Strategi Perkembangan Pemasaran Produk Usaha Kecil Dan Menengah ( Kasus Perusahaan Dagang Amplang Kuku Macan Khas Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur )

Authors

  • Nurul Aini Universitas Pamulang
  • Veta Lidya Delimah Pasaribu Universitas Pamulang

Keywords:

strategi pengembangan, analisis SWOT, dan amplang kuku macan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendefinisikan “strategi pengembangan usaha khas Samarinda”. Fokus pertama kajian ini adalah bagaimana pelaku usaha memanfaatkan strategi pengembangan tersebut untuk mendongkrak penjualan. Dalam penelitian ini, penelitian deskriptifkualitatif dan analisis SWOT digunakan. Selain penelitian deskriptif kualitatif, teknik analisis SWOT(Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats) juga digunakan. Strategi perusahaandikembangkan dengan mengidentifikasi berbagai faktor secara metodis menggunakan teknik yangdisebut analisis SWOT. Sebagai metode pengumpulan data, peneliti melakukan wawancara denganpemilik Amplang Kuku Macan dan melakukan observasi langsung.

References

Septiani, F., & Metarini, R. R. A. (2021). Mompreneur penopang perekonomian keluarga di masa pandemi Covid-19 dengan bisnis online pada Kelurahan Pondok Benda. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 75-82.

Priadi, Andri, et al. "PENYULUHAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN MEMPERKUAT BUDAYA ORGANISASI MELALUI PENINGKATAN VALUE PADA LEMBAGA PENGEMBANGAN MASYARAKAT KELURAHAN PONDOK BENDA KOTA TANGERANG SELATAN." Jurnal Lokabmas Kreatif: Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif 1.3 (2020): 97-105. Malayu S. P. Hasibuan. Manajemen Sumber Daya Manusia. 2007. Bumi Aksara, Jakarta.

Pasaribu, V. L. D., Elburdah, R. P., Sudarso, E., & Fauziah, G. (2020). Penggunaan Manajemen Waktu Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Di Smp Araisiyah. Jurnal ABDIMAS Tri Dharma Manajemen, 1(1), 84.

Pasaribu, V. L. D., Syafei, A. N., Farhan, A., Aufaizah, A., Irani, C., & Firtiayani, S. R. (2021). Pengaruh Displin Protokol Kesehatan Terhadap Pencegahan Penularan Virus Covid-19. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(2), 91-98.

Pasaribu, V. L. D., Susanti, F., & Hartuti, E. T. K. (2019). Memotivasi Siswa dan Siswi SMK Letris Indonesia di Dalam Menentukan Pilihan Untuk Melanjutkan Pendidikan Atau Bekerja Setelah Lulus Sekolah. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 161-172.

Pasaribu, V. L. D., & Agrasadya, N. S. Krisnaldy.(2020). Meningkatkan Produktivitas Usaha Dimasa Pandemi Pada Ibu PKK RT 004/003 Kelurahan Sawah Baru Ciputat, Tanggerang Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 177-180.

Pasaribu, V. L. D., Dwiyatni, A., Sabina, C., Ridwan, M., Gunawan, D. D., & Noviani, B. C. (2021). Evaluasi Penerapan 3M Dimasa Pandemic Covid 19. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(2), 54-60.

Pasaribu, V. L. D., Agrasadya, A., Shabrina, N., & Krisnaldy, K. (2020). Menjadi Enterpreneur Muda Yang Memiliki Jiwa Leadership Untuk Menghadapi Masa Depan. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-9.

Additional Files

Published

2025-02-20

How to Cite

Nurul Aini, & Veta Lidya Delimah Pasaribu. (2025). Strategi Perkembangan Pemasaran Produk Usaha Kecil Dan Menengah ( Kasus Perusahaan Dagang Amplang Kuku Macan Khas Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur ). JURNAL SeMaRaK, 8(1), 74–96. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/smk/article/view/47926