ANALISIS PENGARUH USIA DAN JENIS APLIKASI TERHADAP DURASI PENGGUNAAN GAWAI DALAM SATU HARI

Authors

  • Fransisca Wijaya Universitas Prasetiya Mulya
  • Vivian Yindy Hartanto Universitas Prasetiya Mulya
  • Fakhri Zyan ALif Widianto Universitas Prasetiya Mulya
  • Equin Hertaiswari Universitas Prasetiya Mulya
  • Jessica Caroline Kurniawan Universitas Prasetiya Mulya
  • Casey Yoan Paquita Universitas Prasetiya Mulya

DOI:

https://doi.org/10.32493/sm.v4i1.18801

Keywords:

Aplikasi, Durasi, Gawai, Pengaruh, Regresi linear berganda

Abstract

Era digital membuat banyak orang lebih menghabiskan waktunya pada gawai untuk berbagai keperluan, seperti keperluan interaksi, pekerjaan, belanja, dll. Aplikasi yang sering digunakan untuk keperluan tersebut antara lain adalah media sosial, permainan, hiburan (seperti Youtube), dan juga e-commerce untuk berbelanja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh usia dan durasi penggunaan aplikasi terhadap durasi penggunaan gawai secara keseluruhan dalam satu hari. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada 111 orang responden. Data dianalisis menggunakan metode regresi linear berganda dan didapati persamaan garis Y = 2,377 + 0,753X1 + 0,836X2 + 0,850X3 + 0,840X4 – 0,007X5. Penelitian ini membuktikan bahwa usia (X5) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap durasi penggunaan gawai. Namun, faktor independen lainnya, yaitu aplikasi media sosial (X1), permainan (X2), hiburan (X3), dan e-commerce (X4) berpengaruh secara signifikan. Di antara empat faktor tersebut, yang paling berpengaruh terhadap durasi penggunaan gawai dalam 1 hari adalah aplikasi media sosial dengan rata-rata durasi penggunaan adalah 5 jam per hari

Author Biographies

Vivian Yindy Hartanto, Universitas Prasetiya Mulya

Universitas Prasetiya Mulya, BSD, Tangerang

Fakhri Zyan ALif Widianto, Universitas Prasetiya Mulya

Universitas Prasetiya Mulya, BSD, Tangerang

Equin Hertaiswari, Universitas Prasetiya Mulya

Universitas Prasetiya Mulya, BSD, Tangerang

Jessica Caroline Kurniawan, Universitas Prasetiya Mulya

Universitas Prasetiya Mulya, BSD, Tangerang

Casey Yoan Paquita, Universitas Prasetiya Mulya

Universitas Prasetiya Mulya, BSD, Tangerang

References

Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia [APJII]. (2017). Data Statistik Pengguna Internet Indonesia 2017. Retrieved 7 januari 2022 from https://apjii.or.id/survei2017

Given LM. 2008. The Sage Encyclopedia of Qualitative Research Methods. Thousand Oaks: Sage.

Hootsuite. (2021). We Are Social. Indonesian Digital Report 2021, Retrieved 5 Januari 2022 from https://andi.link/wp-content/uploads/2021/08/Hootsuite-We-are-Social-Indonesian-Digital-Report-2021_compressed.pdf

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan [Kemendikbud]. (2019). Risalah Kebijakan : Penggunaan Gawai oleh Peserta Didik Tingkat Sekolah Menengah Atas, Retrieved 7 Januari 2022 from https://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id/assets_front/images/produk/1-gtk/kebijakan/8__PB_Gawai.pdf

Lind D.A, Marchal WG, Wathen SA. 2021. Statistical Techniques in Business & Economic 18th Edition. New York : McGraw-Hill education.

Saputra A. (2019). Survei Penggunaan Aplikasi Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Kota Padang Menggunakan Teori Uses and Gratifications. BACA Jurnal Doumentasi dan Informasi LIPI Retrieved 5 Januari 2022 from https://jurnalbaca.pdii.lipi.go.id/baca/article/view/476

Sujarweni W V. (2016). Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi dengan SPSS. Yogyakarta : Penerbit Pustaka Baru Press.

Supradono B dan Hanum AN. (2011). Peran Sosial Media Untuk Manajemen Hubungan Dengan Pelanggan Pada Layanan E-commerce. Value Added:Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol. 7 No. 2. Retrieved 10 Desember 2021 from https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/vadded/article/view/696

Supriyanto A. (2005). Perancangan Aplikasi. Surabaya : Widyastana

The Asian parents Insight. (2014). Mobile Device Usage Among Young Kids: A Southeast Asia Study. Singapore: The Asian parent .

Downloads

Published

2022-01-31

Issue

Section

Articles