Pelatihan Pembukuan dan Penyusunan Laporan Keuangan pada Karyawan Administrasi Umsmart Sorong

Authors

  • Bekti Wiji Lestari Universitas Muhammadiyah Sorong, Kota Sorong, Indonesia
  • Mitta Muthia Wangsi Universitas Muhammadiyah Sorong, Kota Sorong, Indonesia
  • Wisang Candra Bintari Universitas Muhammadiyah Sorong, Kota Sorong, Indonesia
  • Nurhani Nurhani Universitas Muhammadiyah Sorong, Kota Sorong, Indonesia
  • Nugroho Prihandoko Universitas Muhammadiyah Sorong, Kota Sorong, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i2.37919

Keywords:

Pelatihan Pembukuan, Laporan Keuangan, Unit Bisnis Perguruan Tinggi, UMSMart

Abstract

UMSMart merupakan salah satu unit usaha bisnis non akademik Universitas Muhammadiyah Sorong yang bergerak dibidang perdagangan makanan dan minuman. Pelatihan pembukuan dan penyusunan laporan keuangan pada staf administrasi UMSMart bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman terkait penyusunan laporan keuangan yang baik dan sesuai dengan standar akuntansi Indonesia. Metode pelaksanaan dalam program ini antara lain penyampaian materi tentang konsep dasar pembukuan dan penyusunan laporan keuangan, pencatatan pembukuan sesuai dengan kode akun, pencatatan dan laporan keuangan sederhana, serta pendampingan perbaikan pencatatan dan penyusunan laporan keuangan menggunakan Microsoft excel. Pelatihan pembukuan dan penyusunan laporan keuangan ini menyasar kepada staf administrasi UMSMart yang memegang peranan penting dalam pelaporan kinerja keuangan UMSMart. Hasil dari program ini yaitu penyusunan laporan keuangan UMSMart yang lebih rapi, baik dan mudah memberikan informasi secara jelas. Disimpulkan  bahwa program pelatihan pembukuan dan penyusunan laporan keuangan ini terlaksana dengan baik dan telah mencapai tujuan sesuai dengan yang ditentukan di awal program.

References

Harventy, Gina, Achmad Syaiful, and Hidayat Anwar. 2021. “Jurnal Abdiraja Pelatihan Dan Pendampingan Penyusunan Pelaporan Keuangan Panti Asuhan Putri Aisiyah Kota Malang.†4(2).

Haryanti, Agustin Dwi, and Thoufan Nur. 2020. “Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Himawari Handmade Panti Asuhan Muhammadiyah Putri Ulil Abshar.†Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu) 1(1).

Kusuma, Said Iwan, Septian Bagus Pambudi, and Aziz Wahyu Suprayitno. 2019. “Standar Biaya Dan Kinerja: Pengaruh Sbkk Terhadap Efisiensi Anggaran K/L.†Jurnal Anggaran dan Keuangan Negara Indonesia (Akurasi) 1(1): 20.

Manurung Ferdi Rodman. 2022. “Analisis Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Perusahaan.†Analisis Laporan Keuangan: 1–123.

“Permendikbud Nomor 10 Tahun 2021.â€

Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Presiden Republik Indonesia.

Shinta, Devi, Nur Isnaeni, and Sri Utami. 2023. “Perbaikan Pembukuan Dan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Lembaga Pos PAUD Kenanga Kapanewon Nanggulan.†Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(1): 48. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Rengganis/index.

Undang-Undang Republik Indonesia. 2009. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia,.†Nomor 43 Tahun 2009 1: 1–86. https://peraturan.go.id/common/dokumen/ln/2009/uu0442009.pdf.

Downloads

Published

2024-01-15

Issue

Section

Articles