ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI VOLUME BENDA PUTAR METODE KULIT TABUNG MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.32493/sm.v3i1.8511Keywords:
kalkulus integral, media pembelajaran, pemahaman konsep,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep mahasiswa pendidikan matematika. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Objek dari penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma kelas C yang sedang menempuh mata kuliah Kalkulus Integral. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 80% mahasiswa terbantu dengan media pembelajaran, 52% mahasiswa berada pada kategori cukup paham dan 48% mahasiswa berada pada kategori paham. Selanjutnya hasil dari LKPD diperoleh 55% kelompok menguasai konsep keseluruhan, dan 45% kelompok masih belum sepenuhnya menguasai keseluruhan konsep. Beberapa penyebab terbantunya mahasiswa dalam memahami konsep dengan menggunakan media tersebut yaitu: (1) penyajian materi dalam media pembelajaran tersebut jelas dan runtut, (2) gambar yang memudahkan pemahaman, (3) belajar konsep dan latihan soal terlebih dahulu (4) penyajian materi dan metode yang sederhana, dan (5) media tersebut memudahkan pemahaman.
References
Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Kemp, J.E. dan Dayton, D.K. (1985). Planning and Producing Instructional. Media.Cambridge: Harper & Row Publishers, New York.
Levie, W. H., & Lentz, R. (1982). Effects of text illustrations: A review of research.Educational Communication & Technology Journal. 30(4): 195–232.
Monariska, E. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Materi Integral. JurnalAnalisa. 5(1): 9-19.
Mujiono. (1994). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud
Mustafidah, H. dan Aryanto, D. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Interaktif Kalkulus-II dalam Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Techno.11(2): 84 – 93.
Sadiman, dkk. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan,dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, F. (2020). Kemampuan Awal Kalkulus Integral Mahasiswa Pendidikan Matematika Kelas B Universitas Sanata Dharma.
Sriyatun, S. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Integral Tak Tentu Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Beranimasi. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang. 137-145.
Susilo, B. E., Darhim, dan Prabawanto, S. (2019). Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Materi Aplikasi Integral untuk Luas Daerah dalam Perspektif Disposisi Matematis. Jurnal Kreano. 10(1): 86-93
Downloads
Published
Issue
Section
License
As an Author, you have the right to a variety of uses for your article, including institutions or companies. The author's rights might do without the need for special permission.
Authors who publish in the Jurnal Jurnal Statistika dan Matematika (Statmat) have broad rights to use their works for education and scientific purposes without permission, including:
Used to discuss in a class by the author or the author's body and presentations at meetings or conferences and participant approval;
Used for internal training by the author's company;
Distribution to colleagues for the use of their research;
Used in preparation for further author's works;
Included in a thesis or dissertation;
Partial or extra reuse of articles in other works (with full acknowledgment of the last item);
Prepare derivatives (other than for commercial purposes);
Post voluntarily on a website opened by the author or approve the author for scientific purposes (follow CC with a SA License).