Pengaruh Return On Asset terhadap Nilai Perusahaan Studi Empiris Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022

Authors

  • Fanny Adinda Putri Universitas Pamulang
  • Meili Bugis Universitas Pamulang
  • Latif Latif Universitas Pamulang

Abstract

Penelitian ini (analisis empiris pada sektor usaha produk konsumen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018–2022) bertujuan untuk mengetahui pengaruh return on assets terhadap nilai perusahaan. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, sampel penelitian terdiri dari 17 usaha yang memenuhi persyaratan penelitian. Bursa Efek Indonesia menyediakan data penelitian ini. Analisis regresi data panel menggunakan Eviews adalah metodologi yang digunakan.

Hasil pengujian hipotesis berikut ini berdasarkan temuan studi empiris pada sektor usaha produk konsumen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018–2022 yang menguji pengaruh Return On Assets terhadap nilai perusahaan: Menurut Berdasarkan kajian empiris, sektor usaha produk konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018–2022 mempunyai pengaruh yang baik dan signifikan terhadap Return On Assets. ditunjukkan dengan nilai yang menampilkan hasil t-hitung sebesar 2,5627. Hipotesis keempat yaitu statistik profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan diterima karena thitung > ttabel (2.562704 > 1.6643), dan H0 ditolak. Tingkat signifikansi (p-value) = 0,0128 karena pengujiannya bersifat satu arah. Nilai probabilitas tersebut dibagi dua sehingga diperoleh nilai probabilitas 0.0064 < 0.05.

Dengan koefisien sebesar 4,3663 untuk profitabilitas, hubungan tersebut bersifat positif yang menunjukkan bahwa semakin besar nilai profitabilitas maka akan menghasilkan nilai perusahaan yang semakin tinggi. Nilai perusahaan akan naik sebesar 4,3663 satuan setiap kenaikan profitabilitas satu satuan.

Kata Kunci : Return On Asset, Profitabilitas, Nilai Perusahaan

Downloads

Published

2024-05-28