PENGARUH METODE DEMONSTRASI DAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SD CENDERAWASIH 2 JAKARTA

Authors

  • Dewi Purnama Sari Universitas Pamulang
  • Nurullita Sari Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sm.v3i1.7788

Keywords:

metode demonstrasi, metode drill, hasil belajar matematika siswa

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mengubah semua bidang salah satunya dibidang pendidikan. Guru dan siswa dituntut untuk belajar dari rumah melalui pembelajaran online, hal ini berpengaruh pada rasa percaya diri dalam belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya temuan penurunan hasil belajar matematika siswa dari hasil observasi awal penelitian. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran demonstrasi dan metode drill. SD Cenderawasih 2 Jakarta kelas IV semester genap tahun ajaran 2019-2020 sebagai tempat melakukan penelitian. Metode eksperimen digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV, kemudian dipilih sampel secara acak. Kelas eksperimen terdiri dari 30 sampel dan kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Intrumen penelitian telah dilakukan uji validitas dengan rumus Point Biserial Correlation didapat 30 soal yang valid dan uji reliabilitas, sementara uji reliabilitas menggunakan KR-20 diperoleh hitung tabel r = 0,894  0,361 = r . Kedua data dilakukan uji lanjutan yaitu normalitas maupun uji homogenitas. Hasil uji normalitas pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung =  161 = Ltabel 0,110 0, sementara kelas kontrol Lhitung =  161 = Ltabel 0,063 0, , sehingga kedua sampel dapat disimpulkan berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji homogenitas dihasilkan Fhitung =  861 = Fkritis 1,095 1, , sehingga kedua kelas tersebut dapat disimpulkan mempunyai varians homogen. Hasil pengujian hipotesis dengan uji–t didapat hitung kritis t = 2,389  2,002 = t taraf signifikansi ï¡ = 0,05 serta derajat kebebasan (dk) = 58. Maka tolak H0, sehingga hasil penelitian mengambil kesimpulan bahwa ada pengaruh terhadap hasil belajar matematika menggunakan metode demonstrasi dan metode drill.

Author Biographies

Dewi Purnama Sari, Universitas Pamulang

Dosen matematika fmipa universitas pamulang

Nurullita Sari, Universitas Pamulang

Dosen matematika fmipa universitas pamulang

References

Arifuddin, A., & Arrosyid, S. R. (2017). Pengaruh Metode Demonstrasi dengan Alat Peraga

Jembatan Garis Bilangan Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat.

Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 165.

https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1834

Arifuddin, A., Maufur, S., & Farida, F. (2018). Pengaruh Penerapan Alat Peraga Puzzle

dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada

Pembelajaran Matematika di SD/MI. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 10.

https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13721

Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Asni Bartik, Abdussamad, R. (2013). Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Matematika

dengan Penerapan Metode Demonstrasi di Kelas III SDN 11 Sungai Kunyit. Jurnal

Pendidikan Dan Pembelajaran, 84, 487–492.

http://ir.obihiro.ac.jp/dspace/handle/10322/3933

Egok, A. S. (2016). Kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar dengan hasil belajar

matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 186.

Gumay, O. P. U., & Bertiana, V. (2018). Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil

Belajar Fisika Kelas X MA Almuhajirin Tugumulyo. Science and Physics Education

Journal (SPEJ), 1(2), 96–102. https://doi.org/10.31539/spej.v1i2.272

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar

siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.

Purwanto, N. (2009). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya.

Sembiring, Rosali, M. (2013). Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil

Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6(2), 34–44.

https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996

Susanti, E. D. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Disertai

Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Dan Retensi Hasil Belajar Siswa Pada

Pembelajaran Fisika Sma (Studi Pada Kelas X Mia Sman Arjasa Jember). Jurnal

Pembelajaran Fisika, Vol 4 No 3. Desember 2015, Hal 255-260, 4(3), 255–260.

Syahputri, N. (2018). Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar

Kelas 1 Menggunakan Metode Demonstrasi. JSIK (Jurnal Sistem Informasi Kaputama),

(1), 89–95.

Wahyuni, N. (2013). Penggunaan metode drill dalam pembelajaran matematika. 02, 399–

Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V

Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016.

JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24.

https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852

Downloads

Published

2021-01-20

Issue

Section

Articles