Membangun Komitmen Kerja Melalui Assasment Potensial Review Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan PT. LKM Parung - Bogor

Authors

  • Dewi Ulfah Arini Universitas Pamulang
  • Rudi Bodewyn Mangasa Tua Universitas Pamulang
  • Khairunnisa Universitas Pamulang

Keywords:

Komitmen, Assesment, Potensial Review, Kinerja

Abstract

Keberadaan tenaga kerja yang kompeten dan mumpuni mampu menunjang visi misi pelengkap strategi dari organisasi. Tantangan organisasi saat ini adalah memenangkan Perang Talent (Talent War). Perang talenta saat ini sudah ada didepan mata kita sehingga persaingan perekrutan terhadap talenta ini makin ketat dan kuat. Berdasarkan jumlah 100-200 karyawan yang ada di perusahaan Metraplasa yang sudah dilakukan proses Assesment setidaknya memiliki potensi sebesar 15% yang dapat masuk dalam kriteria talent pool. Tujuan dari Talent pool selain mencari sumber tenaga kerja berkualified juga mencari calon- calon pemimpin yang dapat menempati posisi yang kosong dan berperan pemimpin guna mendukung berjalannya visi misi dan tujuan dari organisasi. Hal tersebut mengacu bahwa perilaku yang pernah ditunjukkan dan sangat baik untuk memprediksi kemampuan yang bersangkutan di masa yang akan datang di tempat kerjanya. Kegiatan ini akan berlangsung selama 1 hari dengan peserta adalah karyawan di LKM Bogor sebanyak 62 orang. Kegiatan ini menggunakan teknik penyuluhan dengan memberikan informasi dna penguatan mengenai bagaimana komitmen ini terbentuk dan bagaimana sebuah organsaisi akan bekerja dengan nyaman dan memberikan produktivitas yang baik bagi organisasi. Keluaran dari kegiatan ini adalah dalam bentuk artikel yang dimasukkan dalam media massa atau koran.

References

Pella DA, Inayati A. 2011. Talent Management. Jakarta (ID) : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ma’ruf J Jasmani, 2018. Assessment Centre, Pedoman Uji Kompetensi Jabatan Pemimpin Tinggi : PT. Gramedia Pustakan Utama( https://www.linovhr.com/apa-itu-talent-pool/)

Larkan Kerry, 2008. The Talent War, Mendapatkan dan Mempertahankan Orang-orang Terbaik Organisasi, Jakarta : PPM Management.

Prihadi F. Syaiful, 2004, Assessment Centre : Identifikasi, pengukuran dan Pengembangan Kompetensi : PT. Gramedia Pustaka Utama

Tamara. 2011. Usulan Rancangan Sistem Talent Management di PT TS. Jakarta (ID) : Thesis pada Magister Profesi Psikologi, Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2024-03-19