Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada PT. Gratia Prima Indonesia (Books & Beyond) Pada divisi Corporate Sales)
DOI:
https://doi.org/10.32493/karir.v3i2.44783Keywords:
harga, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen, loyalitas konsumenAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh harga, kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dan implikasinya terhadap loyalitas konsumen di PT.Gratia Prima Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, validitas dan reliabilitas,analisis deskriptif dan verifikatif, uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana dan berganda.uji parsial t, uji simultan F dan koefesien determinasi. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden.
Hasil penelitian sebagai berikut: Harga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, hal ini dapat ditunjukan oleh nilai koefesien regresi sederhana sebesar 0,515 dan nilai t hitang 6,600>t tabel 1,984 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 artinya Ho ditolak H, diterima dengan nilai koefesien determinan sebesar 0,308 artinya bahwa harga memberikan kontribusi terhadap kepuasan konsumen sebesar 30,8% sedangkan 69,2% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kualitas pelayanan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, hal ini dapat ditunjukan oleh nilai koefesien regresi sederhana sebesar 0,233 dan nilai t hitung 4,307>t tabel 1,984 dengan taraf signifikan 0,000 <0,05 artinya Ho ditolak H, diterima dengan nilai koefesien determinan sebesar 0,159 artinya bahwa kualitas pelayanan memberikan kontribusi terhadap kepuasan konsumen sebesar 15,9% sedangkan 84,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini .Kepuasan konsumen terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, hal ini dapat ditunjukan oleh nilai koefesien regresi sederhana sebesar 0,852 dan nilai t nitung 13,358> t tabel 1,984 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 artinya Hø ditolak H, diterima dengan nilai koefesien determinan sebesar 0,645 artinya bahwa harga memberikan kontribusi terhadap kepuasan konsumen sebesar 64,5% sedangkan 35,5% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara bersama-sama terdapat pengaruh positif dan signifikan harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen hal ini dapat ditunjukan oleh F hitung 21,561 > F uabel 3,090 artinya Ho ditolak H1 diterima dan nilai koefesien determinan sebesar 0,308 yang artinya harga dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berkontribusi sebesar 30,8% sedangkan 69,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : harga, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen, loyalitas konsumen
References
Ann Majchizak. (1981). Method for policy research. London: Sage Publication, Beverly Hills
Best, John W; Kahn James V (2010); Research in Education; PHI Learning Private Limited;New Delhi
Bhattacharya,Johnson, Stasticsl Concept and Method, John Wiley and Sons Inc, 1983
Burke Johnson,Larry Cristensen (2008),EducationalResearch: Quantitative, Qualitative and mixed approach,Sage Publications
Carnegie, Dale. 2010. How to Win Friends and Influence People. Mason:Thomson Business and Economies.
Champion Dean,J.(1981),Basic Statistic for Social Research, McMillan Publishing Co.Inc
Chisnall; Peter M (1992); Marketing Research;Fourth Edition; The McGra-Hill Marketing Series
Conover, W.J, (1980) Practical Nonparametric Statistic, New York: John Wiley & Son
Dona M. Mertens (2010); Research and Evaluation in Education in Education and Psychology;Integrating Diversity With Quantitative, and Mixed Methods;Sage Publications
Freddy Rangkuti,2009,Strategi Promosi yang Kreatif,Jakarta; PT Gramedia Pustaka Utama
Freddy Rangkuti,2009,Mengukur Efektivitas Program Promosi, Jakarta;PT Gramedia Pustaka Utama
Freddy Rangkuti, 2010, Analisis SWOT; teknik membedah kasus bisnis Cetakan 16, Jakarta; PT Gramedia Pustaka Utama
Freddy Rangkuti, 2006, Riset Pemasaran, Cetakan 8, Jakarta; PT Gramedia Pustaka Utama
Freddy Rangkuti,2007,Business Plan, Cetakan 8 Jakarta; PT Gramedia Pustaka Utama
Freddy Rangkuti,2005,Creating Effective Marketing Plan, Cetakan 3 Jakarta; PT Gramedia Pustaka Utama
Freddy Rangkuti, 2008,The Power of Brand,Cetakan 4 Jakarta; PT Gramedia Pustaka Utama
Ghozali,Imam,2002, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS,Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang Gideon Sjoberg;Roger Nett (2009);A
Methodology for Social Research;Rawat Publication,New Delhi Kotler, Phílip. (2009). Manajemen Pemasaran,Edisi 13.Jakarta;Erlangga
Lind,Douglas A, el all; Basic Statistic for Business and Economics;Fifth Edition; McGRAWHill,2006
Marilyn Lichtman (2010); Qualitative Research in Educatin; Sage Publications
Nazir,Metode Penelitian, 2005, Jakarta: Ghaila Indonesia
Ram Ahuja (2009); Research Methods; Rawat Publication; New Delhi
Saleh,Samsubar(1999), Statistik Terapan Untuk Bisnis dan Ekonomi, BPFE,Yogyakarta
Sangadji, Etta MM & Sopiah, Perilaku Konsumen, Penerbit Andi, Jakarta
Santoso,Singgih (2002),SPSS Versi 10-Mengolah Data Statistik Secara Profesional, Elek Media Komputindo,Jakarta
Santoso,Singgih(2006),Menggunakan SPSS Untuk Statistik Parametik,Elek Media Komputindo,Jakarta
Santoso, Singgih (2006), Menggunakan SPSS Untuk Statistik Non Parametik,Elek Media Komputindo,Jakarta
Santoso,Singgih & Tjiptono (2001), Riset Pemasaran Konsep Dan Aplikasi Dengan SPSS, Elek Media Komputindo, Jaarta
Sudoman,S. & Blair,E.(1998), Marketing Research: A Problem-Solving Approach. Boston: McGraw-Hill
Sujarweni,V.W. SPSS untuk penelitian. 2015. Pustaka Baru Press.Yogyakarta
Sugiyono.Metode Penelitian Bisnis.2005.Bandung:Alfabeta
Sugiyono.Metode Penelitian Bisnis.2010.Bandung:Alfabeta
Sugiyono,Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifserta R&D. 2011. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi. 2016. Bandung : Alfabeta
Tjiptono. (2009). Strategi Pemasaran. Yogyakarta:Andi
Tabachnick, B.G, Fedell, L.S (1996),Using Multivariate Statistics 3rd ed, Harper Collins College Publisher,New York. Haryono (2003)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).










