ANALISIS MULTIDIMENSIONAL SCALING UNTUK PEMETAAN APLIKASI PEMBELAJARAN DARING
DOI:
https://doi.org/10.32493/sm.v3i1.8606Keywords:
aplikasi e-learning, multidimensional scaling, peta spasial.Abstract
Sejak Covid 19 ditetapkan sebagai pandemi bulan Maret 2020 lalu, sebagian besar sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia mulai menerapkan pembelajaran daring. Setelah berjalan selama 2 semester, baik guru dan dosen telah memiliki pengalaman yang cukup dalam mengelola kelas secara daring. Dengan kata lain, setiap guru atau dosen pastilah telah memiliki pendapat mengenai kemiripan setiap pasangan aplikasi pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan posisi dari 7 aplikasi yang sering digunakan sebagai platform pembelajaran daring dalam suatu ruang multidimensi berdasarkan pendapat responden mengenai kemiripan ketujuh aplikasi tersebut. Ketujuh aplikasi tersebut adalah Whatsapp, Telegram, Google Classroom, Schoology, Teams, LMS Moodle, dan Edmodo. Hasil akhir dari penelitian ini adalah suatu peta spasial yang menggambarkan kemiripan tujuh aplikasi tersebut. Penelitian ini bersifat deskriptif eksploratif dengan menggunakan multidimensional scaling non atribut sebagai metode analisis data. Terdapat 30 responden yang bersedia berpartisipasi dengan memberikan pendapat mengenai seberapa mirip masingmasing platform. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam peta spasial yang terbentuk terdapat 3 kelompok yang muncul, yaitu kelompok 1 terdiri atas Telegram dan Whatsapp, kelompok 2 terdiri atas Moodle, Schoology, dan Edmodo, dan kelompok 3 berisikan Google Classroom dan Teams. Hasil MDS ini memiliki tingkat stress sebesar 4,98% dan nilai R2 sebesar 0.993 yang berarti hasil MDS dinilai sangat baik.
References
Amalia, A., & Fatonah, S. (2020). Penerapan Pembelajaran Daring Dragonlearn pada EraPandemic Covid-19 (Studi Kasus di MI Ma’had Islam Kopeng). ISEJ: Indonesian https://siducat.org/index.php/isej/article/view/81
Ariadhy, Shulby Yozar., Nurohman, Sabar., Arkum, Darol., Handini, Widya., F. (2020). Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh Di Era Pandemi. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR R, 13–18. https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info SingkatXII-12-II-P3DI-Juni-2020-201.pdf
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Batita, M. S. R., Wijoyo, S. H., Herlambang, A. D., & Maurish Sofie Rahmi Batita, Satrio Hadi Wijoyo, A. D. H. (2019). Analisis Perbandingan Blended Learning berbasis Edmodo dan Google Classroom ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal
Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(4), 3756–3764. http://jptiik.ub.ac.id
Busa, Y. (2020). Bimbingan Teknis Pembuatan Media Pembelajaran Digital secara daring oleh civitas akademika ditengah pandemi Covid-19. CARADDE: Jurnal Pengabdian
Kepada Masyarakat, 3(1), 158–165.
Herman, R. T. (2010). PENERAPAN MODEL MULTIDIMENSIONAL SCALING Robertus Tang Herman. Journal The WINNERS, 11(1), 81–93.
Janssens, W., De Pelsmacker, P., Wijnen, K., & Van Kenhove, P. (2008). Marketing Research With SPSS. Pearson Education Inc.
Kim, S. S., & Agrusa, J. (2005). The positioning of overseas honeymoon destinations. Annals of Tourism Research, 32(4), 887–904. https://doi.org/10.1016/j.annals.2004.12.004
Mulyana, M., Rainanto, B. H., Astrini, D., & Puspitasari, R. (2020). Persepsi Mahasiswa Atas Penggunaan Aplikasi Perkuliahan Daring Saat Wabah Covid-19. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 4(1), 47. https://doi.org/10.36339/jaspt.v4i1.301
Nafisah, S., & Setiawan, T. H. (2019). Penerapan Analisis Multidimensional Scaling Pada Pemetaan Karakteristik Kemiskinan Di Provinsi Banten. https://doi.org/10.32493/sm.v1i2.2946
Pradja, B. P., & Baist, A. (2019). Analisis kualitatif penggunaan Microsoft Teams dalam pembelajaran kolaboratif daring. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (4th Senatik), 415–420. http://103.98.176.39/index.php/senatik/article/view/88
Pura, M., Nainggolan, N., & Komalig, H. (2019). Analisis Multidimensional Scaling Untuk Jarak Antara Fakultas-fakultas serta Program Pasca Sarjana di Universitas Sam
Ratulangi Manado. d’CartesiaN Jurnal Matematika dan Aplikasi, 8(1), 65-68. Retnoningsih, E. (2017). Perbandingan Learning Management System Edmodo dan Moodle Dalam Pembelajaran Online. Information System for Educators and Professionals,
(2), 221–230. www.edmodo.com
Situmorang, A. S. (2020). Microsoft Teams for Education Sebagai Media Pembelajaran. Microsoft Teams for Education Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Meningkatkan Minat Belajar, 02(01), 30–35.
Tigowati, T., Efendi, A., & Budiyanto, C. W. (2017). E-Learning Berbasis Schoology Dan Edmodo: Ditinjau Dari Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Smk. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(1), 49–58.
https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i1.16416
Wen, C. H., & Yeh, W. Y. A. (2010). Positioning of international air passenger carriers using multidimensional scaling and correspondence analysis. Transportation Journal, 49(1), 7–23.
Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.458
Downloads
Published
Issue
Section
License
As an Author, you have the right to a variety of uses for your article, including institutions or companies. The author's rights might do without the need for special permission.
Authors who publish in the Jurnal Jurnal Statistika dan Matematika (Statmat) have broad rights to use their works for education and scientific purposes without permission, including:
Used to discuss in a class by the author or the author's body and presentations at meetings or conferences and participant approval;
Used for internal training by the author's company;
Distribution to colleagues for the use of their research;
Used in preparation for further author's works;
Included in a thesis or dissertation;
Partial or extra reuse of articles in other works (with full acknowledgment of the last item);
Prepare derivatives (other than for commercial purposes);
Post voluntarily on a website opened by the author or approve the author for scientific purposes (follow CC with a SA License).