Dampak Sistem Informasi Manajemen Terhadap Efektifitas Kerja Pegawai Pada Rumah Sakit Syarif Hidayatullah
Abstract
Sistem Informasi Manajemen adalah suatu kegiatan pengolahan data menjadi informasi dengan atau tanpa menggunakan komputer dimana informasi yang dihasilkan akan memberikan akses untuk pengambilan keputusan. Sistem Informasi Manajemen sebagai metode formal penyediaan informasi yang tepat waktu dan akurat kepada manajemen diperlukaan waktu untuk memudahkan proses pengambilan fungsi perencanaan, pengendalian, dan pengoperasian secara efektif. Sistem menyediakan informasi tentang proyeksi masa lalu, sekarang, dan masa depan serta mengetahui peristiwa yang terjadi di dalam dan di luar organisasi.
Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Syarif Hidayatullah. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang berdasarkan rumus perhitungan Uji Hipotesis. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dimana responden diukur dengan menggunakan skala Likert yaitu pemberian nilai numerik dimana setiap skor yang diperoleh akan memiliki taraf pengukuran ordinal. Nilai numerik dianggap sebagai objek kemudian melalui proses transformasi yang ditempatkan ke dalam interval. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis diketahui sistem informasi manajemen berpengaruh positif terhadap efektivitas kerja pegawai Rumah Sakit Syarif Hidayatullah sebesar 0.528 atau 52.8 % sedangkan 47,2 % dipengaruhi oleh faktor lain. Dalam tabel, menunjukan bahwa t hitung > t tabel yaitu 9.000 > 1.697 sehingga disimpulkan secara parsial sistem informasi manajemen memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap efektivitas kerja pada Rumah Sakit Syarif Hidayatullah. Temuan dari penelitian ini adalah sistem informasi manajemen yang tersedia sudah baik, efektivitas pegawai sudah bekerja dengan baik, artinya ada pengaruh yang signifikan antara sistem informasi manajemen dengan efektivitas kerja.
Kata Kunci : Sistem Informasi Manajemen, Efektivitas Kinerja Karyawan
References
Darsono & Siswandoko, Tjatjuk. (2011). Sumber Daya Manusia Abad 21. Nusantara Consulting: Jakarta.
Davis, George B. 1995. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bag 1. Terjemahan: Hamalik. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo.
Hapzi Ali,Tonny Wangdra. (2010). Sistem informasi bisnis, Baduose Media: Yogyakarta Riduwan. (2010). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta
Hasan, M. Iqbal. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Ghalia Indonesia: Bogor
Mariana, Novita. 2006. Pengukur-pengukur Kesuksesan Sistem Informasi Eksekutif. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume XI.
Moekijat (2009). Administrasi Kepegawaian Negara Indonesia. Indonesia : Mandar Maju.
Sekaran, Uma. (2002), Research Methods For Business, University at Corbandale
Siagian, Sondang P. 1994. Pengembangan Sumber Daya Insani. Jakarta: Gunung Agung.
Sinambela, Lijan Poltak, 2006, Reformasi Pelayanan Publik (Teori, Kebijakan, dan Implementasi), Bumi Aksara, Jakarta
Yakub. (2012). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).