PENGARUH METODE DEMONSTRASI DAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SD CENDERAWASIH 2 JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.32493/sm.v3i1.7788Keywords:
metode demonstrasi, metode drill, hasil belajar matematika siswaAbstract
Pandemi Covid-19 telah mengubah semua bidang salah satunya dibidang pendidikan. Guru dan siswa dituntut untuk belajar dari rumah melalui pembelajaran online, hal ini berpengaruh pada rasa percaya diri dalam belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya temuan penurunan hasil belajar matematika siswa dari hasil observasi awal penelitian. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran demonstrasi dan metode drill. SD Cenderawasih 2 Jakarta kelas IV semester genap tahun ajaran 2019-2020 sebagai tempat melakukan penelitian. Metode eksperimen digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV, kemudian dipilih sampel secara acak. Kelas eksperimen terdiri dari 30 sampel dan kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Intrumen penelitian telah dilakukan uji validitas dengan rumus Point Biserial Correlation didapat 30 soal yang valid dan uji reliabilitas, sementara uji reliabilitas menggunakan KR-20 diperoleh hitung tabel r = 0,894  0,361 = r . Kedua data dilakukan uji lanjutan yaitu normalitas maupun uji homogenitas. Hasil uji normalitas pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung =  161 = Ltabel 0,110 0, sementara kelas kontrol Lhitung =  161 = Ltabel 0,063 0, , sehingga kedua sampel dapat disimpulkan berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji homogenitas dihasilkan Fhitung =  861 = Fkritis 1,095 1, , sehingga kedua kelas tersebut dapat disimpulkan mempunyai varians homogen. Hasil pengujian hipotesis dengan uji–t didapat hitung kritis t = 2,389  2,002 = t taraf signifikansi ï¡ = 0,05 serta derajat kebebasan (dk) = 58. Maka tolak H0, sehingga hasil penelitian mengambil kesimpulan bahwa ada pengaruh terhadap hasil belajar matematika menggunakan metode demonstrasi dan metode drill.
References
Arifuddin, A., & Arrosyid, S. R. (2017). Pengaruh Metode Demonstrasi dengan Alat Peraga
Jembatan Garis Bilangan Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat.
Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 165.
https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1834
Arifuddin, A., Maufur, S., & Farida, F. (2018). Pengaruh Penerapan Alat Peraga Puzzle
dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada
Pembelajaran Matematika di SD/MI. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 10.
https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13721
Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Asni Bartik, Abdussamad, R. (2013). Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Matematika
dengan Penerapan Metode Demonstrasi di Kelas III SDN 11 Sungai Kunyit. Jurnal
Pendidikan Dan Pembelajaran, 84, 487–492.
http://ir.obihiro.ac.jp/dspace/handle/10322/3933
Egok, A. S. (2016). Kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar dengan hasil belajar
matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 186.
Gumay, O. P. U., & Bertiana, V. (2018). Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil
Belajar Fisika Kelas X MA Almuhajirin Tugumulyo. Science and Physics Education
Journal (SPEJ), 1(2), 96–102. https://doi.org/10.31539/spej.v1i2.272
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar
siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.
Purwanto, N. (2009). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya.
Sembiring, Rosali, M. (2013). Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil
Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6(2), 34–44.
https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996
Susanti, E. D. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Disertai
Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Dan Retensi Hasil Belajar Siswa Pada
Pembelajaran Fisika Sma (Studi Pada Kelas X Mia Sman Arjasa Jember). Jurnal
Pembelajaran Fisika, Vol 4 No 3. Desember 2015, Hal 255-260, 4(3), 255–260.
Syahputri, N. (2018). Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar
Kelas 1 Menggunakan Metode Demonstrasi. JSIK (Jurnal Sistem Informasi Kaputama),
(1), 89–95.
Wahyuni, N. (2013). Penggunaan metode drill dalam pembelajaran matematika. 02, 399–
Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V
Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016.
JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24.
Downloads
Published
Issue
Section
License
As an Author, you have the right to a variety of uses for your article, including institutions or companies. The author's rights might do without the need for special permission.
Authors who publish in the Jurnal Jurnal Statistika dan Matematika (Statmat) have broad rights to use their works for education and scientific purposes without permission, including:
Used to discuss in a class by the author or the author's body and presentations at meetings or conferences and participant approval;
Used for internal training by the author's company;
Distribution to colleagues for the use of their research;
Used in preparation for further author's works;
Included in a thesis or dissertation;
Partial or extra reuse of articles in other works (with full acknowledgment of the last item);
Prepare derivatives (other than for commercial purposes);
Post voluntarily on a website opened by the author or approve the author for scientific purposes (follow CC with a SA License).