Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Kurikulum Merdeka
Keywords:
Pelatihan, Modul Ajar, Kurikulum MerdekaAbstract
Upaya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia adalah pelatihan untuk membuat modul ajar kurikulum merdeka. Kurikulum Merdeka adalah pendekatan baru untuk pengembangan kurikulum yang memberi guru lebih banyak kebebasan untuk membuat materi pelajaran mereka sendiri. Modul ajar adalah salah satu alat yang sangat penting untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka karena mereka dapat membantu guru membuat pembelajaran lebih menarik dan efektif. Tujuan dari pelatihan ini di Madrasah Ibtidaiyah Al Itishaam adalah guru-guru untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang cara membuat modul ajar yang sesuai dengan pendekatan konseptual. Selama pelatihan, peserta akan belajar bagaimana mengidentifikasi capaian pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, program tahunan, program semester dan terakhir menyusun modul ajar. Setelah pelatihan ini, diharapkan peserta akan menjadi guru yang lebih baik dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Mereka akan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk membuat modul ajar yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
References
Arruti, A., & Paños-Castro, J. (2020). International entrepreneurship education for pre-service teachers: A longitudinal study. Education + Training, 62(7/8), 825–841. https://doi.org/10.1108/ET-04-2020-0098
Dirjen Dikti, Kemendikbud RI, 2020.
Febrina, L., Kholil, K., Nurakbari, E. H., & Prinajati, P. D. (2022). Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Tentang Etika Lingkungan Melalui Implementasi Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 970–983. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1941
Kepmendikbudristek Nomor 262/M/2022 tentang Perubahan Atas Kepmendikbudristek Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran yang kemudian disebut Kurikulum Merdeka, ditetapkan bahwa PKL merupakan salah satu mata pelajaran sebagai wahana pembelajaran di dunia
Lidiawati dkk. (2023). Kurikulum Merdeka, Analisis, Implementasi, Pengelolaan dan Evaluasi. Jakarta: Edureka
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Nouraey, P., Al-Badi, A., Riasati, M. J., & Maata, R. L. (2020). Educational program and curriculum evaluation models: A mini systematic review of the recent trends. Universal J Educ Res, 8(9), 4048–4055
Prasetyo, A. (2016). Folklore in EFL: The Local Wisdom Implementation of Indonesian Curriculum. Journal of ELT Research: The Academic Journal of Studies in English Language Teaching and Learning, 1(2), 194–199
Prayitno, W. H., Rachmawati, D. A., Anam, S., Maulana, M. B., Fitria, N., Adilah, N., Ainin, N., Rifaldi, R., & Berlianti, R. (2021). Pengembangan kurikulum (A. W. Muhamad Zaini (ed.)).
Sahnan, A., & Wibowo, T. (2023). Arah Baru Kebijakan Kurikulum Merdeka belajar di sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 4(1), 29–43. https://doi.org/10.30762/sittah.v4i1.783
Saputra, D. N. (2020). New Curriculum: The Concept of Freedom Learning In Music Learning in Department of Music Education. Proceeding of International Conference on Teaching and Science Education, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.31098/ictase.v1i1.15
Sofiarini & Rosalina (2021). Analisis Kebijakan dan Kepemimpinan Guru Dalam Menghadapi Kurikulum 2013 Era Globalisasi. Jurnal Basicedu Vol 5 No 2 Tahun 2021 p-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/668/
Sugiman, S., Suyitno, A., Pujiastuti, E., Masrukan, M., & Hidayah, I. (2021). Penguatan Pembelajaran dan Penilaian yang Bermuatan 4C Competence in Mathematics di Era Merdeka Belajarâ pada Guruguru SMPN 24 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 487–492
Undang undang tentang kurikulum Merdeka Kepmendikbudristek No. 56 Tahun 2022 Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka)
UU RI No. 20 Tahun 2003, Pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Yuni Praktino, dkk. (2022). Human Resource ‘Kurikulum Merdeka’ from Design to Implementation in the School: What Worked and What not in Indonesian Education. Jurnal Iqra Kajian Ilmu Pendidikan, Vol 7, No 1, June 2022 https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/ji/article/view/1708/1013