ANALISIS MULTIDIMENSIONAL SCALING UNTUK PEMETAAN APLIKASI PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Nur Baiti Nasution Universitas Pekalongan
  • Padrul Jana Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32493/sm.v3i1.8606

Keywords:

aplikasi e-learning, multidimensional scaling, peta spasial.

Abstract

Sejak Covid 19 ditetapkan sebagai pandemi bulan Maret 2020 lalu, sebagian besar sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia mulai menerapkan pembelajaran daring. Setelah berjalan selama 2 semester, baik guru dan dosen telah memiliki pengalaman yang cukup dalam mengelola kelas secara daring. Dengan kata lain, setiap guru atau dosen pastilah telah memiliki pendapat mengenai kemiripan setiap pasangan aplikasi pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan posisi dari 7 aplikasi yang sering digunakan sebagai platform pembelajaran daring dalam suatu ruang multidimensi berdasarkan pendapat responden mengenai kemiripan ketujuh aplikasi tersebut. Ketujuh aplikasi tersebut adalah Whatsapp, Telegram, Google Classroom, Schoology, Teams, LMS Moodle, dan Edmodo. Hasil akhir dari penelitian ini adalah suatu peta spasial yang menggambarkan kemiripan tujuh aplikasi tersebut. Penelitian ini bersifat deskriptif eksploratif dengan menggunakan multidimensional scaling non atribut sebagai metode analisis data. Terdapat 30 responden yang bersedia berpartisipasi dengan memberikan pendapat mengenai seberapa mirip masingmasing platform. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam peta spasial yang terbentuk terdapat 3 kelompok yang muncul, yaitu kelompok 1 terdiri atas Telegram dan Whatsapp, kelompok 2 terdiri atas Moodle, Schoology, dan Edmodo, dan kelompok 3 berisikan Google Classroom dan Teams. Hasil MDS ini memiliki tingkat stress sebesar 4,98% dan nilai R2 sebesar 0.993 yang berarti hasil MDS dinilai sangat baik.

References

Amalia, A., & Fatonah, S. (2020). Penerapan Pembelajaran Daring Dragonlearn pada EraPandemic Covid-19 (Studi Kasus di MI Ma’had Islam Kopeng). ISEJ: Indonesian https://siducat.org/index.php/isej/article/view/81

Ariadhy, Shulby Yozar., Nurohman, Sabar., Arkum, Darol., Handini, Widya., F. (2020). Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh Di Era Pandemi. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR R, 13–18. https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info SingkatXII-12-II-P3DI-Juni-2020-201.pdf

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Batita, M. S. R., Wijoyo, S. H., Herlambang, A. D., & Maurish Sofie Rahmi Batita, Satrio Hadi Wijoyo, A. D. H. (2019). Analisis Perbandingan Blended Learning berbasis Edmodo dan Google Classroom ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal

Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(4), 3756–3764. http://jptiik.ub.ac.id

Busa, Y. (2020). Bimbingan Teknis Pembuatan Media Pembelajaran Digital secara daring oleh civitas akademika ditengah pandemi Covid-19. CARADDE: Jurnal Pengabdian

Kepada Masyarakat, 3(1), 158–165.

Herman, R. T. (2010). PENERAPAN MODEL MULTIDIMENSIONAL SCALING Robertus Tang Herman. Journal The WINNERS, 11(1), 81–93.

Janssens, W., De Pelsmacker, P., Wijnen, K., & Van Kenhove, P. (2008). Marketing Research With SPSS. Pearson Education Inc.

Kim, S. S., & Agrusa, J. (2005). The positioning of overseas honeymoon destinations. Annals of Tourism Research, 32(4), 887–904. https://doi.org/10.1016/j.annals.2004.12.004

Mulyana, M., Rainanto, B. H., Astrini, D., & Puspitasari, R. (2020). Persepsi Mahasiswa Atas Penggunaan Aplikasi Perkuliahan Daring Saat Wabah Covid-19. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 4(1), 47. https://doi.org/10.36339/jaspt.v4i1.301

Nafisah, S., & Setiawan, T. H. (2019). Penerapan Analisis Multidimensional Scaling Pada Pemetaan Karakteristik Kemiskinan Di Provinsi Banten. https://doi.org/10.32493/sm.v1i2.2946

Pradja, B. P., & Baist, A. (2019). Analisis kualitatif penggunaan Microsoft Teams dalam pembelajaran kolaboratif daring. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (4th Senatik), 415–420. http://103.98.176.39/index.php/senatik/article/view/88

Pura, M., Nainggolan, N., & Komalig, H. (2019). Analisis Multidimensional Scaling Untuk Jarak Antara Fakultas-fakultas serta Program Pasca Sarjana di Universitas Sam

Ratulangi Manado. d’CartesiaN Jurnal Matematika dan Aplikasi, 8(1), 65-68. Retnoningsih, E. (2017). Perbandingan Learning Management System Edmodo dan Moodle Dalam Pembelajaran Online. Information System for Educators and Professionals,

(2), 221–230. www.edmodo.com

Situmorang, A. S. (2020). Microsoft Teams for Education Sebagai Media Pembelajaran. Microsoft Teams for Education Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Meningkatkan Minat Belajar, 02(01), 30–35.

Tigowati, T., Efendi, A., & Budiyanto, C. W. (2017). E-Learning Berbasis Schoology Dan Edmodo: Ditinjau Dari Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Smk. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(1), 49–58.

https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i1.16416

Wen, C. H., & Yeh, W. Y. A. (2010). Positioning of international air passenger carriers using multidimensional scaling and correspondence analysis. Transportation Journal, 49(1), 7–23.

Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.458

Downloads

Published

2021-01-29

Issue

Section

Articles