ETIKA PROFESI AKUNTANSI PROBLEMATIKA DI ERA KOMPETITIF

Authors

  • Napisah Napisah Universitas Pamulang
  • Desi Jelanti Universitas Pamulang
  • Meta Nursita Universitas Pamulang
  • Khusnul Khuluqi Universitas Pamulang
  • Nugroho Widhi Pratomo Universitas Pamulang

Abstract

Akuntan  sebagai  suatu  profesi  dituntut  untuk mengikuti perkembangan dunia yang semakin global.  Pada era  kompetitif  di Revolusi  Industri 4.0  ini, profesi  akuntan Indonesia harus menanggapi tantangan tersebut dengan memperkuat keahlian, membuka wawasan  baik  secara mandiri maupun berkelompok, menanamkan nilai dan etika yang tinggi untuk berkontribusi agar bisa bertahan menghadapi tekanan dan memenangkan persaingan.sebagai salah satu profesi yang sangat penting dalam dunia ekonomi, seorang akuntan dituntut  untuk  memahami  kode  etik  untuk  menjaga  mutu  dan kepercayaan para pengguna  jasa  didalamnya. Maka dari itu tujuan kami dari pengabdian kepada masyarakat adalah membantu untuk mengembangkan ilmu terutama mengenai etika profesi akuntan di era kompetitif saat ini di SMK Yadika 5 Pondok Aren di SMK  dan juga memberikan ilmu dan pengetahuan kepada siswa-siswi mengenai penyuluhan tentang maca-macam macam-macam etika profesi yang berlaku. Metode  pengabdian  yang  digunakan  adalah Descriptif Assosiatif dengan metode pendekatan data kualitatif. Permasalahan sebagai berikut  : (1) Apakah siswa-siswi sudah diberikan pengetahuan mengenai etika profesi akuntan di era kompetitif saat ini  ? (2) Bagaimana cara siswa-siswi millenial dalam menghadapi kehidupan di era kompetitif terhadap etika profesi akuntan? Hasil  PkM berkontribusi untuk (1) Membantu menyebarluaskan dan menambahkan edukasi tentang etika profesi akuntansi : Problemantika di Era Kompetitif pada siswa-siswi SMK khususnya SMK Yadika 5 Pondok Aren, Tangerang Selatan. (2) Dengan sosialisasi tentang etika profesi akuntansi : Problemantika di Era Kompetitif sejak dini, diharapkan ketika dewasa nanti akan memberikan pilihan profesi yang akan digeluti terutama  dalam mengendalikan tantangan dalam penerapan Etika Profesi.(3)Mengenalkan mengenai tantangan dan peluang atas penerapan pada diri dalam etika profesi akuntan terhadap generasi muda terutama siswa-siswi SMK khususnya SMK Yadika 5 Pondok Aren. Kegiatan ini diharapkan dapat keberlanjutan.

Kata Kunci :  Etika profesi Akutansi, Industri 4.0, tantangan.

References

Arens, Alvin A, Elder, Randal J, Beasley, Mark S. 2006. Buku 1 dan 2. Airlangga, Jakarta.

Aripratiwi, R, A., Ludigo, U., dan Achsin M. 2017 Memaknai Setiap Integritas Akuntan Public KAP “Cemerlang†Surabaya (Studi Fenomenologi). Jurnal Reviu Akuntansi dan Keuangan, 7(1), 993-1002

Edu, Ambros Leonangung dkk. 2017. Etika dan Tantangan Profesionalisme Guru. ISBN

Fajri, C., Susanto, S., Suworo, S., Sairin, S., & Tarwijo, T. (2021). Pelatihan Perencanaan Kewirausahaan Hidroponik Dan Penguatan Kelembagaan Santripreneur Di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Pengasinan Depok. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 154-160.

https://kinantiarin.wordpress.com/etika-profesi-akuntan/

https://www.maxmanroe.com/vid/karir/etika-profesi.html

IAI. 2016 Kode Etika Akuntan Profesional. Jakarta : Komite Etik Akuntansi Indonesia.

IAI. 2019. Anggota IAI: Identitas profesionalisme Akuntan Indonesia. In I. A. Indonesia (Ed.). Jakarta : Ikatan Akuntan Indonesia.

IAPI. 2018. Kode Etik Profesi Akuntan publik (Edisi 2018) Jakarta : Insitut Ikatan Publik Indonesia.

Ikatan Akuntan Indonesia. Kode Etik Akuntan Profesional. 2016.

Institut Akuntan Publik Indonesia. 2011. Kode Etik Profesi Akuntan Publik. Jakarta: Salemba Empat

Iqbal, Muhamad Iqbal, Susanto Susanto, and Moh Sutoro. "Functionalization of E-Court System in Eradicating Judicial Corruption at The Level of Administrative Management." Jurnal Dinamika Hukum 19.2 (2019): 370-388

Iqbal, Muhamad. "Efektifitas Hukum Dan Upaya Menangkal Hoax Sebagai Konsekuesni Negatif Perkembangan Interkasi Manusia." Literasi Hukum 3.2 (2019): 1-9.

Keraf, A. S. 1998. Etika Bisnis (Tuntutan dan Relevansinya. Yogyakarta: Kanisius.

Khalimi, K., & Susanto, S. (2017). Kedudukan Akuntan Publik Untuk Melakukan Audit Investigatif Terhadap Kekayaan Badan Usaha Milik Negara (Bumn) Persero Dalam Rangka Menghitung Kerugian Negara. Jurnal Hukum Staatrechts, 1(1).

Koerniawan, Koenta Adji. 2013. Etika Profesi Dalam Problematika Di Era Competitif Menurut Sisi Pandang Akuntan Publik. Modernisasi, Volume 9, Nomor 1, Februari 2013

Meidawati, Neni. 2001. Meningkatkan Akuntabilitas Auditor Independen Melalui Standar Profesional. Jurnal. Media Akuntansi.

Moleong, L. J. 2010. Metodelogi Penelitian Kulaitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sabrina, Rr. K. dan Indira Januarti. 2011. Pengaruh Pengalaman, Keahlian, Situasi Audit, Etika dan Gender terhadap Ketepatan Pemberian Opini Auditor Melalui Skeptisisme Profesional Auditor (Studi Kasus Pada KAP Big Four di Jakarta). Universitas Diponegoro.

Sahroni, S., Susanto, S., Sutoro, M., Mukrodi, M., & Apriansyah, M. (2020). Penumbuhan Wirausaha Baru Pada Majelis Da’wah Al’adni. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Suraida, Ida. 2005. Pengaruh Etika, Kompetensi, Pengalaman Audit dan Risiko Audit terhadap Skeptisisme. Sosiohumaniora, Vol. 7, No. 3

Susanto, S., & Iqbal, M. (2020, February). Dinamika Penegakan Hukum Pada Konteks Keterbukaan Informasi Keuangan Partai Politik. In Proseding Seminar Nasional Akuntansi (Vol. 2, No. 1).

Widaryanti. 2007. Etika Bisnis Dan Etika Profesi Akuntan. Business Ethics and

Wurangian, H. 2019. Profesionalisme Akuntan Public Dalam Presepektif Praktisis Akuntan (2) / Interviewer : I. A. G. Saputra. Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universtas Airlangga , Surabaya

Downloads

Published

2021-03-03