Perancangan Alat Press Packaging Produk Kripik Singkong Dan Kripik Pisang Untuk Usaha Umkm Masyarakat Kampung Situ, Desa. Karyabuana, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang
Abstract
Pembangunan dan Pertumbuhan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) merupakan salah satu motor pengerak yang sangat penting bagi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di banyak negara, tidak terkecuali Indonesia. Kegiatan PKM ini dilakukan Kampung Situ, Desa. Karyabuana, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, Rata-rata masyarakat disini berkebun, hasil perkebunannya di jadikan olahan seperti keripik singkong dan keripik pisang, namun permasalahan disini yaitu mengenai packaging yang masih menggunakan manual. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membantu mendampingi masyarakat untuk mengembangkan UMKM dengan perancangan alat press packaging produk kripik singkong dan kripik pisang, membantu untuk menciptakan kreativitas masyarakat dalam membuat suatu produk, membantu membina berkelanjutan. Metode pelaksanaan yaitu dengan melakukan penyuluhan, diskusi, simulasi dan pemberian alat packaging. Hasil pemahaman dari peserta PKM mengenai materi yang diberikan adalah Sangat Paham 13 orang atau 43%, Paham 14 orang atau 47 %, Kurang Paham 3 orang atau 10%.
Kata Kunci: Perancangan Produk, Packaging, UMKM
References
Alfatiyah, R., Bastuti, S., Candra, A., Trihandayani, E., & Mualif, M. (2020). Perancangan Produk Hand Sanitizer Untuk Mencegah Penyebaran Covid 19 Di. 1(September).
Lodong, O., Tambing, Y., & Adrianton. (2015). Peranan kemasan dan media simpan terhadap ketahanan viabilitas dan vigor benih Nangka (Artocarpus heterophyllus Lamk) kultivar Tulo-5 selama penyimpanan. E-J. Agrotekbis, 3(3), 303–315.
Mukhtar, S., & Nurif, M. (2015). Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 181. https://doi.org/10.12962/j24433527.v8i2.1251
Nugrahani, R. (2015). Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan umkm. Jurnal Imajinasi, IX(2), 127–136. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/imajinasi/article/view/8846
Qashlim, A., & Basri. (2018). Peningkatan Kualitas Produk pada Usaha Pembuatan Tortilla Jagung Dan Kerupuk Gadung dengan Pendekatan Evaluasi Merek dan Kemasan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 44–49.
RESMI, N., & WISMIARSI, T. (2015). Pengaruh Kemasan Dan Harga Pada Keputusan Pembelian Minuman Isotonik. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 13(1), 1–20. https://doi.org/10.29259/jmbs.v13i1.3335
Sulistyandari, Widiastuti, E., & Indriati, S. (2017). Kemasan Produk Sebagai Strategi Pemasaran Kerupuk Rambak “Mirasa†Di Desa Dukuhturi, Kec. Bumiayu, Kab. Brebes. Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1. https://doi.org/10.24269/adi.v1i2.597
Susanto, S., & Iqbal, M. (2019). Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Sinergitas Akademisi Dan TNI Bersama Tangkal Hoax Dan Black Campaign. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.31960/caradde.v2i1.119
Susanto, Muhamad Iqbal, and Wawan Supriyatna. "Creating an Efficient Justice System with E-Court System in State Court and Religious Court of Rights." International Journal of Arts and Social Science 3.3 (2020): 354-361.
Tunky, H., & Kohardinata, C. (2016). Perancangan Desain Kemasan Pada Merk Keripik Pisang Bananation di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(1), 567–583.
Widyasari, R., Sulastri, Y., Kurniawan, H., Kekait, D., Sari, K. G., & Barat, K. L. (2019). Peningkatan Kualitas Produk dan Kemasan Gula Cetak dan Gula Semut. Widyabhakti Jurnal Ilmiah Populer, 2(1), 77–85.