Peningkatan Pemahaman Pelaku UMKM di Tangerang Selatan Terhadap Lingkungan Bisnis UMKM

Authors

  • Rasyid Widada Universitas Pamulang
  • Eman Sulaeman Universitas Pamulang

Keywords:

Pemahaman, Pelaku UMKM, Lingkungan Bisnis

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memegang peran kunci dalam perekonomian global, menyediakan lapangan pekerjaan, dan mendukung pertumbuhan ekonomi. Namun, untuk mencapai kesuksesan jangka panjang, pemahaman yang mendalam tentang lingkungan bisnis UMKM menjadi esensial. Pengabdian kepada masyarakat ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pelaku UMKM tentang lingkungan bisnis mereka, baik yang bersifat internal maupun eksternal, dan mengapa hal ini memiliki relevansi yang signifikan. Secara lebih spesifik, pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan untuk memperkuat pemahaman tentang konsep lingkungan bisnis. Lingkungan bisnis UMKM terdiri dari dua aspek utama: lingkungan internal dan eksternal. Lingkungan internal mencakup elemen-elemen seperti manajemen, sumber daya manusia, keuangan, dan operasi internal, sementara lingkungan eksternal mencakup faktor-faktor seperti persaingan pasar, perubahan regulasi, tren industri, perubahan dalam preferensi pelanggan, dan aspek ekonomi makro. Selanjutnya, pengabdian kepada masyarakat ini merinci upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman pelaku UMKM tentang lingkungan bisnis. Ini melibatkan berbagai langkah, termasuk pelatihan, analisis SWOT, pemantauan pasar dan tren, bergabung dengan asosiasi bisnis, kerja sama dengan mitra bisnis, studi kasus, dan dukungan pemerintah. Melalui pendekatan ini, pelaku UMKM dapat memperoleh pengetahuan yang diperlukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi bisnis mereka dan mengembangkan strategi yang sesuai. Kegiatan ini diselenggarakan di Bakmi Jowo, Vila Dago, Tangerang Selatan pada 17-19 November 2023. Peserta adalah para pelaku bisnis UMKM yang ada Tangerang Selatan. Adapun jumlah peserta yang hadir adalah sebanyak 12 peserta.

References

Fahmi, I. 2013. Manajemen Strategis. Bandung: Alfabeta

Munizu, M. 2010, Pengaruh faktor-Faktor Eksternal dan Internal terhadap Kinerja Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Sulawesi Selatan, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Maret 2010, Vol.12, No.1 Hal 33-41.

Novita, S. 2015. Pengaruh Lingkungan Eksternal dan Lingkungan Internal terhadap Keunggulan Bersaing pada Industri Kecil dan Menengah di Bandung, Jawa Barat. Esensi Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 5 No. 1, hal. 9-26

Purwanto, FXA. 2016. Pengaruh Lingkungan Eksternal, Lingkungan Internal dan Program Business Development Service terhadap Kinerja Usaha UMKM di Kabupaten Sidoarjo, Ekonomika Jurnal Ekonomi Vol. 9 No. 2, Desember 2017, hal. 86-96.

Riyanto, S. 2018. Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Madiun. Jurnal Manajemen Bisnis dan Inovasi Vol. 5 No. 3, hal. 159-169.

Downloads

Published

2024-03-19