INVESTIGASI MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI ERA COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.32493/sm.v3i1.8184Keywords:
minat belajar, motivasi belajar, pandemi covid-19.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat minat dan motivasi belajar matematika siswa di masa pandemi covid-19. Proses pembelajaran jarak jauh yang dialami siswa membuat siswa harus beradaptasi untuk tetap bisa belajar dengan maksimal. Sehingga dilakukan investigasi minat dan motivasi belajar matematika siswa di masa covid-19. Investigasi ini dilakukan di Mts Al-Khairiyah Mampang Prapatan Jakarta Selatan semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Metode yang dilakukan adalah penelitian kualitatf studi kasus dengan populasi seluruh siswa kelas VII, kemudian pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling didapat kelas VII-D dengan jumlah sampel 30. Teknik pengumpuan data yaitu dengan angket minat dan motivasi belajar siswa, wawancara serta dokumentasi proses pembelajaran dan hasil pekerjaan siswa. Hasil penelitian menunjukan sebagian besar siswa memiliki minat dan motivasi belajar matematika sebesar 54,57%. Dukungan guru dan orang tua selama belajar online sangat mempengaruhi tercapainya proses belajar dengan baik, sebagian siswa bertanya kepada orang tua saat mengalami kesulitan dalam belajar. Saat pembelajaran online tidak terlepas dari faktor-faktor penghambat diantaranya sarana handphone yang kurang mendukung, kurangnya kuota internet sehingga berdampak kepada minat dan motivasi.
References
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa.
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80.
https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Antika, R. (2015). Pembelajaran Matematika Kontekstual untuk Meningkatkan Literasi
Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMP Universitas Pendidikan Indonesia |
repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu.
Firdaus Daud. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Motivasi Belajar
Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan
Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 19(2), 243–255.
http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/3475/626
Hapsari, D. I., Airlanda, G. S., Profesi, P., Universitas, G., & Satya, K. (2018). Penerapan
Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Peserta
Didik Kelas V Implementation of Project Based Learnng To Improve Mathematics
Learning Motivation the. 5(2), 154–161.
Kamaluddin, M. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika
dan Strategi untuk Meningkatkannya. Seminar Matematika Dan Pendidikan
Matematika, 455–460.
Murdiyanto, T., & Mahatama, Y. (2014). Pengembangan Alat Peraga Matematika Untuk
Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.
Sarwahita, 11(1), 38. https://doi.org/10.21009/sarwahita.111.07
Nur, A., Prasetyo, A. D. I., Studi, P., Matematika, P., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., &
Surakarta, U. M. (2019). Hubungan Minat dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hhasil
Belajar Matematika Kelas VII di MTs N 2 Surakarta.
Rahmawati, E., Annajmi, & Hardianto. (2016). Analisis Kemampuan Matematis Siswa SMP
dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe PISA. Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Matematika, 2(2), 1–5.
Rahmawati, N. R., Rosida, F. E., & Kholidin, F. I. (2020). Analisis Pembelajaran Daring
Saat Pandemi Di Madrasah Ibtidaiyah. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2),
–148. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2487
Sari, I. N., Saputri, D. F., & Sasmita, S. (2017). Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar
Terhadap Prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Galing
Kabupaten Sambas. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 4(2), 108.
https://doi.org/10.25273/jems.v4i2.691
Schiefele, U. (1991). Interest, Learning, and Motivation. Educational Psychologist, 26(3-4),
–323. https://doi.org/10.1080/00461520.1991.9653136
Sembiring, Rosali, M. (2013). Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil
Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6(2), 34–44.
https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996
Singh, K., Granville, M., & Dika, S. (2002). Mathematics and science achievement: Effects
of motivation, interest, and academic engagement. Journal of Educational Research,
(6), 323–332. https://doi.org/10.1080/00220670209596607
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tambunan, H. (2018). The Dominant Factor of Teacher’s Role as A Motivator of Students’
Interest and Motivation in Mathematics Achievement. International Education Studies,
(4), 144. https://doi.org/10.5539/ies.v11n4p144
Van der Kleij, F. M., Feskens, R. C. W., & Eggen, T. J. H. M. (2015). Effects of Feedback
in a Computer-Based Learning Environment on Students’ Learning Outcomes: A MetaAnalysis. Review of Educational Research, 85(4), 475–511.
Downloads
Published
Issue
Section
License
As an Author, you have the right to a variety of uses for your article, including institutions or companies. The author's rights might do without the need for special permission.
Authors who publish in the Jurnal Jurnal Statistika dan Matematika (Statmat) have broad rights to use their works for education and scientific purposes without permission, including:
Used to discuss in a class by the author or the author's body and presentations at meetings or conferences and participant approval;
Used for internal training by the author's company;
Distribution to colleagues for the use of their research;
Used in preparation for further author's works;
Included in a thesis or dissertation;
Partial or extra reuse of articles in other works (with full acknowledgment of the last item);
Prepare derivatives (other than for commercial purposes);
Post voluntarily on a website opened by the author or approve the author for scientific purposes (follow CC with a SA License).