Peningkatan Pemahaman Peserta Didik Pada Materi SPLDV Dengan Media Alat Peraga Matematika

Authors

  • Besse Arnawisuda Ningsi Universitas Pamulang
  • Irvana Arofah Universitas Pamulang
  • Rivani Lakui Universitas Pamulang
  • M. Andriansyah Universitas Pamulang

Keywords:

Pemahaman Peserta Didik, Alat Peraga Matematika, SPLDV

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dari peserta didik dalam pelajaran matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) dengan media alat peraga matematika. Metode yang digunakan dalam melakukan pengabdian ini diantaranya sebagai berikut: Melakukan tes awal kepada peserta didik terkait materi sistem persamaan linier dua variabel, Pemberian materi sistem persamaan linier dua variabel metode subtitusi dan metode eliminasi dengan alat peraga matematika ini untuk menerapkan permainan dalam pembelajaran matematika, melakukan evaluasi dengan pemberian tes akhir untuk mengetahui peningkatan pemahaman peserta didik pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Terjadi peningkatan kemampuan berpikir peserta didik kelas X SMK Techno Media sebesar 23% dilihat dari hasil belajar yang diperoleh sebelum dan sesudah kegiatan ini dilaksanakan serta 100% peserta didik mengalami peningkatan pemahaman di lihat dari nilai ters awal dan tes akhir. Peserta didik lebih terangsang untuk berpikir dari setiap materi sistem persamaan linier dua variabel dengan media alat peraga matematika.

References

Agustini, S. (2019). Pemahaman Masyarakat Kota Bengkulu Terhadap Fungsi dan Tugas Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam Pengawasan dan Perlindungan Konsumen. IAIN BENGKULU.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 6.

Drs. Ahmadin Sitanggang, M. P. W. (2013). ALAT PERAGA MATEMATIKA SEDERHANA UNTUK SEKOLAH DASAR.

Nasaruddin, N. (2018). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 21–30. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.232

Natali, S. S. (2017). Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Berdasarkan Teori APOS Pada Materi Persamaan Kuadrat Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM), 1(5), 104–117.

Rusmawati. (2017). Penggunaan Alat Peraga Langsung pada Pembelajaran Matematika dengan Materi Pecahan Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(2), 307–314.

Downloads

Published

2024-03-19