Pentingnya Menciptakan Lingkungan Bersih dan Sehat di SD Al-Jihad Cimanggis, Ciputat, Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Amanudin Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang
  • Muh. Zhafri Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang
  • Ahmad Hidayat Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang

Keywords:

Sekolah, Kesehatan, Kebersihan, Lingkungan

Abstract

Perkembangan jaman secara tidak langsung telah mengubah gaya dan pola hidup sebagian masyarakat. Perubahan gaya hidup tersebut menyebabkan munculnya berbagai macam persoalan salah satunya masalah kesehatan, tak hanya pada orang tua, namun pada anak-anak dan remaja. Pengabdian Kepada Masyarakat bertujuan untuk memberikan pembelajaran mengenai sekolah sehat untuk mencetak generasi yang hebat, cerdas, dan berkualitas. Hasil pengamatan diperoleh bahwa untuk menciptakan generasi tersebut, sekolah perlu melakukan pendidikan, pelayanan dan pembinaan kesehatan guna mewujudkan sekolah sehat. Sekolah mendukung pertumbuhan dan perkembangan alamiah seorang anak sebab di sekolah seorang anak dapat mempelajari berbagai pengetahuan termasuk kesehatan. Beberapa langkah yang dapat dilakukan yaitu promosi kesehatan di sekolah dan ini merupakan suatu upaya untuk menciptakan sekolah menjadi suatu komunitas yang mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sekolah melalui 3 kegiatan utama, yaitu penciptaan lingkungan sekolah yang sehat, pemeliharaan dan pelayanan di sekolah, dan upaya pendidikan yang berkesinambungan yang terangkum dalam trias UKS (Nugraheni, 2018). Pengabdian kepada masyarakat ini dapat memberikan panduan bagaimana sekolah dapat turut serta berperan aktif untuk menanamkan pola hidup yang sehat dengan diawali pembelajaran lingkungan sekolah yang bersih dan juga sehat. Hasil pengabdian ini diharapkan mampu memberikan informasi tambahan kepada pihak yang terkait untuk menerapkan sekolah sehat dan mewujudkan sumber daya manusia yang hebat. Lingkungan sekolah yang bersih merupakan faktor penentu sehat tidaknya lingkungan itu. Di sekolah, kebersihan lingkungan mencerminkan kebersihan warga sekolah itu sendiri. Warga sekolah bertanggung jawab penuh, karena merekalah yang setiap hari memakai sarana dan prasarana yang ada di sekolah.

References

Aryanti, W, S. (2020). Menjaga Kebersihan Sekolah Dan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Murid MI/SD Di Indonesia. Jurnal Edukatif, JanuariJuni, 6 (1), h. 76-85.

Asthiningsih, N, W,W, Wijayanti, T. (2019). Edukasi Personal Hygiene Pada Anak Usia Dini Dengan G3CTPS. Jurnal Pesut: Pengabdian Untuk Kesejahteraan Umat, 1 (2), h. 84-92. Agustina, A. (2021).

Perspektif Hadis Nabi Saw Mengenai Kebersihan Lingkungan. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, April, 1 (2), h. 96-104.

Bagiastra, I, K, Damayanti, S,P. (2019). Pemahaman Dan Penerapan Personal Hygiene Dan Sanitasi Pada Anak-Anak Sekolah Minggu Di Banjar Tri Parartha Perumnas Tanjung Karang Mataram. Jurnal Media Bina Ilmiah, Februari, 13 (7), h. 1343-1352.

Darmizah, Z, S, dkk. (2019). Identifikasi Perilaku Kebersihan Diri (Personal Hygiene) Remaja Yang Tinggal Di Asrama. Jurnal Online Mahasiswa Perpustakaan Fakultas Keperawatan, Januari-Juni, 6 (1), h. 272-279.

Dahlan, Z. (2018). Sejarah Pendidikan Islam Signifikan Jejak Pendidikan Islam Bagi Pengembangan Pendidikan Islam Masa Kini dan Masa Depan. Medan: Profesor Sejarah UIN SU. Dahlan, Z. (2017).

Sekolah Islam Unggulan: Antara Harapan Dan Tantangan. Jurnal Raudhah, Januari-Juni, 5 (1), h.1-27.

Downloads

Published

2024-03-19