Pelatihan Mengenai Ilmu Komputer Tingkat Dasar di SD Negeri 6 Klablim Kota Sorong dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i1.32339Keywords:
Microsoft Word, Perangkat Lunak, Revolusi Industri, Penguasaan Dasar KomputerAbstract
Salah satu aspek penting dalam persiapan anak-anak sekolah dasar menghadapi revolusi industri 4.0 adalah penguasaan dasar komputer dan penggunaan perangkat lunak, terutama Microsoft Office. Namun, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan keterbatasan di tingkat ini. Faktor meliputi keterbatasan dana, fasilitas, dan tenaga pengajar dalam mengajar penggunaan teknologi informasi. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu mengatasi keterbatasan akses dan pelatihan yang ada.Metode yang digunakan dalam memberikan pengenalan dan pelatihan pengoperasian Microsoft Word adalah ceramah dan praktek. peserta diberikan materi dan penjelasan mengenai fungsi-fungsi yang ada dalam Microsoft Word. peserta diberi kesempatan untuk mempraktikkannya didampingi mahasiswa. Tujuan dari praktek ini adalah agar peserta dapat memahami dan mengoperasikan Microsoft Word. diharapkan peserta akan lulus dalam ujian berbasis komputer yang akan diadakan oleh sekolah. Secara keseluruhan, pelatihan ini berjalan dengan baik dan berhasil mencapai tujuannya, meskipun terdapat kendala. Penyelenggara hanya mampu menyediakan sejumlah laptop terbatas bagi peserta, sehingga harus membentuk kelompok kecil untuk memastikan bahwa materi dan praktik penggunaan Microsoft Word dapat berjalan dengan lancar. Para peserta juga aktif bertanya dan berinteraksi dengan fasilitator, menunjukkan rasa ingin tahu dan keinginan untuk memahami dengan baik. Harapan kami adalah peserta didik yang telah mengikuti pelatihan ini dapat melanjutkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh kepada teman-teman sebaya yang belum memiliki pemahaman yang sama atau tidak mengikuti pelatihan ini. Dengan cara ini, pengetahuan dan keterampilan dalam pengoperasian komputer dapat lebih luas disebarkan dan memberikan manfaat kepada lebih banyak orang.
References
Bintang, N., Andros, O., Azis, S., Gerry, S., Muhamad, R., Muhammad Fikri, A., Rayyan, N., Saeful, H., Nabil, S., & Iqbal Azhari, I. (2022). Pelatihan Microsoft Word Pada Siswa-. 1(2), 264–267.
Fitriani, I., Syuhardi, Y. Indrawati, Ekasari, M. H., & Kosdiana, K. (2022). Pelatihan Ketrampilan Dasar Microsoft Office Pada Anak-Anak Yatim Dan Dhuafa. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 30–33. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3399
Fitriyani Tella, M. R. (2023). Pelatihan Microsoft Word Pada Panti Asuhan Al- Amin Muhammadiyah (Putri) Kota Sorong. Artikel Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 368-374.
Khoiriswanto, M. H., Agustino, D., Sartika, D., Saputra, D. H., Andreansyah, R., Gulo, S., Suwarno, J., Pamulang, U., Selatan, K. T., & Code, P. (2022). Pendidikan Dan Pelatihan Ms Office Di Mts Islamiyah. 1(2), 240–243.
Kontesa, R., & Rasman. (2022). Pelatihan Aplikasi Microsoft Office Word Pada Sdn 88 Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata, 336–340. http://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA
Putra, D., Bendanu, E., Kosasih, A., Audina, M., Putri, A., Karisma, N., Kurnia, A., Utomo, U. P., Wibowo, B., Perdana, W., Febrian, M. A., Informatika, T., Pamulang, U., & Selatan, T. (2022). Sosialisasi Dan Pelatihan Perangkat Lunak Microsoft. 1(2), 29–34.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).