Langkah-Langkah Perencanaan Masa Orientasi Dan Peningkatan Kompetensi Bagi Pegawai Secara Tepat Berdasarkan Model Pelatihan Dalam Jabatan (Inservice Training) Dengan Pendekatan Andragogi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi langkah-langkah perencanaan yang tepat untuk orientasi dan peningkatan kompetensi pegawai berdasarkan model pelatihan dalam jabatan dengan pendekatan andragogi. Pendekatan andragogi mempertimbangkan karakteristik pembelajaran orang dewasa, yang memungkinkan pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam konteks tempat kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan literatur dan analisis terhadap berbagai model pelatihan dalam jabatan yang diterapkan di berbagai organisasi. Temuan menyoroti langkah-langkah kunci dalam perencanaan orientasi dan peningkatan kompetensi, termasuk identifikasi kebutuhan pelatihan, pengembangan kurikulum yang relevan, penyusunan strategi pengajaran interaktif, dan evaluasi yang berkelanjutan. Implikasi praktis dari penelitian ini melibatkan pengembangan pedoman perencanaan untuk membantu organisasi merancang dan melaksanakan program pelatihan dalam jabatan yang efektif dan relevan bagi pengembangan pegawai.
Keywords : Pelatihan dalam jabatan, Pendekatan andragogi, Peningkatan kompetensi pegawai, Perencanaan program pelatihan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).