Sosialisasi Perilaku Anti Bullying Upaya Pencegahan Perundungan di Sekolah Dengan Edukasi Pendidikan Karakter

Authors

  • Ichwani Siti Utami Universitas Pamulang
  • Alinurdin Universitas Pamulang
  • Susi Universitas Pamulang

Keywords:

Bullying, Edukasi, Pendidikan, Karakter

Abstract

Permasalahan bullying yang terjadi pada peserta didik di sekolah merupakan hal yang sangat mengkhawatirkan karena terus berulang dan bahkan dianggap hanya sebagai sebuah candaan sehingga dapat mengganggu psikologis korban. Perilaku bullying merupakan tindakan agresif dan manipulatif yang dapat menimbulkan konflik bagi pelaku dan korbannya. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pemahaman peserta didik terhadap bullying, serta kurangnya pemahaman terhadap pendidikan karakter. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan edukasi kepada siswa terkait bullying dengan sosialisasi perilaku anti bullying, dalam rangka meningkatkan pengetahuan siswa tentang perilaku bullying. Penyampaian materi melalui power point serta evaluasi berupa tanya jawab secara langsung saat penyampaian materi. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa sosialisasi pemberian materi dalam bentuk ceramah, tanya jawab, diskusi, demosntrasi serta pendampingan. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini adalah pemahaman siswa, mengenai dampak negatif perilaku bullying. Peserta kegiatan sadar akan tanggung jawab masing-masing dalam upaya mencegah perilaku bullying di lingkungan sekolah. Kegiatan ini mampu membentuk sikap mengontrol diri untuk melakukan kebiasaan yang baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun Masyarakat.

References

Aprilia, P., Tritjahjo Danny Soesilo, & Irawan, S. (2023). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Perilaku Bullying Peserta Didik. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(03), 409–507. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4725

Faqih, A. (2023). Reoptimalisasi Kebijakan Hukum Perlindungan Anak Dalam Penanganan Kasus Perundungan (Bullying) Di Indonesia. Jurnal Fakta Hukum (JFH), 1(2), 74–83. https://doi.org/10.58819/jurnalfaktahukum(jfh).v1i2.54

Hidayat, A., Utami, I. S., Marasabessy, A. C., & Prastini, E. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Potensi Peserta Didik Di Sd Swasta Terpadu Bina Ilmu Parung. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 195–203.

Kasenda, R., Supit, E., Tonapa, N., Kojoh, A., Lini, S., & Asare, S. (2023). Analisis Perilaku Bullying Antar Siswa Yang Mengakibatkan Terjadinya Perubahan Tingkah Laku. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(1), 468–472. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4312

NAJWA, L., ARYANI, M., SUHARDI, M., PURMADI, A., & GARNIKA, E. (2023). Sosialisasi Pencegahan Perilaku Bullying Melalui Edukasi Pendidikan Karakter Dan Pelibatan Orang Tua. COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 13–17. https://doi.org/10.51878/community.v3i1.2330

Nauli, F. A., Jumaini, & Elita, V. (2017). Analisis Kondisi Bullying pada Anak Usia Sekolah sebagai Upaya Promotif dan Preventif. Jurnal Ners Indonesia, 7(2), 11–20.

Safaat, R. A. (2023). Tindakan Bullying di Lingkungan Sekolah yang Dilakukan Para Remaja. 1(2), 97–100.

Sapariah Anggraini, & Dewi, S. K. (2023). Edukasi remaja tentang pengenalan jenis perilaku bullying di sekolah melalui metode role plays. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 19(1), 83–92. https://doi.org/10.20414/transformasi.v19i1.6880

Yuliani, N. (2019). Fenomena Kasus Bullying Di Sekolah. Research Gate.

Yuyarti. (2018). Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Kreatif, 9(1), 52–57.

Downloads

Published

2023-10-30