“ANALISA PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEBIJAKAN DEVIDEN PADA CONSUMER SERVICE INDUSTRY, HOTELS, RESTAURANT AND LIESURE SECTOR DI BURSA EFEK SINGAPURAâ€
DOI:
https://doi.org/10.32493/smk.v3i3.7100Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana pengaruh “Likuiditas, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan†dan implikasinya terhadap Kebijakan Deviden pada Consumer Service Industry, Hotels, Restaurant and Liesure Sector di Bursa Efek Singapura (SGX). Data penelitian ini terdiri dari neraca, laporan laba/rugi dan laporan nilai deviden selama 4 (empat) tahun, terhitung mulai dari periode tahun 2013 sampai dengan tahun 2016. Variabel bebas dari penelitian ini adalah Likuiditas, Profitabilitas dan Leverage, sedangkan variabel terikatnya adalah “Nilai Perusahaan dan variabel moderatenya adalah Kebijakan Deviden.†Metode yang diaplikasikan dalam penelitian ini yaitu penelitian dengan analisa data kauntitatif dan secara deskriptif. Metode akumulasi data dilakukan dengan menggunakan populasi dan sample. Hasil perhitungan menyatakan bahwa Likuiditas memiliki pengaruh terhadap Nilai Perusahaan, dimana secara parsial uji hipotesis CR terhadap PER memiliki pengaruh positif dan signifikan yaitu (2.200547>2.02809) dan nilai probabilitas CR lebih rendah dari konstanta (0.0339<0.05). Profitabilitas memiliki pengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Dimana secara parsial, uji hipotesis NPM terhadap PER yang dijadikan alat ukur memiliki pengaruh negative yang signifikan dengan t-hitung lebih kecil dari t-tabel (-10.04784 < 2,02809) dan nilai probabilitas NPM lebih kecil dari konstanta (0,0000 < 0.05). Leverage tidak memiliki pengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Dimana secara parsial, uji hipotesis DAR terhadap PER yang dijadikan sebagai alat ukur tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan dengan t-hitung lebih kecil dari t-tabel (-1.879704 < 2,02809) dan nilai probabilitas DAR lebih besar dari konstanta (0.0678 > 0.05). Likuiditas, Profitabilitas dan Leverage memiliki pengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Dimana secara simultan, uji hipotesis CR, NPM dan DAR terhadap PER yang dijadikan sebagai alat ukur memiliki pengaruh dan signifikan dengan F tabel < F hitung (38.36989 > 2,87) dan probabilitas (prob) sebesar 0.000000 terlihat lebih rendah dari nilai signifikan 0,05, dengan persentase keterkaitan antara variable dependen terhadap variabel independen sebesar 74.20%, dan 25.80% dipengaruhi faktor lain. Nilai Perusahaan memiliki pengaruh terhadap Kebijakan Deviden. Dimana secara parsial, uji hipotesis PER terhadap DPR yang dijadikan sebagai alat ukur memiliki pengaruh dan signifikan dengan F hitung > F tabel (6.374424 > 4,10) dimana angka probabilitas (prob) yaitu 0,0001 lebih rendah nilanya dari 0,05.
Kata Kunci :Likuiditas, Current Ratio, Profitabilitas, Net Profit Margin, Leverage, Debt To Asset Ratio, Nilai Perusahaan, Rasio Harga Terhadap Pendapatan, Kebijakan Deviden, Dividend Payout Ratio.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.