Sosialisasi dan Praktik Pembuatan Produk Yang Memilliki Nilai Tambah Dari Pemanfaatan Limbah Ranting Kayu di Desa Serdang Kulon

Authors

  • Agus Nurrokhman Universitas Pamulang
  • Dadang Kurnia Universitas Pamulang
  • Edi Iswanto Wiloso Universitas Pamulang

Keywords:

Nilai Tambah, Ranting Kayu, Artificial Pohon

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah yang pertama dengan memberikan sosialisasi dan edukasi cara memeningkatkan nilai tambah dari limbah ranting kayu. Sedangkan tujuan berikutnya untuk memberikan suatu praktik pembuatan produk yang memiliki nilai tambah dari limbah ranting kayu kepada warga masyarakat Desa Serdang Kulon, Kecamatan Panongan, Kabupaten Bogor. Produk yang dibuat adalah artificial pohon, dimana artificial pohon tersebut adalah pohon buatan yang dibuat untuk dekorasi meja maupun ruangan. Dengan adanya PKM ini diharapkan masyarakat desa Sedang Kulon dapat memanfaatkan limbah sekitar agar dibuat sebuah produk yang mempunyai nilai tambah. Dari data persentase pemahaman audiens diperoleh hasil pemahaman audiens pada poin Nilai Tambah Ranting Pohon dari 26 audiens diperoleh hasil 17 orang sangat memahami, 4 orang memahami, 5 orang kurang memahami, dan 0 orang tidak memahami. Dari poin Pengertian Artificial Pohon diperoleh hasil semuanya sangat memahami. Sedangkan dari poin Alat dan Bahan diperoleh hasil 3 orang sangat memahami, 15 orang memahami, 8 orang kurang memahami, dan 0 orang tidak memahami. Kemudian dari poin Kelebihan dan Kekurangan diperoleh hasil 10 orang sangat memahami dan memahami, 6 orang kurang memahami, dan 0 orang tidak memahami.

References

Batubara, R., Basyuni, M., Iswanto, A. H., Slamet, B., Susilowati, A., Elfiati, D., ... & Pebriansyah, R. (2021). Pelatihan Pembuatan Produk Kerajinan Berbahan Cabang Kayu Mangrove. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(01), 12-16.

Eskak, E., & Sumarno, S. (2016). Peningkatan Nilai Tambah Pada Cacat Batang Kayu Dengan Kreasi Seni. Dinamika Kerajinan Dan Batik, 33(2), 133-144.

Hidayat, J. (2019). Desain Hijau: Pemanfaatan Limbah Kayu Jati untuk Desain Furnitur Naratif dengan Aplikasi Finis Ramah Lingkungan. Jurnal Visual, 14(2).

Novitasari, W., Saefuddin, B., & Pohan, H. M. (2022). EDUKASI NILAI TAMBAH PRODUK DAN IJIN USAHA BAGI UMKM ‘AISYIYAH RANTING KAYU OMBUN KOTA PADANGSIDIMPUAN. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 2364-2368.

Yunianti, A. D., Faradhillah, R., & Husna, A. (2022). TRANSFER ILMU PENGETAHUAN PEMANFAATAN LIMBAH KAYU PINUS MENJADI PRODUK HAND SANITIZER BERBAHAN DASAR CUKA KAYU DI KAWASAN HUTAN PINUS BATULAPISI KABUPATEN GOWA. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 6(3), 637-645.

Downloads

Published

2024-03-19