Laporan Keuangan Sebagai Alat Pengambilan Keputusan Bagi UMKM Untuk Maju

Authors

  • Yhonanda Harsono Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Adji Widodo Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Udin Saprudin Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

UMKM, Laporan Keuangan, Pengambilan Keputusan

Abstract

Tujuan diadakan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan penyuluhan kepada para UMKM yang menjadi mitra Bakmi Jowo yang berada di Ruko Komplek Vila Dago, Pamulang,Tangerang Selatan. Penting bagi UMKM agar dapat memperhatikan dalam pembuatan laporan keuangan dengan baik dan benar. Peserta pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari para dosen Universitas Pamulang, Prodi Manajemen sebagai nara sumber, pegawai dan pemilik Bakmi Jowo, dan mengundang 4 orang pelaku UMKM mitra Bakmi Jowo. Metode yang digunakan yaitu melakukan presentasi, diskusi, dan tanya jawab kepada UMKM tentang ruang lingkup usahanya, dilanjutkan pendampingan cara membuat laporan keuangan. Pengamatan dilakukan terdapat empat peserta UMKM yaitu Bakmi Jowo, Ayam Geprek Asli, Harjuna Catering dan Tyas Kraft. Dari ke empat UMKM tersebut semua sudah melakukan pencatatan keuangan, hanya sebagian besar belum sesuai standar keuangan yang ada. Diharapkan ke depannya mereka akan melakukan sesuai yang tim pengabdi arahkan, baik itu Jurnal harian, Laporan Laba Rugi dan Neraca, sehingga dapat terpantau perkembangan dan posisi kekayaan usahanya.

References

Anggraeni, S. N., Marlina, T., & Suwarno, S. (2021). Penyusunan Laporan Keuangan Pada UMKM Berdasarkan SAK EMKM. Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan, 1(2), 253-270

Ekasari, R., Martah, V., Wiranata, A., Istiqomah, I., & Melandari, M. (2021). Penyuluhan Pembuatan Laporan Keuangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat, 4(01), 24-29.

Nurfalah, F., Fajarianto, O., & Santika, R. N. (2023). Pelatihan Komunikasi Pemasaran ECommerce Melalui Aplikasi Layanan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Di Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistika Kota Cirebon. Abdimas Awang Long, 6(1), 14-20.

Rina Tresnawati (2023). Dr. Tresnawati : Pelaku UMKM Penting Mampu Susun Laporan keuangan Sesuai Standar. Kampus Widyatama, Cimahi. 22 Juni 2023.

Sugeng, A., Budiantini, A., & Khuluqi, K. (2023). Pentingnya Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Pelaku UMKM di Desa Cikasungka Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 230-238.

Supiandi, Gojali dkk. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) Berbasis Ekonomi Kreatif Di Koperasi Gerai Lengkong Tangerang Selatan. Jurnal Sepakat, Sesi Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.2 No.2, Desember 2022.

Widodo, Adji et al. (2021). "Mendorong Peran Kader PKK Dalam Meningkatkan Program Ekonomi Kreatif Di Lingkungan RW 008 Kelurahan Serpong." Abdimas Awang Long 5.1 (2022): 1-10.

Downloads

Published

2024-03-19