INVESTIGASI MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI ERA COVID-19

Authors

  • Yana Yana UHAMKA
  • Dewi Purnama Sari Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sm.v3i1.8184

Keywords:

minat belajar, motivasi belajar, pandemi covid-19.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat minat dan motivasi belajar matematika siswa di masa pandemi covid-19. Proses pembelajaran jarak jauh yang dialami siswa membuat siswa harus beradaptasi untuk tetap bisa belajar dengan maksimal. Sehingga dilakukan investigasi minat dan motivasi belajar matematika siswa di masa covid-19. Investigasi ini dilakukan di Mts Al-Khairiyah Mampang Prapatan Jakarta Selatan semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Metode yang dilakukan adalah penelitian kualitatf studi kasus dengan populasi seluruh siswa kelas VII, kemudian pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling didapat kelas VII-D dengan jumlah sampel 30. Teknik pengumpuan data yaitu dengan angket minat dan motivasi belajar siswa, wawancara serta dokumentasi proses pembelajaran dan hasil pekerjaan siswa. Hasil penelitian menunjukan sebagian besar siswa memiliki minat dan motivasi belajar matematika sebesar 54,57%. Dukungan guru dan orang tua selama belajar online sangat mempengaruhi tercapainya proses belajar dengan baik, sebagian siswa bertanya kepada orang tua saat mengalami kesulitan dalam belajar. Saat pembelajaran online tidak terlepas dari faktor-faktor penghambat diantaranya sarana handphone yang kurang mendukung, kurangnya kuota internet sehingga berdampak kepada minat dan motivasi.

Author Biographies

Yana Yana, UHAMKA

SPS, UHAMKA

Dewi Purnama Sari, Universitas Pamulang

Dosen matematika fmipa universitas pamulang

References

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa.

Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80.

https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Antika, R. (2015). Pembelajaran Matematika Kontekstual untuk Meningkatkan Literasi

Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMP Universitas Pendidikan Indonesia |

repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu.

Firdaus Daud. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Motivasi Belajar

Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan

Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 19(2), 243–255.

http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/3475/626

Hapsari, D. I., Airlanda, G. S., Profesi, P., Universitas, G., & Satya, K. (2018). Penerapan

Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Peserta

Didik Kelas V Implementation of Project Based Learnng To Improve Mathematics

Learning Motivation the. 5(2), 154–161.

Kamaluddin, M. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika

dan Strategi untuk Meningkatkannya. Seminar Matematika Dan Pendidikan

Matematika, 455–460.

Murdiyanto, T., & Mahatama, Y. (2014). Pengembangan Alat Peraga Matematika Untuk

Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.

Sarwahita, 11(1), 38. https://doi.org/10.21009/sarwahita.111.07

Nur, A., Prasetyo, A. D. I., Studi, P., Matematika, P., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., &

Surakarta, U. M. (2019). Hubungan Minat dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hhasil

Belajar Matematika Kelas VII di MTs N 2 Surakarta.

Rahmawati, E., Annajmi, & Hardianto. (2016). Analisis Kemampuan Matematis Siswa SMP

dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe PISA. Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Matematika, 2(2), 1–5.

Rahmawati, N. R., Rosida, F. E., & Kholidin, F. I. (2020). Analisis Pembelajaran Daring

Saat Pandemi Di Madrasah Ibtidaiyah. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2),

–148. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2487

Sari, I. N., Saputri, D. F., & Sasmita, S. (2017). Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar

Terhadap Prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Galing

Kabupaten Sambas. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 4(2), 108.

https://doi.org/10.25273/jems.v4i2.691

Schiefele, U. (1991). Interest, Learning, and Motivation. Educational Psychologist, 26(3-4),

–323. https://doi.org/10.1080/00461520.1991.9653136

Sembiring, Rosali, M. (2013). Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil

Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6(2), 34–44.

https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996

Singh, K., Granville, M., & Dika, S. (2002). Mathematics and science achievement: Effects

of motivation, interest, and academic engagement. Journal of Educational Research,

(6), 323–332. https://doi.org/10.1080/00220670209596607

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tambunan, H. (2018). The Dominant Factor of Teacher’s Role as A Motivator of Students’

Interest and Motivation in Mathematics Achievement. International Education Studies,

(4), 144. https://doi.org/10.5539/ies.v11n4p144

Van der Kleij, F. M., Feskens, R. C. W., & Eggen, T. J. H. M. (2015). Effects of Feedback

in a Computer-Based Learning Environment on Students’ Learning Outcomes: A MetaAnalysis. Review of Educational Research, 85(4), 475–511.

https://doi.org/10.3102/0034654314564881

Downloads

Published

2021-01-25

Issue

Section

Articles