ANALISIS PENGARUH USIA DAN JENIS APLIKASI TERHADAP DURASI PENGGUNAAN GAWAI DALAM SATU HARI
DOI:
https://doi.org/10.32493/sm.v4i1.18801Keywords:
Aplikasi, Durasi, Gawai, Pengaruh, Regresi linear bergandaAbstract
Era digital membuat banyak orang lebih menghabiskan waktunya pada gawai untuk berbagai keperluan, seperti keperluan interaksi, pekerjaan, belanja, dll. Aplikasi yang sering digunakan untuk keperluan tersebut antara lain adalah media sosial, permainan, hiburan (seperti Youtube), dan juga e-commerce untuk berbelanja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh usia dan durasi penggunaan aplikasi terhadap durasi penggunaan gawai secara keseluruhan dalam satu hari. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada 111 orang responden. Data dianalisis menggunakan metode regresi linear berganda dan didapati persamaan garis Y = 2,377 + 0,753X1 + 0,836X2 + 0,850X3 + 0,840X4 – 0,007X5. Penelitian ini membuktikan bahwa usia (X5) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap durasi penggunaan gawai. Namun, faktor independen lainnya, yaitu aplikasi media sosial (X1), permainan (X2), hiburan (X3), dan e-commerce (X4) berpengaruh secara signifikan. Di antara empat faktor tersebut, yang paling berpengaruh terhadap durasi penggunaan gawai dalam 1 hari adalah aplikasi media sosial dengan rata-rata durasi penggunaan adalah 5 jam per hari
References
Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia [APJII]. (2017). Data Statistik Pengguna Internet Indonesia 2017. Retrieved 7 januari 2022 from https://apjii.or.id/survei2017
Given LM. 2008. The Sage Encyclopedia of Qualitative Research Methods. Thousand Oaks: Sage.
Hootsuite. (2021). We Are Social. Indonesian Digital Report 2021, Retrieved 5 Januari 2022 from https://andi.link/wp-content/uploads/2021/08/Hootsuite-We-are-Social-Indonesian-Digital-Report-2021_compressed.pdf
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan [Kemendikbud]. (2019). Risalah Kebijakan : Penggunaan Gawai oleh Peserta Didik Tingkat Sekolah Menengah Atas, Retrieved 7 Januari 2022 from https://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id/assets_front/images/produk/1-gtk/kebijakan/8__PB_Gawai.pdf
Lind D.A, Marchal WG, Wathen SA. 2021. Statistical Techniques in Business & Economic 18th Edition. New York : McGraw-Hill education.
Saputra A. (2019). Survei Penggunaan Aplikasi Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Kota Padang Menggunakan Teori Uses and Gratifications. BACA Jurnal Doumentasi dan Informasi LIPI Retrieved 5 Januari 2022 from https://jurnalbaca.pdii.lipi.go.id/baca/article/view/476
Sujarweni W V. (2016). Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi dengan SPSS. Yogyakarta : Penerbit Pustaka Baru Press.
Supradono B dan Hanum AN. (2011). Peran Sosial Media Untuk Manajemen Hubungan Dengan Pelanggan Pada Layanan E-commerce. Value Added:Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol. 7 No. 2. Retrieved 10 Desember 2021 from https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/vadded/article/view/696
Supriyanto A. (2005). Perancangan Aplikasi. Surabaya : Widyastana
The Asian parents Insight. (2014). Mobile Device Usage Among Young Kids: A Southeast Asia Study. Singapore: The Asian parent .
Downloads
Published
Issue
Section
License
As an Author, you have the right to a variety of uses for your article, including institutions or companies. The author's rights might do without the need for special permission.
Authors who publish in the Jurnal Jurnal Statistika dan Matematika (Statmat) have broad rights to use their works for education and scientific purposes without permission, including:
Used to discuss in a class by the author or the author's body and presentations at meetings or conferences and participant approval;
Used for internal training by the author's company;
Distribution to colleagues for the use of their research;
Used in preparation for further author's works;
Included in a thesis or dissertation;
Partial or extra reuse of articles in other works (with full acknowledgment of the last item);
Prepare derivatives (other than for commercial purposes);
Post voluntarily on a website opened by the author or approve the author for scientific purposes (follow CC with a SA License).