Penerapan Manajemen Pemasaran Pada UMKM Ponpes Pandawa Desa Tegal Jampang Hambulu Kemang Bogor
Keywords:
Manajemen Pemasaran, PKM Dosen, Strategi Pemasaran, UMKMAbstract
UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah sangat penting bagi perekonomian Indonesia, memberikan pendapatan dan lapangan kerja bagi masyarakat. Pondok pesantren dapat menggunakan strategi manajemen pemasaran untuk mengembangkan pemasaran dari sudut pandang Islam, dengan melibatkan ulama atau tokoh masyarakat untuk memastikan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip moral dan etika Islam. Pemasaran Islami mengutamakan keadilan dan kejujuran, memastikan prosesnya tidak bertentangan dengan nilai-nilai Islam. Lingkungan pesantren mempunyai potensi pertumbuhan UMKM industri halal. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) bertujuan untuk memberikan manfaat langsung kepada masyarakat, termasuk generasi muda pesantren, melalui pendidikan dan pengalaman belajar. Kegiatan PKM Dosen dilaksanakan di Pondok Pesantren Pandawa Desa Tegal Jampang Hambulu, Kecamatan Kemang, Bogor dengan fokus pada penerapan manajemen pemasaran pada dunia usaha UMKM, dengan pemaparan, penjelasan, dan pengarahan terkait manajemen pemasaran dan strategi pemasaran. Pengabdian PKM Dosen dilaksanakan bulan Oktober 2023.
References
Indra, H. (2019). Pesantren Dan Pendidikan Entrepreneurship. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17(2), 188–198. https://jurnaledukasikemenag.org/index.php/edukasi/article/view/600/pdf_1
Ismanto, J. (2017). Analisis Pengaruh Persepsi Mahasiswa Pada Unsur-Unsur Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi IPWIJA Program S2 (Pasca Sarjana). Econosains Jurnal Online Ekonomi Dan Pendidikan, 15(1), 125–143. https://doi.org/10.21009/econosains.0151.08
Morris, M. H., & Kuratko, D. F. (2014). Building university 21st century entrepreneurship programs that empower and transform. In Advances in the Study of Entrepreneurship, Innovation, and Economic Growth (Vol. 24). Emerald Group Publishing Limited. https://doi.org/10.1108/S1048-473620140000024001
Purnomo, H., & Santosa, E. (2014). Kapabilitas Pemasaran Dan Operasi Serta Pengaruhnya Pada Supply Chain Management Dan Kinerja Perusahaan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, XVII(3), 79–98.
Riinawati. (2020). Marketing Pendidikan Islam Mengupas Strategi Marketing Berbasis Islam. CV. Madani Berkah Abadi. https://idr.uin-antasari.ac.id/16680/1/MARKETING PENDIDIKAN ISLAM isbn_ok.pdf
Septiawati, R., Sujaya, F. A., & Rachman, S. (2022). Sosialisasi Sistem Informasi Akuntansi dan E-Marketing Bagi UMKM Di Pondok Pesantren Yatim Piatu & Dhuafa Al Matsuroh Karawang. SINAR SANG SURYA: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 158. https://doi.org/10.24127/sss.v6i1.1886
Uswatun Hasanah, D., Alfi, A., & Mujahid, I. (2021). Implementasi Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Al Muayyad Surakarta. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 8(02), 72–81. https://doi.org/10.21009/improvement.v8i2.21615