Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada PT. Gratia Prima Indonesia (Books & Beyond) Pada divisi Corporate Sales)

Authors

  • Mesakh Mesakh Universitas Pamulang
  • Ade Ridwan Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/karir.v3i2.44783

Keywords:

harga, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen, loyalitas konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh harga, kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dan implikasinya terhadap loyalitas konsumen di PT.Gratia Prima Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, validitas dan reliabilitas,analisis deskriptif dan verifikatif, uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana dan berganda.uji parsial t, uji simultan F dan koefesien determinasi. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden.

        Hasil penelitian sebagai berikut: Harga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, hal ini dapat ditunjukan oleh nilai koefesien regresi sederhana sebesar 0,515 dan nilai t hitang 6,600>t tabel 1,984 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 artinya Ho ditolak H, diterima dengan nilai koefesien determinan sebesar 0,308 artinya bahwa harga memberikan kontribusi terhadap kepuasan konsumen sebesar 30,8% sedangkan 69,2% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kualitas pelayanan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, hal ini dapat ditunjukan oleh nilai koefesien regresi sederhana sebesar 0,233 dan nilai t hitung 4,307>t tabel 1,984 dengan taraf signifikan 0,000 <0,05 artinya Ho ditolak H, diterima dengan nilai koefesien determinan sebesar 0,159 artinya bahwa kualitas pelayanan memberikan kontribusi terhadap kepuasan konsumen sebesar 15,9% sedangkan 84,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini .Kepuasan konsumen terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, hal ini dapat ditunjukan oleh nilai koefesien regresi sederhana sebesar 0,852 dan nilai t nitung 13,358> t tabel 1,984 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 artinya Hø ditolak H, diterima dengan nilai koefesien determinan sebesar 0,645 artinya bahwa harga memberikan kontribusi terhadap kepuasan konsumen sebesar 64,5% sedangkan 35,5% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara bersama-sama terdapat pengaruh positif dan signifikan harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen hal ini dapat ditunjukan oleh F hitung 21,561 > F uabel 3,090 artinya Ho ditolak H1 diterima dan nilai koefesien determinan sebesar 0,308 yang artinya harga dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berkontribusi sebesar 30,8% sedangkan 69,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci : harga, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen, loyalitas konsumen

References

Ann Majchizak. (1981). Method for policy research. London: Sage Publication, Beverly Hills

Best, John W; Kahn James V (2010); Research in Education; PHI Learning Private Limited;New Delhi

Bhattacharya,Johnson, Stasticsl Concept and Method, John Wiley and Sons Inc, 1983

Burke Johnson,Larry Cristensen (2008),EducationalResearch: Quantitative, Qualitative and mixed approach,Sage Publications

Carnegie, Dale. 2010. How to Win Friends and Influence People. Mason:Thomson Business and Economies.

Champion Dean,J.(1981),Basic Statistic for Social Research, McMillan Publishing Co.Inc

Chisnall; Peter M (1992); Marketing Research;Fourth Edition; The McGra-Hill Marketing Series

Conover, W.J, (1980) Practical Nonparametric Statistic, New York: John Wiley & Son

Dona M. Mertens (2010); Research and Evaluation in Education in Education and Psychology;Integrating Diversity With Quantitative, and Mixed Methods;Sage Publications

Freddy Rangkuti,2009,Strategi Promosi yang Kreatif,Jakarta; PT Gramedia Pustaka Utama

Freddy Rangkuti,2009,Mengukur Efektivitas Program Promosi, Jakarta;PT Gramedia Pustaka Utama

Freddy Rangkuti, 2010, Analisis SWOT; teknik membedah kasus bisnis Cetakan 16, Jakarta; PT Gramedia Pustaka Utama

Freddy Rangkuti, 2006, Riset Pemasaran, Cetakan 8, Jakarta; PT Gramedia Pustaka Utama

Freddy Rangkuti,2007,Business Plan, Cetakan 8 Jakarta; PT Gramedia Pustaka Utama

Freddy Rangkuti,2005,Creating Effective Marketing Plan, Cetakan 3 Jakarta; PT Gramedia Pustaka Utama

Freddy Rangkuti, 2008,The Power of Brand,Cetakan 4 Jakarta; PT Gramedia Pustaka Utama

Ghozali,Imam,2002, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS,Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang Gideon Sjoberg;Roger Nett (2009);A

Methodology for Social Research;Rawat Publication,New Delhi Kotler, Phílip. (2009). Manajemen Pemasaran,Edisi 13.Jakarta;Erlangga

Lind,Douglas A, el all; Basic Statistic for Business and Economics;Fifth Edition; McGRAWHill,2006

Marilyn Lichtman (2010); Qualitative Research in Educatin; Sage Publications

Nazir,Metode Penelitian, 2005, Jakarta: Ghaila Indonesia

Ram Ahuja (2009); Research Methods; Rawat Publication; New Delhi

Saleh,Samsubar(1999), Statistik Terapan Untuk Bisnis dan Ekonomi, BPFE,Yogyakarta

Sangadji, Etta MM & Sopiah, Perilaku Konsumen, Penerbit Andi, Jakarta

Santoso,Singgih (2002),SPSS Versi 10-Mengolah Data Statistik Secara Profesional, Elek Media Komputindo,Jakarta

Santoso,Singgih(2006),Menggunakan SPSS Untuk Statistik Parametik,Elek Media Komputindo,Jakarta

Santoso, Singgih (2006), Menggunakan SPSS Untuk Statistik Non Parametik,Elek Media Komputindo,Jakarta

Santoso,Singgih & Tjiptono (2001), Riset Pemasaran Konsep Dan Aplikasi Dengan SPSS, Elek Media Komputindo, Jaarta

Sudoman,S. & Blair,E.(1998), Marketing Research: A Problem-Solving Approach. Boston: McGraw-Hill

Sujarweni,V.W. SPSS untuk penelitian. 2015. Pustaka Baru Press.Yogyakarta

Sugiyono.Metode Penelitian Bisnis.2005.Bandung:Alfabeta

Sugiyono.Metode Penelitian Bisnis.2010.Bandung:Alfabeta

Sugiyono,Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifserta R&D. 2011. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi. 2016. Bandung : Alfabeta

Tjiptono. (2009). Strategi Pemasaran. Yogyakarta:Andi

Tabachnick, B.G, Fedell, L.S (1996),Using Multivariate Statistics 3rd ed, Harper Collins College Publisher,New York. Haryono (2003)

Downloads

Published

2024-11-13