SOSIALISASI PROSES PEMOTONGAN BAHAN BAKU KERIPIK DENGAN PENERAPAN TEKNOLOGI SEDERHANA UNTUK PEMBEKALAN WIRAUSAHA DI PESANTREN YPI HIDAYATUL MUBTADIIN

Authors

  • Yudi Maulana Dosen Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang
  • Wakit Ahmad Fahrudin Dosen Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang
  • Khasbunalloh Khasbunalloh Dosen Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang

Abstract

Didesa Munjul kecamatan Munjul kabupaten Pandeglang berdiri Pesantren Hidayatul Mubtadiien yang berada di kp Ciakar merupakan salah satu pesantren yang telah menerapkan sistem pembekalan usaha kecil menengah kepada santrinya. Salah satu dalam pembekalan minat sebagai pelaku usaha kecil menengah adalah dengan melihat potensi bahan baku yang mudah didapatkan adalah keripik singkong dan keripik pisang. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan unutk sosialisasi proses pemotongan bahan baku keripik dengan menggunakan teknologi alat potong yang berbentuk lingkaran dilengkapi dengan 4 pisau potong sehingga dapat menghasilkan jumlah produksinya lebih banyak dan lebih cepat. Hasil dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat adalah dengan adanya teknologi sederhana yang digunakan pembekalan kepada santri dipesantren YPI Hidayatul Mubtadiien adalah dengan mempraktekan alat potong bahan baku keripik secara bergantian dari beberapa santri dan cara mengoperasikanya dari meletakan bahan baku keripik sampai setelan dari ketebalan yang diinginkan keripik yang akan dibuat. Akhir dari pengabdian ini adalah penyerahan alat potong dengan teknologi sederhana yang dapat dikembangkan dan digunakan dalam pembekalan kreatifitas santri untuk menjadi pelaku usaha kecil menengah.

Kata kunci : Keripik, Teknologi, UKM

References

Fahrudin, Wakhit Ahmad. "Rancangan Desain Produk Rak Pot Bunga Dengan Pendekatan 7 Langkah Nigel Cross." Teknologi: Jurnal Ilmiah Dan Teknologi 2, No. 2 (2020): 97-111.

Maddinsyah, A., Fauzi, I., & Barsah, A. (2019). Peran Teknologi Dalam Mengembangkan Potensi Diri Bagi Santri Di Yayasan Pembangunan Masyarakat Sejahtera Kelurahan Kedaung Pamulang Tangerang Selatam-Banten. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 259-266.

Mukti, G. W. (2017). Peningkatan Nilai Tambah Limbah Kulit Mangga Melalui Pelatihan Pembuatan Keripik Dan Manisan Kulit Mangga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3).

Muhady, H. (2012). Perbaikan Alat Pemotong Singkong Ergonomis Pada Perajin Kripik Singkong Tradisional (Studi Kasus pada Industri Tradisional Pemotong singkong Di Desa Berbah Sleman, Yogyakarta) (Doctoral dissertation, UPN" Veteran" Yogyakarta).

Najamudin, N. (2018). Penyuluhan Mesin Pemotong Singkong Untuk Meningkatkan Produksi Pembuatan Keripik, Di Desa Wirabangun Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Dati II Mesuji. Pengabdian Kepada Masyarakat.

Iqbal, Muhamad Iqbal, Susanto Susanto, and Moh Sutoro. "Functionalization of E-Court System in Eradicating Judicial Corruption at The Level of Administrative Management." Jurnal Dinamika Hukum 19.2 (2019): 370-388.

Iqbal, Muhamad. "Efektifitas Hukum Dan Upaya Menangkal Hoax Sebagai Konsekuesni Negatif Perkembangan Interkasi Manusia." Literasi Hukum 3.2 (2019): 1-9.

Iqbal, Muhamad. "Perkembangan kejahatan dalam upaya penegakan hukum pidana: Penanggulangan kejahatan profesional perdagangan organ tubuh manusia." PROCEEDINGS UNIVERSITAS PAMULANG 2.1 (2017).

Susanto, Muhamad Iqbal. "Kedudukan Hukum People Power dan Relevansinya dengan Hak Kebebasan Berpendapat di Indonesia." Volksgeist: Jurnal Ilmu Hukum dan Konstitusi 2.2 (2019): 225-237.

Susanto, Muhamad Iqbal, and Wawan Supriyatna. "Creating an Efficient Justice System with E-Court System in State Court and Religious Court of Rights." International Journal of Arts and Social Science 3.3 (2020): 354-361.

Suyanto, M. A. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Desa Topi Biau Melalui Pelatihan Pembuatan Keripik Pisang. Insan Cita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Sriningsih, E., Ellyanto, A. H. K., Widharni, S., & Putri, P. K. (2020). Perbaikan Teknologi Alat Pemotong Singkong Dan Sistim Pembukuan Dalam Rangka Meningkatkan Omset Penjualan Sriping Singkong Dan Kacang Goreng Pada Usaha “Sari Rasa†Di Desa Wlahar Wetan Kecamatan Kalibagor. Prosiding, 9(1).

Triyono, A., & Saputra, R. M. I. (2020). Pelatihan Pembuatan Keripik Jamur Tiram Krispy Di Desa Petaling Jaya Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu. Values: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 29-38.

Widyanti, A. A., Nevita, A. P., & Munawi, H. A. (2020, September). Perancangan Alat Pemotong Singkong Otomatis. In Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) (Vol. 4, No. 2, pp. 173-177).

Yuniarti, R., Azlia, W., & Sari, R. A. (2015). Penerapan sistem Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) pada proses pembuatan keripik tempe. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 14(1), 86-95.

Downloads

Published

2021-03-03