KEMAMPUAN AWAL KALKULUS INTEGRAL MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA KELAS B UNIVERSITAS SANATA DHARMA
DOI:
https://doi.org/10.32493/sm.v2i2.5320Keywords:
kemampuan awal, kalkulus integral, konteksAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal kalkulus integral mahasiswa pendidikan matematika kelas B Universitas Sanata Dharma tahun 2018. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan instrumen berupa soal essay untuk mengetahui kemampuan awal mahasiswa dan kuesioner untuk mengetahui kesulitan mahasiswa. Subyek dari penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma kelas B, yang sedang menempuh mata kuliah Kalkulus Integral. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan awal terkait materi integral mahasiswa, hanya materi integral polinomial yang dapat dikatakan baik karena > 50% mahasiswa benar dalam mengerjakan pre tes dan hampir tidak ada yang mengatakan kesulitan pada materi ini. Selain materi tersebut < 10% mahasiswa tidak benar dalam mengerjakan pre tes dan beberapa mengatakan kesulitan pada materi ini.References
Blankenstain, et.al. 2013. Relevant Prior Knowledge Moderates the Effect of Elaboration During Small Group Discussion on Academic Achievement. Instr Sci 41: 729-744.
Caillies, S dan Denhiere, G. 2002. The Effect of Prior Knowledge on Understanding From Text: Evidence from Primed Recognition. European Journal of Cognitive Psychology. 14 (2): 267-286.
Hevriansyah, P., dan Megawanti, P. 2016. Pengaruh Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM 2(1): 37-44.
Kendeou, P dan Broek, P. 2007. The Effect of Prior Knowledge and Text Structure on Comprehension Processes During Reading of Scientific Texts. Memory & Cognition Psychonomic Society, Inc. 35 (7): 1567-1577
Lestari, W. 2017. Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1): 76-84. Mukhtar. 2003. Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Misaka Galiza.
Rejeki, S., dan Setyaningsih, S. 2016. Kontribusi Kemampuan Kalkulus Differensial dan Kalkulus Integral Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Persamaan Differensial. JIPMat, 1(1): 63-70.
Subagya. 2010. Paradigma Pedagogi Reflektif. Mendampingi Peserta Didik Menjadi Cerdas dan Berkarakter (terjemahan). Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Sugilar, H. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematik Siswa Madrasah Tsanawiyah Melalui Pembelajaran Generatif. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2 (2)
Suparno, P. 2015. Pembelajaran di Perguruan Tinggi Bergaya Paradigma Pedagogi Refleksi (PPR). Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Thompson, R. A. dan Zamboanga, B. L. 2004. Academic Aptitude and Prior Knowledge as Predictors of Student Achievement in Introduction to Psychology. Journal of Educational Psychology. 96(4): 778-784.
Tim Redaksi Kanisius. 2008. Paradigma Pedagogi Reflektif: Alternatif Solusi Menuju Idealisme Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Wahana, P. 2016. Mengenal Pendekatan Paradigma Pedagogi Reflektif dalam Pendidikan Untuk Membangun Manusia yang Cerdas Dan Humanis. Jurnal Didaktika. 5(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
As an Author, you have the right to a variety of uses for your article, including institutions or companies. The author's rights might do without the need for special permission.
Authors who publish in the Jurnal Jurnal Statistika dan Matematika (Statmat) have broad rights to use their works for education and scientific purposes without permission, including:
Used to discuss in a class by the author or the author's body and presentations at meetings or conferences and participant approval;
Used for internal training by the author's company;
Distribution to colleagues for the use of their research;
Used in preparation for further author's works;
Included in a thesis or dissertation;
Partial or extra reuse of articles in other works (with full acknowledgment of the last item);
Prepare derivatives (other than for commercial purposes);
Post voluntarily on a website opened by the author or approve the author for scientific purposes (follow CC with a SA License).