PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS REGRESI LINEAR BERGANDA

Authors

  • Besse Arna Wisudaningsi Universitas Pamulang
  • Irvana Arofah Universitas Pamulang
  • Konstansius Aji Belang Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sm.v1i1.2377

Abstract

Tujuan penelitian yaitu mengetahui kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Restoran Cwie Mie Malang, mengetahui kualitas produk terhadap kepuasan konsumen di Restoran Cwie Mie Malang dan mengetahui kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada Restoran Cwie Mie Malang.Metode penelitian yaitu menggunakan metode Survei. Hasil penelitian yaitu hasil uji t untuk variabel kualitas pelayanan diperoleh dengan nilai thitung sebesar 4,360 dan ttabel sebesar 2,011 dengan tingkat signifikan 0,000, karena thitung > t tabel dan nilai signifikan < 0,05, maka variabel kualitas pelayanan (X1) berpengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen di restoran Cwie Mie malang, hasil uji t untuk variabel kualitas produk diperoleh dengan nilai thitung sebesar 2,100 dan ttabel sebesar 2,011 dengan tingkat signifikan 0,041, karena thitung > ttabel dan nilai signifikan < 0,05, maka vareiabel kualitas produk (X2) berpengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen di restoran Cwie Mie Malang dan hasil uji F untuk variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk diperoleh dengan nilai Fhitung sebesar 39,845 dan Ftabel sebesar 2,41 dan nilai signifikan sebesar 0,000, karena Fhitung > Ftabel dan nilai signifikan <0,05, maka variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk secara bersama-sama berpengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen di restoran Cwie Mie Malang

Author Biographies

Besse Arna Wisudaningsi, Universitas Pamulang

Program Studi Matematika, FMIPA – UNPAM

Irvana Arofah, Universitas Pamulang

Program Studi Matematika, FMIPA – UNPAM

Konstansius Aji Belang, Universitas Pamulang

Program Studi Matematika, FMIPA – UNPAM

References

Azwar, A. (1996). Menjaga kualitas Pelayanan kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Amalia, R., & Bisnis, F. E. D. IMENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA MEREK PADA PENGGUNA TAS RANSEL MEREK POLO CLASSIC DI SEMARANG.

Dimyati, M. (2012). Model Struktural Pengaruh Atribut Produk terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Produk Pond’s. Jurnal Aplikasi Manajemen, 10(1), 107-118.

Ghozali, I. (2006). Statistik Non Parametrik. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Prasastono, N., & Pradapa, S. Y. F. (2012). Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Kentucky Fried Chicken Semarang Candi. Jurnal Ilmiah Dinamika Kepariwisataan, 11(2).

Santoso, S. (2010). Statistik parametrik. Elex Media Komputindo.

Santoso, S. (2017). Statistik Multivariat dengan SPSS. Elex Media Komputindo.

Sarwono, J., Arikunto, M., & Arikunto, M. S. (2006). Metode Penelitian. Kuantitatif Kualitatif.

Sugiyono, M. P. K. (2008). kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 124.

Wachid, C. (2012). Pengaruh Kualitas Produk dan Tingkat Kepuasan terhadap Loyalitas Konsumen Kartu As pada Mahasiswa Universitas Muria Kudus (Doctoral dissertation, Universitas Muria Kudus).

Downloads

Published

2019-02-26

Issue

Section

Articles