PELATIHAN DAN PEMBENAHAN MANAJEMEN KEUANGAN DAN ADMINISTRASI PADA YAYASAN NURUL IMAN Kelurahan Ciater Serpong Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Fahmi Susanti Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Lisdawati Lisdawati Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Ela Hulasoh Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Cornelia Dumarya Malik Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Fadillah Fadillah Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang

Abstract

Manajemen keuangan yang baik  harus didukung dengan pelaksanan administrasi yang memadai. Berdasarkan data yang ada manajemen keuangan dan administrasi yang baik dan memadai sesuai dengan standar yang berlaku hanya sebagian yang menerapkan pada banyak Yayasan .Sehingga proses pengelolaan keuangan dan administrasi belum sempurna dijalankan dan berakibat kepada kurangnya pertanggungjawaban aktivitas sekolah. Kegiatan PKM ini tepatnya dilakukan di dan YAYASAN Nurul iman Ciater Permai Tangerang Selatan.Masalah yang akan dipecahkan adlah dan pembenahan manajemen keuangan dan administasi pada Yayasan . Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan dan pembenahan manajemen keuangan dan administasi pada Yayasan  Pelatihan yang dilakukan dengan metode pemaparan secara online dan feedback timbal balik dengan peserta kemudian praktek pelaksanaan administrasi keuangan. Melalui pelatihan ini, peserta berhasil memahami pentingnya pengelolaan keuangan di sekolah dan pentingnya pengelolaan yang efektif dan efisien menggunakan akuntansi dasar untuk menunjang pengembangan YAYASAN NURUL IMAN . Keberhasilan ini dapat dilihat pada hasil kuesioner responden yang Sangat Paham 11 orang atau 45,83%, Paham 12 orang atau 50 %, Kurang Paham 1 orang atau 4,17%.

Kata Kunci:  Manajemen Keuangan, Administrasi.

References

Diajeng Amatullah Azizah Rachmanti , Misrin Hariyadi , Andrianto, (2019), Analisis Penyusunan Laporan Keuangan Umkm Batik Jumput Dahliaberdasarkan Sak-Emkm Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Muhammadiyah Surabaya, Balance 21 (1)

Iqbal, Muhamad. "Implementasi Efektifitas Asas Oportunitas di Indonesia Dengan Landasan Kepentingan Umum." Jurnal Surya Kencana Satu: Dinamika Masalah Hukum dan Keadilan 9.1 (2018): 87-100.

Iqbal, Muhamad Iqbal, Susanto Susanto, and Moh Sutoro. "Functionalization of E-Court System in Eradicating Judicial Corruption at The Level of Administrative Management." Jurnal Dinamika Hukum 19.2 (2019): 370-388.

Marddyanto Dwi Saputra1, Jullie J. Sondakh2, Treesje Runtu3Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi, Jl. Kampus Unsrat, Manado, 95115, Indonesia

Putri Puspita Ayu,Tika Septiani, (2018), pengaruh ukuran dewan komisaris, komite audit, dan kap terhadap fee audit eksternal, Jurnal akuntansi 12 (1)

R. Anastasia Endang Susilawati, Nanang Purwanto,(2017), analisis penyajian laporan keuangan berdasarkan penerapan standar akuntansi keuangan entitas tanpa akuntabilitas publik pada pt. fortuna inti alam (Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomika Dan Bisnis, U , Jurnal Riset Akuntansi Going Concern 12(1),

Riska Tri Handayani , analisis penyusunan dan penyajian laporan keuangan berdasarkan standar akuntansi keuangan entitas tanpa akuntabilitas publik (sak etap) pada layanan pemeriksaan histopatologi (pa) & sitologi dr. soebarkah basoeki, sppa malang (Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomika Dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang), Journal Riset Mahasiswa Akuntansi (JRMA) ISSN: 2337-5601 01 (01)

Sahroni, S., Susanto, S., Sutoro, M., Mukrodi, M., & Apriansyah, M. (2020). Penumbuhan Wirausaha Baru Pada Majelis Da’wah Al’adni. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Susanto, S., & Iqbal, M. (2019). Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Sinergitas Akademisi Dan TNI Bersama Tangkal Hoax Dan Black Campaign. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 8-16.

Downloads

Published

2021-03-03