang
  • Lathifah Sandra Devi Universitas Pamulang

Keywords:

Literasi Baca Dan Tulis, Menulis Karangan Deskripsi

Abstract

Kemampuan Literasi merupakan fondasi awal yang penting dalam hidup anak. Anak bersosialisasi melalui bahasa dan dengan kemampuan berbahasa mereka selanjutnya mampu untuk bertanya dan mengkonstruksi ide untuk disampaikan kepada orang lain. Tujuan penguatan literasi baca-tulis yaitu penguatan literasi baca-tulis bagi peserta didik memiliki beberapa tujuan penting yang berdampak positif pada perkembangan mereka, baik secara akademik maupun pribadi. Sedangkan, tujuan siswa menulis karangan deskripsi adalah untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam menggambarkan atau menjelaskan suatu objek, tempat, peristiwa, atau konsep dengan detail dan kejelasan yang tinggi. Dengan demikian, metode kegiatan ini berupa aktivitas menulis karangan deskripsi yang dilaksanakan di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ash-Shidiqiah, Kabupaten Bandung. Pelaksanaan menulis deskripsi siswa melalui tahapan, yaitu: pemahaman mengenai materi karangan deskripsi jenis-jenis objek yang dapat dideskripsikan, selanjutnya siswa diberikan tema untuk dikembangkan menjadi tulisan mengenai “Suasanan Lingkungan sekolah dan Lingkungan sekitar”. Siswa -siswa yang diberikan penguatan literasi membaca dan menulis yaitu kelas V dan kelas VI. Kemudian, dari aktivitas kegiatan ini diperoleh informasi bahwa terdapat faktor internal di kelas V dan VI yaitu membutuhkan waktu yang lama dalam memahami dalam memahami materi pelajaran. Kemudian, Faktor eksternal yaitu minat membaca dan menulis yang kurang karena dipengaruhi oleh budaya di lingkungan keluarga dan ketersediaan sarana dan prasarana seperti belum banyaknya buku-buku bacaan yang tersedia diperpusatakaan dan media publikasi berupa majalah dinding. Dengan demikian, peran guru sangat penting dalam memotivasi minatnya dalam membaca dan menulis.

References

Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1435-1443.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (Jakarta, 5 Desember 2023). Nomor: 697/sipers/A6/XII/2023 Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi Dibanding 2018.

Sidabutar, Y. A. (2021). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5379-5385.

Downloads

Published

2023-10-30