Membangun Rasa Percaya Diri dalam Berbicara Di Hadapan Publik melalui Talkshow di MTs Darul Islah-Pamulang

Authors

  • Shinta Aziez Universitas Pamulang
  • Eka Margianti Sagimin Universitas Pamulang

Keywords:

Bahasa Inggris, Public Speaking, Talkshow, Tokoh Dalam Islam

Abstract

Seiring berkembangnya zaman dimana generasi ke generasi mulai bersaing satu sama lain terutama dalam kemampuan berkomunikasi, membuat para pendidik merasa perlu strategi dalam meningkatkan kemampuan tersebut. Hal ini didorong dengan berbagai macam kebutuhan baik dalam proses pembelajaran dikelas maupun di masyarakat. Selain itu kemampuan berbicara didepan umum menjadi sangat penting manakala seseorang harus melakukan interaksi satu sama lain. Kemampuan itu sangat dibutuhkan bukan hanya bagi kaum dewasa secara individu ataupun kelompok dalam pekerjaan maupun kehidupan sosialnya, namun juga sangat dibutuhkan oleh para pelajar sekolah dasar dan menengah. Berbagai tuntutan tugas dari sekolah membuat para siswa berlomba-lomba dalam meningkatkan kemampuannya. Namun sayangnya, masih banyak para siswa tingkat dasar maupun menengah yang mengalami kesulitan dalam mengemukakan ide-ide atau gagasan mereka di depan umum. Tak hanya itu, para individu dewasa pun sering mengalami kesulitan yang sama dalam mempelajarinya karena kurangnya pelatihan dan pengenalan terhadap ‘public speaking’ atau kemampuan berbicara di depan umum. Hal ini sering menjadi beban yang menakutkan bagi kebanyakan pelajar. Bahkan para pelajar tingkat dasar dan menengah pun sering mengalami hal serupa. Dari pengamatan kami di lapangan, masih banyak para pelajar atau siswa tingkat sekolah yang mengalami kesulitan dalam berbicara didepan umum baik itu Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional maupun Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing yang juga harus dikuasai. Berdasarkan latar belakang tersebut maka kami para dosen dan juga mahasiswa dari Program Studi Sastra Inggris Universitas Pamulang hendak membantu memberikan strategi dalam penguasaan kemampuan tersebut melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat atau PKM. Kegiatan PkM ini bertujuan untuk memberikan pelatihan berbicara di depan umum beserta strateginya dalam bahasa Inggris bagi siswa Sekolah Menengah di MTs Darul Islah Pamulang, Tangerang Selatan. Pelatihan ini di integrasikan dengan topik Membangun Rasa Percaya Diri dalam Berbicara di Hadapan Publik melalui Talk Show di MTs Darul Islah – Pamulang. Pelatihan berbicara didepan umum bagi siswa MTs ini diharapkan dapat membantu para siswa dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan meningkatkan kepercayaan diri mereka. Metode dalam pelatihan ini adalah 1) pelatihan dan pengenalan terhadap public speaking dengan strategi bermain peran dalam TalkShow, 2) ‘Performance day’ yaitu praktek bermain peran dengan menggunakan strategi TalkShow dimana para siswa memerankan tokoh-tokoh Islam yang sangat berpengaruh bagi manusia serta menjadi peran sebagai host atau pembawa acara talkshow tersebut.

References

Adia, V. R. (2021). Menjadi Public Speaker Andal. Yogyakarta: Deepublish.

Chairilansyorie, Marwan, A., & Buldani, K. (2019). Pengaruh Tayangan Talkshow “Indonesia Lawyers Club”Terhadap Pendidikan Politik Mahasiswa. Jurnal Professional Fis Unived, 61.

Hakim, M. A. (2016). Pengembangan Materi Bahan Ajar Public Speaking Berbasis Communicative . 1.

Harmer, J. (1998). The Practice Of Language English Teaching. Cambridge: Pearson Longman

Hattings, D,S. (1993). Role Play. Cambridge : Blaadwell

Kemdikbud.(N.D).Layanan Direktorat Riset, Teknologi, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, Dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,Riset,Danteknologi.Https://Dikti.Kemdikbud.Go.Id/Layanan-Direktorat-Riset-Teknologi-Dan-Pengabdian-Kepada-Masyarakat/

Khoriroh, N, & Muhyadi, M. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Keterampilan Berkomunikasi Terhadap Kemampuan Public Speaking Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran-S1, 7(2), 128-135

Siregar, N. S., & Tamsil, I. S. (2022). Buku Ajar Public Speaking. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Wijayanti, F. D. (2017). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Melalui Bermain Peran Dalam Talk Show Si Sma. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 101.

Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I. P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh Model Role Playingterhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran Matematikasmp. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 99.

Zainal, A. G. (2022). Public Speaking Cerdas Saat Berbicara Di Depan Umum. Purbalingga: Cv. Eureka Media Aksara.

Downloads

Published

2024-03-19