HAMBATAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM MATA KULIAH KALKULUS DIFERENSIAL

Authors

  • Ade Mirza Universitas Tanjungpura
  • Isnurani Isnurani, M.Pd. Universitas Pamulang
  • Rustam Rustam Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.32493/jsmu.v5i1.24057

Keywords:

Hambatan belajar, Diferensial, Kesulitan belajar

Abstract

Penelitian ini akan mengkaji secara mendalam mengenai: a) apa saja jenis kesulitan yang dialami mahasiswa dalam mempelajari materi yang tercakup dalam mata kuliah kalkulus diferensial, b)          apa saja hambatan belajar mahasiswa dalam menyelesaikan soal yang tercakup dalam mata kuliah kalkulus diferensial.

            Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengeksplorasi bentuk kesulitan dan hambatan belajar mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan kalkulus diferensial pada program studi pendidikan matematika di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura.

            Melalui hasil penelitian ini diharapkan dapat diketahui jenis-jenis kesulitan dan hambatan belajar mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan kalkulus diferensial. Selanjutnya, temuan ini dapat dijadikan sebagai bahan kajian untuk digunakan dalam  menyusun rancangan pembelajaran (desain didaktik) yang lebih efektif untuk meningkatkan kualitas perkuliahan kalkulus diferensial.

Author Biography

Isnurani Isnurani, M.Pd., Universitas Pamulang

Isnurani bekerja di Program Studi Matematika FMIPA Universitas Pamulang

References

Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Brousseau, G. (2002). Theory of Didactical Situations in Mathematics. (Balacheff, N. M., Cooper, R. Sutherland, & V. Warfield, Eds.) (1st ed., Vol. 19). Dordrecht: Kluwer Academic Publishers. https://doi.org/10.1007/0- 306-47211-2

Cornu, B. (1991) 'Limits'. In Tall, D (ed.), Advanced mathematical thinking. Dordrecht, The Netherlands: Kluwer Academic Publishers, pp 153-166.

Depdikbud (1982). Diagnostik Kesulitan Belajar dan Pengajaran Remidial. Jakarta : Depdikbud.

Hadar, N.M., Zaslovsky, O., dan Inbar S. (1987). An Empirical Clasification Model for Error in Hight School Mathematics. Journal for Research and Mathematics Education. 18 (1).

Hudoyo, Herman. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Kieran, C. (1985). Constructing meaning for Equations and equation-solving, In A. Bell., B. Low & J. Kilpatrick (Eds.). Theory, Research & Practice in Mathematical Education, 243-248, University of Nottingham, UK: Shell Center for Mathematical Education.

Kieran, C. (1997). Mathematical concepts at the secondary school level: The learning of algebra and functions. In Nunes T., Bryan P., (Eds.). Learning and Teaching Mathematics; An International Perspective. Psychology Press, 133-162.

Kuchemann, D.E. (1981). Algebra. In K. Hart (Ed.). Children’s Understanding of Mathematics, 102-119. London: Murray.

Margiyono, Iis., Mampouw, Helti Lygia (2011) . Deskripsi Pedagogical Content Knowledge Guru Pada Bahasan Tentang Bilangan Rasional, Proceeding. International Seminar and the Fourth National Conference on Mathematics Education. Department of Mathematics Education, Yogyakarta State University, Yogyakarta, July 21-23 2011.

Mirza, Ade. (2018). Analisis Kesalahan Yang Dibuat Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Untan Pada Materi Pertidakssamaan Yang Melibatkan Harga Mutlak Dan Limit Fungsi. Laporan Penelitian. Pontianak: FKIP Universitas Tanjungpura.

Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : Remaja Rosdakarya.

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM

OECD (2005). The definition and selection of key competencies: Executive Summary. Retrieved 31 December, 2015 from http://www.oecd.org/pisa/35070367.pdf

Purcell, E.J., Varberg, Dale (1991) Kalkulus dan Geometri Analitis. Edisi Keempat. Alih bahasa Oleh : I Nyoman Susila, Bana Kartasasmita, dan Rawuh. Jakarta : Erlangga

Schneider, D.J. (1999). The Belief Machine. In English, 1999. Mathematical Thinking and Learning. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Pubhlisher.

Sfard, A. & Linchevsky, L. (1994). The gains and the pitfalls of reification. The case of algebra. Educational Studies in Mathematics, 26, 191-228.

Sternberg, R.J., Roediger, H.L., dan Halpren, D.F. (2007). Critical Thinking in Psychology. Cambridge: University Press.

Tall, D. & Thomas, M. (1991). Encouraging versatile thingking in algebra using the computer. Educational Studies in Mathematics, 22 II, 125-147.

Toh P. Choon & Kaur, B. (2016). Developing 21st Century Competencies In The Mathematics Classroom. Yearbook 2016, Association of Mathematics Educators. Singapore: World Scientific Publishing Co. Pte. Ltd.

Zhang, B. 2003. Using student centered teaching strategis in calculus. In M. Peat (ed.) The China Papers: Tertiary Science and Mathematics Teaching for the 21st Century, 2: 100-103

Zhou Yuan, 2002. Improving the qualities of teaching calculus - by modern education theories and modern technology, In M. Peat (ed.) The China Papers: Tertiary Science and Mathematics Teaching for the 21st Century, 1: 23-27.

Published

2022-09-01

Issue

Section

Articles