Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Paparan’s Café Tangerang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Promosi dan Harga secara parsial maupun simultan terhadap Keputusan Pembelian pada Paparan’s Café Tangerang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen Paparan’s Café Tangerang. Sampel yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini berjumlah 93 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer yang diambil adalah hasil kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Promosi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dimana diperoleh nilai t hitung > t tabel atau (8,463 > 1,986) dan diperkuat dengan nilai Ï value < Sig.0,05 atau (0,000 < 0,05). Harga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dimana diperoleh nilai t hitung > t tabel atau (2,088 > 1,986) dan diperkuat dengan nilai Ï value < Sig.0,05 atau (0,040 < 0,05). Promosi dan harga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dimana diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (117,667 > 3,098), hal ini juga diperkuat dengan Ï value < Sig.0,05 atau (0,000 < 0,05).
Kata kunci: Manajemen, Pemasaran, Promosi, Harga, Keputusan Pembelian
References
Akbar, M., F. & Haryoko, U., B. (2020). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Alfamart Cabang Cikokol Tangerang. (Jurnal Ekonomi Efektif, Vol 2, No 2, 2020, Halaman: 280-286) ISSN: 2622 – 8882
Aksan, H. (2014). Seri Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa (4). Bandung: Nuansa Cendekia
Algifari (2015). Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE.
Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Ekowati, S & Finthariasari, M. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Eleven Cafe Bengkulu. (Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen & Ekonomi Islam (JAM-EKIS) VOL 3, NO. 1, 2020, Halaman: 108-124) ISSN: 2655-6359
Fayol, H. (2011). Manajemen Public Relations. Jakarta: PT Elex Media.
Ghozali, I (2017). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.
Gitosudarmo, I. (2012). Manajemen Pemasaran. edisi kedua, cetakan kedua. Penerbit: BPFE – Yogyakarta.
Gulick, L. (2011). Notes on the Theory of Organization Classics of Organization Theory, California: Brooks/Cole Publishing Company Pacific Grove.
Hasibuan, S. P. M. (2012). Manajeman Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Handoko, T. H. (2011). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Penerbit BPFE.
Jannah, M. & Ariyanto, A. (2021). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada CV. New Hunteria Depok. (Jurnal HUMANSI, Vol 4, No 2, 2021, Halaman 58-69) ISSN: 2623-1069
Kotler & Armstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran 2. (edisi12). Jakarta: Erlangga.
Kotler & Keller. (2013). Marketing Managemen. (edisi 14). Global edition: Pearson Education.
Kotler, Philip and Armstrong, G. (2014). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kurnianingsih, W & Sugiyanto (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Nestle. Indonesia (Proceeding Universitas Pamulang, Vol.1, No 1, 2019, Halaman 510 - 524) ISSN: xxxx-xxxx
Mutmainnah (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Sarana Multigriya Lestari. (Jurnal FEASIBLE, Vo2 1, No 2, 2020, Halaman 83-94) ISSN: 2655-9811
Noviyanti, I., Hayati, F. A. & Saputra, R. (2019). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Story-I Mall Alam Sutera. (Jurnal Mandiri, Vol 3, No 2, 2019, Halaman 230-243) ISSN: 2580-3220
Nurfitriyenni (2018). Pengaruh Promosi dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Cafe Tabik di Bukittinggi. (Jurnal Sosial dan Ilmu Ekonomi Vol. 2, No. 2, 2018, Halaman 115-123) ISSN: 2654-6302
Santoso, S. (2018). Menguasai Statistik Multivariat. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Setiawan, B. A. & Muhith. (2013). Transformational Leadership Ilustrasi di banding Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Simanjuntak, P. J. (2011). Manajemen & Evaluasi Kinerja. Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Solihin, D. & Wibawanto, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan (Jurnal Pemasaran Kompetitif, Vol 3, No 3, 2020, Halaman: 30-36) ISSN: 2598-0823
Stoner, James A.F. (2012). Manajemen. Jilid I. Edisi Kedelapan. Jakarta: Salemba Empat.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI
Sudjana (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarta.
Sugiyono (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Swastha, B & Irawan. (2012). Manajemen Pemasaran Modern. Cet. Ke-13. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta
Tjiptono, F. (2011). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.
________. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Yogyakarta: Andi Offset.
Widodo, A., S. & Wardani, S. (2020). Pengaruh Promosi Dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cendo. (Jurnal Pemasaran Kompetitif, Vol 3, No 2, 2020, Halaman: 62-67) ISSN: 2598-0823
Widodo, S., Efendi, C. & Kusjono, G. (2021). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kalkulator Merek Casio Pada Toko Citra Pasar Senen di Jakarta Pusat. (Jurnal Ilmiah FEASIBLE, Vol 3, No 1, 2021, Hal: 62-69) ISSN:2655-9811
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).