KEMAMPUAN AWAL KALKULUS INTEGRAL MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA KELAS B UNIVERSITAS SANATA DHARMA

Authors

  • Febi Sanjaya Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.32493/sm.v2i2.5320

Keywords:

kemampuan awal, kalkulus integral, konteks

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal kalkulus integral mahasiswa pendidikan matematika kelas B Universitas Sanata Dharma tahun 2018. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan instrumen berupa soal essay untuk mengetahui kemampuan awal mahasiswa dan kuesioner untuk mengetahui kesulitan mahasiswa. Subyek dari penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma kelas B, yang sedang menempuh mata kuliah Kalkulus Integral. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan awal terkait materi integral mahasiswa, hanya materi integral polinomial yang dapat dikatakan baik karena > 50% mahasiswa benar dalam mengerjakan pre tes dan hampir tidak ada yang mengatakan kesulitan pada materi ini. Selain materi tersebut < 10% mahasiswa tidak benar dalam mengerjakan pre tes dan beberapa mengatakan kesulitan pada materi ini.

References

Blankenstain, et.al. 2013. Relevant Prior Knowledge Moderates the Effect of Elaboration During Small Group Discussion on Academic Achievement. Instr Sci 41: 729-744.

Caillies, S dan Denhiere, G. 2002. The Effect of Prior Knowledge on Understanding From Text: Evidence from Primed Recognition. European Journal of Cognitive Psychology. 14 (2): 267-286.

Hevriansyah, P., dan Megawanti, P. 2016. Pengaruh Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM 2(1): 37-44.

Kendeou, P dan Broek, P. 2007. The Effect of Prior Knowledge and Text Structure on Comprehension Processes During Reading of Scientific Texts. Memory & Cognition Psychonomic Society, Inc. 35 (7): 1567-1577

Lestari, W. 2017. Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1): 76-84. Mukhtar. 2003. Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Misaka Galiza.

Rejeki, S., dan Setyaningsih, S. 2016. Kontribusi Kemampuan Kalkulus Differensial dan Kalkulus Integral Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Persamaan Differensial. JIPMat, 1(1): 63-70.

Subagya. 2010. Paradigma Pedagogi Reflektif. Mendampingi Peserta Didik Menjadi Cerdas dan Berkarakter (terjemahan). Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Sugilar, H. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematik Siswa Madrasah Tsanawiyah Melalui Pembelajaran Generatif. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2 (2)

Suparno, P. 2015. Pembelajaran di Perguruan Tinggi Bergaya Paradigma Pedagogi Refleksi (PPR). Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Thompson, R. A. dan Zamboanga, B. L. 2004. Academic Aptitude and Prior Knowledge as Predictors of Student Achievement in Introduction to Psychology. Journal of Educational Psychology. 96(4): 778-784.

Tim Redaksi Kanisius. 2008. Paradigma Pedagogi Reflektif: Alternatif Solusi Menuju Idealisme Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Wahana, P. 2016. Mengenal Pendekatan Paradigma Pedagogi Reflektif dalam Pendidikan Untuk Membangun Manusia yang Cerdas Dan Humanis. Jurnal Didaktika. 5(1).

Downloads

Published

2020-07-31

Issue

Section

Articles