Perlindungan Hak Pasien Sebagai Konsumen Untuk Mendapatkan Isi Rekam Medis Dalam Pelayanan Kesehatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/jdmhkdmhk.v12i2.15862Keywords:
hak pasien, konsumen, rekam medis, informasi medis, pelayanan kesehatan.Abstract
Pemberi pelayanan kesehatan memiliki sejumlah kewajiban terhadap pasien. Salah satunya adalah menyelenggarakan rekam medis dalam pelayanan kesehatan. Kewajiban tersebut timbul sebagai bentuk pemenuhan hak pasien untuk mendapatkan isi rekam medis. Adanya unsur ekonomi dalam pelayanan kesehatan menyebabkan hubungan dalam pelayanan kesehatan dapat dipandang sebagai bentuk hubungan transaksi komersial. Dengan demikian, hak pasien terkait isi rekam medis tersebut seharusnya dilindungi oleh ketentuan dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Tujuan: Memahami dasar hukum untuk melindungi hak pasien sebagai konsumen untuk mendapatkan isi rekam medis menurut perspektif Undang-Undang Perlindungan Konsumen merupakan tujuan dari penelitian ini. Metode: Peneltian ini melakukan pendekatan hukum normatif melalui analisis yang bersifat deskriptif. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui studi kepustakaan. Hasil: Pasien merupakan konsumen dalam pelayanan kesehatan. Pelanggaran terhadap hak pasien untuk mendapatkan isi rekam medis merupakan bentuk pelanggaran hak konsumen dalam pelayanan kesehatan. Berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen, sengketa yang ditimbulkan karena pelanggaran hak tersebut dapat dilakukan melalui pemberian ganti rugi kepada pasien oleh pelaku usaha, pengajuan gugatan oleh pasien yang dirugikan, dan bahkan tuntutan pidana terhadap pelaku usaha.
References
Ali, Z. (2016). Metode Penelitian Hukum, Cetakan Kedelapan. Sinar Grafika.
Amirudin, & Asikin, Z. (2004). Pengantar Metode Penelitian Hukum. Rajawali Press.
Ampera. (2018). Tanggung Jawab Rumah Sakit Terhadap Pasien dalam Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan. Jurnal Al Ishlah, Jurnal Ilmu Hukum, 21(2), 59–74.
Dalianis, H. (2018). Clinical Text Mining (Secondary Use Of Electronic Patient Records). Springer International Publishing.
Hariandja, T. R. (2013). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Kesehatan di Kabupaten Jember. Jurnal Rechtens, 2(3), 91–102.
Hariyani, S. (2005). Sengketa Medik Alternatif Penyelesaian Perselisihan Antara Dokter Dengan Pasien. Diadit Media.
Heriani, I. (2018). Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Kesehatan dalam Hal Terjadi Malapraktik. Al-Adl : Jurnal Hukum, 10(2), 191–204.
Kusumaningrum, A. E. (2016). Penerapan Hak Dan Kewajiban Pasien Sebagai Konsumen dalam Pelayanan Medis. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Hukum Kesehatan.
Mukti, H. B. (2016). Perlindungan Hukum Terhadap Pasien Sebagai Konsumen Jasa di Bidang Pelayanan Medis Berdasarkan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Mimbar Keadilan Jurnal Ilmu Hukum, Januari-(Juni), 87–99.
Purba, E., & Yulita, T. (2018). Analisis Sistem Pelepasan Informasi Rekam Medis dalam Menjamin Aspek Hukum Kerahasiaan Rekam Medis Di Rumah Sakit Imelda Pekerja Indonesia Medan Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda, 3(1), 394–403.
Sandika, T. W., & Anggraini, S. (2019). Pengaruh Ketidaklengkapan Berkas Rekam Medis Terhadap Pelaporan Data Morbiditas Pasien Rawat Inap (Rl4a) di RSU Mitra Medika Medan. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda, 4(2), 620–625.
Sari, E. K., & Simangunsong, A. (2005). Hukum Dalam Ekonomi, Cetakan Ketiga. Grasindo.
Sutedi, A. (2008). Tanggung Jawab Produk Dalam Hukum Perlindungan Konsumen. Ghalia Indonesia.
Tutik, T. T., & Febriana, S. (2010). Perlindungan Hukum Bagi Pasien. Prestasi Pustaka.
Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 2052 Tahun 2011 Tentang Izin Praktik Dan Pelaksanaan Praktik Kedokteran.
Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1787 Tahun 2010 Tentang Iklan dan Publikasi Pelayanan Kesehatan.
Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 269 Tahun 2008 Tentang Rekam Medis.
Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan.
Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan.
Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2004 Tentang Praktik Kedokteran.
Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Surya Kencana Satu : Dinamika Masalah Hukum dan Keadilan
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.