POWER OF MATHEMATIC DALAM MENGEMBANGKAN JIWA EDUPRENEURSHIP DI MADRASAH TSANAWIYAH

Authors

  • Gerry Sastro Universitas Pamulang
  • Dewi Purnama Sari Universitas Pamulang
  • Yana Yana MTs Al Khairiyah

DOI:

https://doi.org/10.32493/sm.v4i2.17789

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jiwa edupreneurship yang dimiliki siswa tingkat Madrasah berdasarkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini dilakukan di salah satu Madrasah di Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrument penelitian yang digunakan berupa tes KPMM bentuk uraian sebanyak 3 soal dan wawancara terstruktur untuk mengetahui jiwa edupreneurship. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa 26,7 % mempunyai tingkat KPMM tinggi, 33,3% mempunyai tingkat KPMM sedang, sementara 40% berada pada tingkat KPMM rendah. Kelompok siswa dengan tingkat KPMM tinggi dan sedang menunjukan indikator jiwa edupreneurship. Adapun indikator tersebut adalah ketekukan, pengambilan keputusan dengan baik, kreatifitas serta rasa percaya diri. Sementara kelompok siswa dengan KPMM yang rendah belum menunjukan indikator jiwa edupreneurship.

Kata kunci: Matematika, Pemecahan Masalah Matematis, Edupreneurship

Author Biographies

Gerry Sastro, Universitas Pamulang

Dosen matematika fmipa universitas pamulang

Dewi Purnama Sari, Universitas Pamulang

Dosen matematika fmipa universitas pamulang.

Yana Yana, MTs Al Khairiyah

Guru matematika MTs Al Khairiyah

References

Alexander, P. a. (2012). How We Think: A Theory of Goal-Oriented Decision Making and Its Educational Applications , by Alan H. Schoenfeld . Mathematical Thinking and Learning, 14(3), 257–263. https://doi.org/10.1080/10986065.2012.683320

Anggraeni, D. (2013). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematik Siswa Smk Melalui Pendekatan Kontekstual Dan Strategi Formulate-Share-Listen-Create (Fslc). Infinity Journal, 2(1), 1. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.20

Anwar, H. (2014). Proses Pengambilan Keputusan untuk Mengembangkan Mutu Madrasah. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 37–56. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.1.569

Dr. Muhammad Rohmadi, M. H. (2013). Menjadi Guru Kreatif, Inovatif, dan Inspiratif Menyingsing Kurikulum 2013 Tematik-Integratif. EDC FKIP UNS. https://edc.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2013/07/Menjadi-Guru-Kreatif-dan-Inovatif-Seminar-EDC-FKIP-UNS-1-28-Juli-2013.pdf

Firmansyah, A., & Roosmawarni, A. (2019). Kewirausahaan (Dasar dan Konsep. In Qiara Media (Issue September). https://www.researchgate.net/profile/Muhammad-Firmansyah-4/publication/336146325_KEWIRAUSAHAAN_Dasar_dan_Konsep/links/5d9282f992851c33e94b3762/KEWIRAUSAHAAN-Dasar-dan-Konsep.pdf

Kasmir. (2016). Kewirausahaan. Raja Grafindo Persada.

Kusuma, A. I. (2017). Strategi Manajemen Sekolah Dasar Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(2), 77–86. https://doi.org/10.12928/jpsd.v4i2.7008

Lakatos, I. (1976). Proofs and refutations: The logic of mathematical discovery. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9781139171472

Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 672–688. https://journal.unnes.ac.id

Mila Vernia, D. (2019). Peranan Pembelajaran Matematika Untuk Menumbuhkan Jiwa Berwirausaha Siswa Smk Kota Bekasi. Lectura : Jurnal Pendidikan, 10(1), 47–65. https://doi.org/10.31849/lectura.v10i1.2393

Musrifah. (2016). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Edukasia Islamika, 01(01), 119–133. https://doi.org/10.53649/jutau.v14i01.309

NCTM. (2000). Principle and Standards for School Mathematic. In Journal of Equine Veterinary Science. https://doi.org/10.1016/s0737-0806(98)80482-6

Palmér, H., & Johansson, M. (2018). Combining entrepreneurship and mathematics in primary school–what happens? Education Inquiry, 9(4), 331–346. https://doi.org/10.1080/20004508.2018.1461497

Polya, G. (1978). How to solve it: a new aspect of mathematical method second edition. In The Mathematical Gazette (Vol. 30, p. 181). http://www.jstor.org/stable/3609122?origin=crossref

Ramadhan, M. A., Nur, G., & Pp, I. (2021). Edupreneurship, ANew Concept in Vocational Education to Develop Human Resources. Universitas Negeri Yogyakart. www.emcis.org

Sari, D. P. (2021). Profil Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK Materi Program Linear Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(02), 27–39. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/16119/8153

Simon, N. &. (1991). Human problem solving. Psychometric Theory, 13(48), 1991. http://garfield.library.upenn.edu/classics1980/A1980KD04600001.pdf

Sulistyo, W. D., Pd, S., Pd, M., & Pd, S. (2018). Seminar Nasional “Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah.†Fakultas Ilmu Sosial. http://sejarah.fis.um.ac.id/wp-content/uploads/2019/03/PROSIDING-SEMINAR-NASIONAL-JURUSAN-SEJARAH-APRIL-2018.pdf

Widiyarto, S., & Dkk. (2018). Penerapan English Communicatioan Skill Pada Siswa SMP (The Aplication of English Communication Skill at

Junior High School’ Student). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas), 01(c), 81–88. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/423/196

Yana, Y., & Sari, D. P. (2021). Investigasi Minat Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Di Era Covid-19. Statmat : Jurnal Statistika Dan Matematika, 3(1), 19. https://doi.org/10.32493/sm.v3i1.8184

Downloads

Published

2022-07-31

Issue

Section

Articles