Pemberdayaan Masyarakat Menumbuhkan Minat Literasi Menggunakan Metode Mendongeng Sejak Usia Dini
Keywords:
Literasi Anak Usia Dini, Minat Literasi, Kemampuan MembacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dan menumbuhkan minat literasi anak usia dini melalui metode mendongeng. Menggunakan metode Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kp. Pekijing, Desa Kalanganyar, Kota Serang, Banten, mahasiswa Universitas Mitra Bangsa menerapkan pendekatan kreatif dan interaktif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam minat literasi anak usia 4-13 tahun, menciptakan suasana menyenangkan, dan membangun keterlibatan positif dengan literasi. Metode pembelajaran melibatkan orang tua sebagai mitra, memahami minat individu anak-anak, dan menyesuaikan pendekatan pembelajaran. Fokus pada peningkatan kemampuan membaca melibatkan metode sosialisasi, permainan kata, bacaan bersama, dan evaluasi terus menerus. Penggunaan bacaan menarik dan partisipasi anak-anak dalam pemilihan bahan literasi mereka sendiri juga terbukti efektif. Selain itu, kegiatan mendongeng berkontribusi pada peningkatan kemampuan berbahasa dan nilai moral anak-anak melalui interaksi verbal, pengayaan kosakata, dan penyampaian pesan moral dalam cerita. Secara keseluruhan, program ini bukan hanya meningkatkan literasi, tetapi juga membentuk karakter dan moral positif pada generasi muda.
References
Aulinda, I. F. (2020). Menanamkan Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini Di Era Digital. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 88. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15550
Ayuningtyas, F., & Wijayanti, E. P. (2019). Peningkatan Budaya Literasi Anak di Taman Kanak-Kanak Nurul Fikri Bekasi Utara. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 291–299. https://doi.org/10.21067/jpm.v4i1.2750
BP-KKN. 2016. Petunjuk Teknik dan Petunjuk Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Lampung Periode Januari Tahun 2016. Lampung: Universitas Lampung.
Dana Pratama, R., Raji, A., Lubis, H. U., & Suyatna, H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Rumah Literasi Kreatif di Kabupaten Kutai Kartanegara. Journal of Social Development Studies, 2(2), 30–42. https://doi.org/10.22146/jsds.1915
Destryana, R. A., Wibisono, A., & Hanafi, I. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Literasi Pangan Di Komunitas Literasi Toremaos. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(2). https://doi.org/10.29040/budimas.v3i2.3501
Harahap, R. A. S., Hasibuan, S. H., & Pulungan, L. K. (2023). Menumbuhkan Minat Literasi Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif (Ape) Ice Cream Di TK Najihah Desa Botung. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.52060/jppm.v4i1.953
Mas’ud, A. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Islam Melalui Program Taman Baca Masyarakat Guna Meningkatkan Minat Baca Dan Kreativitas Pada Anak (Studi Kasus TBM Gubuk Baca Cahaya Negeri, Kragan-Rembang) (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).
Nurbaeti, N., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.328
Rosiah, R., & Machawan, A. E. R. (2021). Upaya meningkatkan literasi anak melalui grup membaca dongeng anak jepang di paud srikandi. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 1077–1090.