POWER OF MATHEMATIC DALAM MENGEMBANGKAN JIWA EDUPRENEURSHIP DI MADRASAH TSANAWIYAH
DOI:
https://doi.org/10.32493/sm.v4i2.17789Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jiwa edupreneurship yang dimiliki siswa tingkat Madrasah berdasarkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini dilakukan di salah satu Madrasah di Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrument penelitian yang digunakan berupa tes KPMM bentuk uraian sebanyak 3 soal dan wawancara terstruktur untuk mengetahui jiwa edupreneurship. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa 26,7 % mempunyai tingkat KPMM tinggi, 33,3% mempunyai tingkat KPMM sedang, sementara 40% berada pada tingkat KPMM rendah. Kelompok siswa dengan tingkat KPMM tinggi dan sedang menunjukan indikator jiwa edupreneurship. Adapun indikator tersebut adalah ketekukan, pengambilan keputusan dengan baik, kreatifitas serta rasa percaya diri. Sementara kelompok siswa dengan KPMM yang rendah belum menunjukan indikator jiwa edupreneurship.
Kata kunci: Matematika, Pemecahan Masalah Matematis, Edupreneurship
References
Alexander, P. a. (2012). How We Think: A Theory of Goal-Oriented Decision Making and Its Educational Applications , by Alan H. Schoenfeld . Mathematical Thinking and Learning, 14(3), 257–263. https://doi.org/10.1080/10986065.2012.683320
Anggraeni, D. (2013). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematik Siswa Smk Melalui Pendekatan Kontekstual Dan Strategi Formulate-Share-Listen-Create (Fslc). Infinity Journal, 2(1), 1. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.20
Anwar, H. (2014). Proses Pengambilan Keputusan untuk Mengembangkan Mutu Madrasah. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 37–56. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.1.569
Dr. Muhammad Rohmadi, M. H. (2013). Menjadi Guru Kreatif, Inovatif, dan Inspiratif Menyingsing Kurikulum 2013 Tematik-Integratif. EDC FKIP UNS. https://edc.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2013/07/Menjadi-Guru-Kreatif-dan-Inovatif-Seminar-EDC-FKIP-UNS-1-28-Juli-2013.pdf
Firmansyah, A., & Roosmawarni, A. (2019). Kewirausahaan (Dasar dan Konsep. In Qiara Media (Issue September). https://www.researchgate.net/profile/Muhammad-Firmansyah-4/publication/336146325_KEWIRAUSAHAAN_Dasar_dan_Konsep/links/5d9282f992851c33e94b3762/KEWIRAUSAHAAN-Dasar-dan-Konsep.pdf
Kasmir. (2016). Kewirausahaan. Raja Grafindo Persada.
Kusuma, A. I. (2017). Strategi Manajemen Sekolah Dasar Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(2), 77–86. https://doi.org/10.12928/jpsd.v4i2.7008
Lakatos, I. (1976). Proofs and refutations: The logic of mathematical discovery. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9781139171472
Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 672–688. https://journal.unnes.ac.id
Mila Vernia, D. (2019). Peranan Pembelajaran Matematika Untuk Menumbuhkan Jiwa Berwirausaha Siswa Smk Kota Bekasi. Lectura : Jurnal Pendidikan, 10(1), 47–65. https://doi.org/10.31849/lectura.v10i1.2393
Musrifah. (2016). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Edukasia Islamika, 01(01), 119–133. https://doi.org/10.53649/jutau.v14i01.309
NCTM. (2000). Principle and Standards for School Mathematic. In Journal of Equine Veterinary Science. https://doi.org/10.1016/s0737-0806(98)80482-6
Palmér, H., & Johansson, M. (2018). Combining entrepreneurship and mathematics in primary school–what happens? Education Inquiry, 9(4), 331–346. https://doi.org/10.1080/20004508.2018.1461497
Polya, G. (1978). How to solve it: a new aspect of mathematical method second edition. In The Mathematical Gazette (Vol. 30, p. 181). http://www.jstor.org/stable/3609122?origin=crossref
Ramadhan, M. A., Nur, G., & Pp, I. (2021). Edupreneurship, ANew Concept in Vocational Education to Develop Human Resources. Universitas Negeri Yogyakart. www.emcis.org
Sari, D. P. (2021). Profil Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK Materi Program Linear Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(02), 27–39. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/16119/8153
Simon, N. &. (1991). Human problem solving. Psychometric Theory, 13(48), 1991. http://garfield.library.upenn.edu/classics1980/A1980KD04600001.pdf
Sulistyo, W. D., Pd, S., Pd, M., & Pd, S. (2018). Seminar Nasional “Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah.†Fakultas Ilmu Sosial. http://sejarah.fis.um.ac.id/wp-content/uploads/2019/03/PROSIDING-SEMINAR-NASIONAL-JURUSAN-SEJARAH-APRIL-2018.pdf
Widiyarto, S., & Dkk. (2018). Penerapan English Communicatioan Skill Pada Siswa SMP (The Aplication of English Communication Skill at
Junior High School’ Student). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas), 01(c), 81–88. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/423/196
Yana, Y., & Sari, D. P. (2021). Investigasi Minat Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Di Era Covid-19. Statmat : Jurnal Statistika Dan Matematika, 3(1), 19. https://doi.org/10.32493/sm.v3i1.8184
Downloads
Published
Issue
Section
License
As an Author, you have the right to a variety of uses for your article, including institutions or companies. The author's rights might do without the need for special permission.
Authors who publish in the Jurnal Jurnal Statistika dan Matematika (Statmat) have broad rights to use their works for education and scientific purposes without permission, including:
Used to discuss in a class by the author or the author's body and presentations at meetings or conferences and participant approval;
Used for internal training by the author's company;
Distribution to colleagues for the use of their research;
Used in preparation for further author's works;
Included in a thesis or dissertation;
Partial or extra reuse of articles in other works (with full acknowledgment of the last item);
Prepare derivatives (other than for commercial purposes);
Post voluntarily on a website opened by the author or approve the author for scientific purposes (follow CC with a SA License).