PENERAPAN ANALISIS CLUSTER DENGAN METODE HIERARKI UNTUK KLASIFIKASI KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI MALUKU BERDASARKAN INDIKATOR INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA

Authors

  • Muhammad Yahya Matdoan Program Studi Statistika FMIPA Universitas Pattimura
  • Marlon Stivo Noya Van Delsen Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.32493/sm.v2i2.4740

Keywords:

Indeks Pembanguna Manusia, Cluster, Hierarki

Abstract

IPM merupakan indikator yang digunakan untuk mengukur salah satu aspek penting yang berkaitan dengan kualitas dari hasil pembangunan ekonomi, yakni derajat perkembangan manusia. IPM di Provinsi Maluku dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Namun selalu di berada di bawah angka nasional. Hal ini disebabkan karena pembangunan yang tidak terlaksana secara merata dan tidak tepat sasaran. Analisis cluster merupakan metode multivariat yang mempunyai tujuan untuk pengelompokkan, dimana suatu kelompok mempunyai ciri yang relatif sama (homogen), sedangkan antar kelompok memiliki ciri yang berbeda. Penelitian ini diperoleh hasil bahwa metode terbaik dalam analsisis cluster hierarki adalah metode ward’s. Oleh Karena itu, diperoleh 4 cluster pada IPM di Provinsi Maluku yang meliputi IPM dengan kategori tinggi yaitu Kota Ambon, selanjunya IPM dengan kategori sedang yaitu Kabupaten Maluku Tengah, selanjutnya IPM dengan kategori rendah yaitu Kabupaten Maluku Tenggara, Buru, Kepulauan Aru, Seram Bagian Barat dan Kota Tual, Selanjunya IPM dengan kategori sangat rendah yaitu Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Seram Bagian Timur, Maluku Barat Daya dan Kabupaten Buru Selatan.

Author Biography

Muhammad Yahya Matdoan, Program Studi Statistika FMIPA Universitas Pattimura

Program Studi Statistika FMIPA Universitas Pattimura

References

BPS Maluku. 2019. Maluku Dalam Angka Tahun 2018, Ambon.

Fathia, A. N., & Rahmawati, R. 2016. Analisis Klaster Kecamatan Di Kabupaten Semarang Berdasarkan Potensi Desa Menggunakan Metode Ward Dan Single Linkage. None, 5(4), 801–810.

Lina, R., & Eni, L. T. 2011. Analisis Kelompok Dengan Menggunakan Metode Hierarki Untuk Pengelompokan Kabupaten/Kota Di Jawa Timur Berdasar Indikator Kesehatan.

Matdoan, M. Y., Balami, A. M., & Talakua, M. W. 2019. Pemodelan Regresi Nonparametrik Spline Truncated Pada Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Maluku. VARIANCE : Journal of Statistics and Its Applications, 1(1), 27–37.

https://doi.org/10.30598/variancevol1iss1page27-37.

Tambunan T.H Tulus. 2003. Perekonomian Indonesia. Ghalia Indonesia: Jakarta

Tangga, R., Jember, K., & Data, A. M. P. 2013. dalam Mengidentifikasi Tipe Kawasan Berdasarkan Karakteristik Timbulan Sampah Rumah Tangga di Perkotaan Kabupaten Jember. 2(1), 1–5.

Rita Herawaty Br Bangun. 2016. Analisis Klaster Non Heirarki Dalam Pengelompokan Kabupaten/Kota di Sumatera Utara Berdasarkan Faktor Produksi Padi. Jurnal Agribisnis Sumatera Utara, 4(1), 54–61.

Downloads

Published

2020-07-31

Issue

Section

Articles