FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN SMAN 6 KOTA TANGERANG SELATAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS FAKTOR

Authors

  • Aditama Aditama Universitas Pamulang
  • Usep Rahmat Universitas Pamulang
  • Choirul Basir Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sm.v3i1.9295

Keywords:

Analisis Faktor, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Principal Component Analysis

Abstract

Faktor-faktor yang bisa mempengaruhi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dapat terbentuk dari proses reduksi berbagai faktor. Dalam penelitian ini, peneliti akan meneliti kondisi yang ada pada Perpustakaan SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan yang ada di Komplek Pamulang Permai 1 Pamulang Tangerang Selatan Banten. Metode yang akan digunakan adalah metode Analisis Faktor dengan teknik Principal Component Analysis menggunakan software SPSS 22. Ada beberapa dimensi kualitas pelayanan yang dapat mempengaruhi perilaku pelanggan dengan melakukan pengukuran menggunakan instrument SERVQUAL terhadap persepsi pelanggan pada kualitas Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty (Parasuraman, 1988). Pengukuran tersebut selanjutnya akan memberikan penilaian seberapa memuaskan tingkat pelayanan tersebut sesuai harapan pelanggan. Populasi dalam penelitian adalah siswa yang melakukan peminjaman buku di Perpustakaan SMAN 6 Kota Tangerang Selatan dan untuk sampel penelitiannya berjumlah 100. Maka dengan menggunakan metode analisis faktor melalui aplikasi SPSS diketahui bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan Perpustakaan SMAN 6 Kota Tangerang Selatan adalah faktor sarana fisik, kehandalan, empati, dan jaminan dengan nilai korelasi masingmasing sebesar 0,725; 0,502; 0,618; 0,850. Sehingga faktor Assurance merupakan faktor yang paling mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan pada layanan perpustakaan

Author Biographies

Aditama Aditama, Universitas Pamulang

Dosen Matematika Universitas Pamulang

Usep Rahmat, Universitas Pamulang

Dosen Matematika Universitas Pamulang

Choirul Basir, Universitas Pamulang

Dosen Matematika Universitas Pamulang

References

Daftar Pustaka mengikuti format APA

Wei, William W. S. 1990. Time Series Analysis: Univariate and Multivariate Methods. Addison Wasley, USA.

Bungin, Burhan. 2013. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi, Edisi Pertama. Jakarta : Prenadamedia Group.

Fruchter,B.1954. Induction to Factor Analysis. D. Van Nostrand Company,Ltd. New York.

Gunawan, Imam.2016. Pengantar Statistika Inferensial. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Kotler, Philip. (2000). Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium, jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Nazir, Moh, 2016, Metode Penelitian, Bogor, GHALIA INDONESIA

Parasuraman, A.dkk.1988. Servqual : A Multiple – Item Scale for Measuring Consumer Perception of Service Quality. Journal of Retailing. Vol.64. pp 12-40.

Rangkuti, Freddy. 2003. Measuring Customer Satisfaction, cetakan kedua, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sangaji,Mamang, 2015, Metode Penelitian, Yogyakarta, ANDI.

Sudarno, etal. 2015. “Analisis Kualitas Pelayanan dan Pengendalian Kualitas Jasa Berdasarkan Persepsi Pengunjungâ€. Jurnal Media Statistik, Vol 4, No. 1, Mei 2015: 33-34.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sumanto, 2016, Teori dan Aplikasi Metode Penelitian, Yogyakarta, CAPS

Supranto, J. 2004. Analisis multivariat arti dan isi. Jakarta: Rineka Cipta.

Widarjono, Agus. 2015. Analisis Multivariat Terapan. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

Yeri Sutopo, 2017, Statistik Inferensial, Yogyakarta, ANDI

Downloads

Published

2021-01-31

Issue

Section

Articles