Keamanan dan Pertahanan dari Aspek Sistem Keamanan Nasional Indonesia (Security and Defense from The Aspect of Indonesia's National Security System)

Authors

  • Isti Puspitasari Upn Veteran Jakarta
  • Irwan Triadi Upn Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32493/rjih.v6i2.37480

Keywords:

Keamanan, pertahanan negara, perspektif, kemandirian nasional

Abstract

Ketahanan nasional adalah keadaan suatu negara yang selalu berubah dan melindungi semua aspek kehidupannya dari ancaman. Pertahanan dan keamanan negara, masyarakat, dan individu adalah bagian dari ketahanan nasional. Pada saat ini, para ilmuwan telah memberikan beberapa definisi yang berkaitan dengan konsep keamanan dan pertahanan. Sangat penting untuk memahami berbagai ancaman dan kesulitan yang ada di bidang keamanan dan pertahanan saat ini. Selain itu, penting juga untuk menjelaskan bagaimana penelitian tentang ketahanan nasional sebanding dengan penelitian tentang pembentukan sistem keamanan nasional di negara lain. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode ini bergantung pada penelusuran literatur dan wawancara. Selain itu, penelitian ini menyelidiki jenis masalah yang umum di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah ketidaksetaraan terhadap perbedaan dan masalah perbatasan, agama, kebangsaan, ras, dan golongan (SARA), ketidakadilan dalam reformasi birokrasi, kekurangan polisi, dan tingginya tingkat kriminalitas dan kejahatan transnasional. Peraturan yang mengatur keamanan dan perlindungan, serta ide, lembaga, dan konstitusi yang digunakan, membedakannya. Kemampuannya dalam melindungi dan memelihara keamanan sangat penting bagi kedaulatan suatu negara, seperti yang ditunjukkan oleh pasal tersebut.

References

Buku :

Lemhannas, 2016, Modul Penelitian Geostrategi dan Ketahanan Nasional, Jakarta: Lemhannas.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, 2019, Proyek Teknis RPJMN 2020-2024 untuk Indonesia Berpenghasilan Menengah Atas yang Sejahtera, Berkeadilan dan Berkelanjutan, Jakarta: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.

Pranowo Bambang M, 2010, Ketahanan Nasional Multidimensi, Jakarta: Perpustakaan Alvabet: Jakarta.

United Nations Trust Fund for Human Security (UNTFHS), 2016, Buku Panduan Keamanan Manusia: Pendekatan Terpadu Untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Dan Area Prioritas Bagi Komunitas Internasional Dan Sistem PBB, New York: United Nations.

Artikel Seminar/Jurnal/Website (Apa Style) :

Adyatama Egi, 3 Desember 2019, Prabowo: Industri Pertahanan Swasta dan Negara Bisa Bekerja Sama, dimuat dalam https : //nasional.tempo.co/read/1279523/prabowoindustri-private-and-state-can-walk Together.

BBC News, 9 Desember 2018, Penembakan Nduga: Beda dengan teroris, gerilyawan Papua punya ‘hubungan dengan warga,’ dalam https://www.bbc.com/ indonesia/indonesia-46498239.

Darusman Mulyana Yoyon, 2022, Dampak Kemajuan Teknologi Di Bidang Teknologi Informasi Terhadap Kedaulatan Wilayah Negara Indonesia, Jurnal Surya Kencana Dua: Dinamika Masalah Hukum dan Keadilan Vol.9, Universitas Pamulang.

Prasetia Andhika, 25 Oktober 2019, Jokowi menugaskan Wakil Menteri Pertahanan Trenggono untuk membidangi pengembangan industri pertahanan, dimuat dalam https: //news.detik.com/berita/d-4759528/jokowi-taskan-wamenhan-trenggonokembangkan -industry- per-prison.

Published

2024-01-02