PERBANDINGAN KINERJA MODEL MARKOWITZ DAN KORELASI KONSTAN DALAM PEMBENTUKAN PORTOFOLIO OPTIMAL SAHAM-SAHAM DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII)

Authors

  • Siti Samsiyah Purwaningsih Politeknik Negeri Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32493/sm.v3i2.11210

Keywords:

portfolio optimal, markowitz, korelasi konstan

Abstract

Saham merupakan investasi yang berisiko atau investasi yang tingkat keuntungan di masa yang akan datang memiliki ketidakpastian. Terdapat dua hal yang amat mendasar dalam menentukan suatu investasi yakni harapan return investasi dan besarnya risiko yang dihadapi. Pada penelitian ini digunakan model portfolio optimal model markowitz dan model korelasi konstan untuk memilih saham yang akan dijadikan sebagai investasi. Data saham yang dipakai adalah saham-saham konsisten pada Jakarta’ Islamic’ Index (JII) pada tahun 2019 - 2020. Kemudian dari saham-saham tersebut dipilih saham-saham yang memiliki expected return yang lebih besar dari return asset bebas risiko (SBIS). Setelah dilakukan analisis, portfolio optimal yang dihasilkan oleh model markowitz menghasilkan kombinasi empat saham yang memberikan expected return sebesar 0.009 dan risiko sebesar 0.0802, sedangkan model korelasi konstan menghasilkan kombinasi tiga saham dengan expected return sebesar 0.0009 dan risiko 0.0810. dengan nilai expected return yang sama, model markowitz memberikan risiko yang lebih kecil dibandingkan model korelasi konstan. Sehingga disimpulkan bahwa pemilihan portfolio optimal menggunakan model markowitz lebih baik dari pada model korelasi konstan untuk saham JII.

Author Biography

Siti Samsiyah Purwaningsih, Politeknik Negeri Bandung

jurusan administrasi niaga

References

Ahmad K. 2004. Dasar-Dasar Manajemen Investasi dan Portofolio. Jakarta (ID): Rineka Cipta.

Azis, M., Mintarti, S., & Nadir, M. (2015). Manajemen Investasi: Fundamental Teknikal,Perilaku Investor dan Return Saham (1st ed.). Yogyakarta: deepublish.

Bodie Z, Kane A, Marcus AJ. 2011. Investment. New York (US): The McGrawHill.

Chasanah,SIU at all. 2020. Analisis Pembentukan Portofolio Optimal Saham-Saham Jakarta Islamic Index (Jii) Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Saintika Unpam.

Hartono J. 2010. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta (ID): BPFE.

Jones CP. 2000. Investment Analysis and Management. New York (US): Jhon Wiley & Sons, Inc.

Juniyanto Agus. ‘2016. Analisis’ Portofolio’ Optimal’ Menggunakan’ Model’ Korelasi Konstan [skripsi]. Yogyakarta (ID). UIN Sunan Kalijaga.

Markowitz’ H. 1952. Portofolio’ selection. Journal’ of’ Finance. 7(1):77-91.

Purnomo AH, Sularto L. 2016. Analisis pembentukan portofolio yang efisien pada tiga saham syariah sektor perkebunan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) dengan Model Markowitz. Jakarta (ID): Politeknik Negeri Jakarta.

Reilly FK, Brown KC. 2012. Investment Analysis and Portfolio Management. Canada (US): Nelson Education, ltd.

Savitri, ASD. 2016. Analisis’ Portfolio’ Optimal’ Saham’ Syariah’ Dengan’ Model’ Indeks Tunggal, Indeks’ Ganda’ dan Korelasi’ Konstan’ [skripsi]. Malang (ID). UIN Maulana Malik Ibrahim

Setyanto’ B. 2006. Menyusun’ Portofolio’ Investasi’ Optimal Reksa Dana Batasa Syariah dengan Metode Markowitz. Jurnal Ekonomi Keuangan dan Bisnis. Vol. 2 No. 4, pp. 39-58.

Suryanto. 2013. Perbandingan’ Kinerja’ Portofolio’ Saham’ Optimal’ yang Dibentuk Menggunakan Model Indeks Tunggal dan Model Korelasi Konstan Pada Indeks Pefindo25. Jurnal Aministrasi Bisnis. 10(1):2877-2897.

Syman JA. 2005. Practical Mathematical Optimization: An Introduction to Basic Optimization Theory and Classical and New Gradient-based Algorithms. New York (US): Springer.

Tandelilin E. 2010. Portofolio dan Investasi: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta (ID): Kanisius.

Tandelilin, E. 2017. Pasar Modal : Manajemen Portofolio & INvestasi (elektronik; G.Sudibyo, Ed.). Yogyakarta: PT.Kanisius.

Wijaya, Muhammad Nur Ilham. 2021. Analisis Portofolio Optimal Dengan Model Markowitz Pada Sektor Perbankan Yang Masuk Dalam Indeks Lq45. Makasar : Universitas Negeri Makasar

Yang CW, Hung K, Yang FA. 2002. A note on Markowitz risk minimization and the Sharpe angle maximization models. Advance in Investment Analysis and portfolio management (Ed. Lee CF). 9:21-29. Amsterdam (NL): Elsevier Science.

Yuana I, et al. 2016. Analisis’ pembentukan’ portofolio’ saham’ optimal’ dengan’ model Markowitz’ sebagai’ dasar’ penetapan’ investasi. Jurnal’ Administrasi’ Bisnis. 39(1):90-98

Downloads

Published

2021-07-29

Issue

Section

Articles