Trikotomi dalam Simfoni Matematika dan Fisika: Terapung, Melayang, Tenggelam

Authors

  • Alfi Maulani Universitas Pamulang
  • Andri S. Husein Psi Square
  • Hendro Waryanto Universitas Pamulang

Keywords:

Trikotomi, Matematika, Fisika, Terapung, Melayang, Tenggelam

Abstract

Program Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini menggabungkan konsep sifat trikotomi urutan bilangan dalam kalkulus dengan eksperimen fisika, menggunakan telur puyuh sebagai alat pembelajaran di tingkat SMP dan anak usia dini. Dengan fokus utama pada meningkatkan pemahaman konsep fisika dan keterampilan matematika peserta didik, PkM ini menerapkan metode Problem Based Learning (PBL) untuk peserta didik SMP dan STEM untuk anak usia dini. Eksperimen terutama berpusat pada hubungan antara sifat trikotomi dan fenomena terapung, melayang, dan tenggelam. Hasil temuan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep fisika dan keterampilan matematika peserta didik setelah melibatkan eksperimen, dengan integrasi sifat trikotomi dalam percobaan terapung yang mengungkap perubahan berat efektif zat cair, memungkinkan telur puyuh mengapung saat x < y. Kondisi melayang tercapai saat x = y, sementara kondisi tenggelam terjadi ketika x > y, menandakan melebihi gaya apung. Pendekatan holistik ini menciptakan pembelajaran yang mendalam, menghubungkan konsep matematika dengan aplikasi fisika dalam situasi nyata, dan memberikan langkah positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan fisika dan matematika di tingkat dasar dan menengah. Selain itu, memberikan peluang untuk pembelajaran yang efektif, membangun keterampilan analitis, pemahaman konsep yang mendalam, dan kreativitas peserta didik menghadapi kompleksitas ilmu pengetahuan dan teknologi.

References

Doloksaribu, F., Triwiyono. (2021). Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Model Pembelajaran IPA Berbasis Physics Education Technology-Problem Solving. Edusains, 13(1), 45-55. DOI: http://doi.org/10.15408/es.v13i1.20003

Francisca, D., Paring, I. R. B., Kodama, K., & Iwayama, T. (2021). STEM Integrated Approach in Improving Students’ Physics Conceptual Understanding. Bulletin of Aichi University of Education, 70(Natural Sciences), 33-41. March.

Mutia, Mutia, Gusti Afifah, & Syahrial Ayub. (2018). Bagaimana Konsep Kapal Selam Diajarkan Secara Sederhana Pada Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi,4(2), 876. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.876

Santika, D. A., Mulyana, E. H., Nur, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Model STEM pada Konsep Terapung Melayang Tenggelam untuk Memfasilitasi Keterampilan Saintifik Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 171-184. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27207

Sukmana, R. W. (2017). Pendekatan Science, Technology, Engineering And Mathematics (Stem) Sebagai Alternatif Dalam Mengembangkan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,Volume II(2), Desember. ISSN Cetak: 2477-2143, ISSN Online: 2548-6950.

Downloads

Published

2024-03-19