Pengenalan Kewirausahaan Digital Dengan Pendekatan Matematika
Keywords:
Kewirausahaan digital, Pendekatan matematikaAbstract
Transformasi digital dalam pendidikan di Indonesia memiliki ruang kendali yang sangat beragam, termasuk karena perbedaan geografis, kesenjangan dalam distribusi infrastruktur, kesenjangan dalam kemampuan digital pendidik, dan kesenjangan dalam metode pengajaran yang berbeda. Sehingga dengan demikian, beberapa skenario atau strategi harus digunakan untuk digunakan selama transformasi digital. Penggunaan teknologi untuk melakukan kegiatan wirausaha dan pembelajaran sebenarnya sudah ada sejak lama. Kemajuan teknologi pun tak henti-hentinya, tanpa kita sadari, dan tak terhindarkan, bahkan tak terbendung, namun ada beberapa kesenjangan aplikasi. Tujuan dalam pengabdian kepada masyarakat yakni pengenalan kewirausahaan digital dengan pendekatan matematika. Metode yang digunakan yakni dengan melakukan pelatihan secara tatap muka kepada para peserta anak didik yang ada di yayasan Alkamilah. Hasil yang ditemukan dimana anak-anak didik lebih mudah dan sangat antusias dalam memahami kewirausahaan digital dengan pendekatan matematika.
References
Aini, Y. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Minat Mahasisw UPP Berwirausaha. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 3(1), 69–78. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.571256
Berliandaldo, Mahardhika. dkk (2020). Transformasi Digital Dan Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Yang Adaptif Dan Berkelanjutan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Analis Kebijakan. 4 (2): 54 – 73
Christianingrum, & Rosalina, E. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Motivasi Berwirausaha. Integrated Journal of Business and Economics (IJBE), 1(1), 45–55. https://doi.org/10.17509/strategic.v18i1.17583
Hayati, F. H. (2021). Transformasi Media Pembelajaran Saat Pandemi Covid 19 Di Mi Modern Satu Atap Al Azhary Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Skipsi. UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri
Jailani, H., Fahrurrozi, M., & Rizqi, Y. A. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Minat dan Motivasi Berwirausaha Siswa di SMK Negeri 1 Selong Tahun Pelajaran 2016. JPEK, 1(1), 49–56.
Pratiwi, E. W. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 34(1): 1-8.
Syahbrudin, J., Prasetya, E. R., Mundiroh, S., Marpitasa, S., & Sadewa, P. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Bahasa Inggris dan Berhitung Berbasis Kewirausahaan terhadap Peningkatan Minat Berwirausaha bagi Anak Panti Asuhan Al Kamilah. Abdimisi, 1(1): 1-9.
Vernia, D.M. (2019). Peranan Pembelajaran Matematika untuk Menumbuhkan Jiwa Berwirausaha Siswa SMK Kota Bekasi. Lectura: Jurnal Pendidikan. 10(1), 47-65.